1. Candi
  2. Kerajaan
  3. Peninggalan Sejarah

Candi Prambanan dan Pesona Keindahan Candi Hindu Terbesar

Candi Prambanan merupakan candi yang terletak di Yogyakarta persisnya berada di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini memiliki sejarah dan juga legenda yang menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke tempat ini. Selain memiliki legenda, Anak Nusantara juga mendapatkan pemandangan yang indah dan nyaman.

Candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini sudah menjadi situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1991. Pada saat ini Candi Prambanan menjadi salah satu objek wisata bersejarah yang paling banyak dikunjungi dari seluruh penjuru dunia. Selain Candi Prambanan, saat berkunjung  ke Jogja, kunjungi juga Candi Borobudur yang merupakan Candi bercorak Buddha terbesar di Dunia.

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan yang berada di Jawa Tengah, belum diketahui hingga sekarang kapan candi tersebut dibangun. Namun ditemukannya prasasti Siwagrha yang ditemukan di sekitar prambanan yang menjadi dugaan kuat kapan pembangunan candi tersebut dibangun. Kuat dugaan Candi Prambanan dibangun pada masa sekitar pertengahan abad – 9. Penemuan candi Siwa merupakan penemuan reruntuhan terbesar yang ditemukan pada tahun 1733. Awal upaya penggaliannya diawasi oleh Groneman dan penggaliannya diselesaikan pada tahun 1885 dengan mengelompokkan batu – batu reruntuhan dan pembersihan semak.

Upaya tersebut dilanjutkan pada tahun 1902 oleh van Erp. Pengelompokan batu – batu dikumpulkan dan diidentifikasi secara rinci. Kemudian pada tahun 1918 perbaikan kembali dilanjutkan, melalui upaya ini reruntuhan candi dapat dibangung kembali. P. J. Perquin yang memimpin upaya ini dan berada di bawah pengawasan Dinas Purbakala

Artikel Terkait

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on Mei 8, 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Kemudian pada tahun 1926 dibentuklah sebuah panitia dibawah pimpinan De Hann untuk menyempurnakan candi Siwa dan akan dimulai juga pembangunan Candi Apit. Pada tahun 1931 De Hann meninggal, kemudian digantikan dengan V.R Romondt yang akan melanjutkan perbaikan atau pembaharuan candi. Pada tahun 1932 Candi Apit sudah diselesaikan. ketika pemerintahan indonesia diambil alih oleh Jepang, kegiatan membangun kembali candi terpaksa berhenti. Seiring berjalannya waktu setelah proses panjang peperangan, sampai pada tahun 1953 pembangunan kembali candi siwa dan dua candi apit bisa terselesaikan. Hingga saat ini Candi Prambanan tetap melakukan pemulihan atau perbaikan candi yang dilakukan secara bertahap.

Sebelum semua itu, terdapat legenda atau asal usul bagaimana bisa terjadinya Candi Prambanan. Dahulu kala terdapat dua kerajaan yang saling berdekatan, yaitu Kerajaan Pengging dan Kerajaan Prambanan. Kerajaan Prambanan dipimpin oleh Prabu Baka yang memiliki tubuh yang sangat kekar dan memiliki kesaktian yang luar biasa. Di balik semua itu Prabu Baka memiliki seorang gadis cantik yang bernama Roro Jonggrang.

Rakyat Kerajaan pengging selalu mendapat gangguan dari Kerajaan Prambanan. Kemudian Raja Pengging mengutus anaknya yang bernama Raden Bandung bersama pasukan pengging untuk menyerang kerajaan Prambanan. Terjadilah peperangan yang sengit sampai Raden Bandung berhasil membunuh Prabu Baka. ketika hendak memasuki istana, Raden Bandung tidak sengaja bertemu dengan Roro Jonggrang. Raden Bandung langsung jatuh cinta saat pandangan pertama dan langsung ingin meminang Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang tidak menyukai Raden Badung karena tahu Raden Badung lah yang membunuh ayahnya. Karena tidak mau menolak secara terang – terangan, Roro Jonggrang memberi syarat jika ingin meminangnya Raden Bandung harus membuatkan 1000 candi dalam waktu semalam.

Setelah matahari terbenam, Raden Bandung langsung bergegas ke tanah yang luas, letaknya pun tak jauh dari Prambanan. Raden Bandung langsung memanggil jin untuk membantunya dalam membuat candi. Ada kecurigaan dari Roro Jonggrang karena Raden Bandung membuat candi dengan sangat cepat Mengetahui hal itu Roro Jonggrang langsung bergegas ke desa dan membangunkan para gadis yang ada di desa itu dan mereka memukulkan alu atau penumbuk padi ke lesung. Mendengar suara penumbuk padi, ayam jantan langsung terbangun dan berkokok seolah olah fajar akan tiba. Mendengar hal itu semua jin pun langsung menghentikan pekerjaannya padahal baru 999 candi yang sudah dibuat. 

Raden Bandung pun menyesal karena gagal membuat candi dan akan menyampaikan kepada Roro Jonggrang jika dia gagal membuat candi. Raden Bandung sudah menunggu lama tetapi fajar belum terbit juga. Mengetahui Roro Jonggrang berbuat curang, Raden Bandung pun marah dan langsung mengutuk Roro Jonggrang menjadi Arca yang sekarang terdapat di Candi Roro Jonggrang yang berada di kompleks candi Prambanan. 

Wisata Candi Prambanan

Di Candi Prambanan bisa belajar banyak sejarah dari cerita yang terdapat di relief. Untuk membaca relief tersebut kamu harus masuk dari pintu yang berada di sebelah timur, dilanjutkan dengan mengelilingi candi dengan searah jarum jam. Relief berada di bagian pagar yang menceritakan tentang Ramayana dan Krishnayana. Jika kamu kesulitan membaca relief, kamu bisa menggunakan jasa pemandu di sekitar. Anak Nusantara juga bisa ke museum yang berada di utara kompleks candi jika ingin mengetahui informasi seputar lengkap seputar bangunan bersejarah ini.

Selain itu Anak Nusantara juga bisa berfoto dengan keluarga, teman maupun sendiri. Dengan pemandangan Candi Prambanan yang indah dan taman yang tertata rapi. Anak Nusantara juga bisa berkeliling candi sambil menikmati pemandangan yang indah. Selain itu di kompleks candi ini juga terdapat beberapa souvenir yang bisa Anak Nusantara beli mulai dari kaos, gantungan kunci, kalung, gelang dan miniatur candi.

Lokasi Candi Prambanan

Lokasi Candi Prambanan ini terletak 100 meter dari jalan raya Yogya – Solo. Detailnya di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi, Anak Nusantara bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. 

Jika menggunakan pribadi kamu bisa melalui Malioboro kemudian ke Jl. Solo sampai ke perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dari sini kamu hanya perlu lurus sejauh 500 meter hingga sampai di pertigaan lampu merah pertama, disana akan nampak kompleks Candi Roro Jonggrang yang berada di sebelah kiri. 

Jika menggunakan kendaraan umum dari semarang bisa menggunakan bus AKAP semarang – jogja lalu turun di Jombor. Dari jombor kemudian naik bus trans jogja koridor 1 A. kamu bisa turun di depan kompleks Candi Prambanan.

Tiket Masuk Candi Prambanan

Untuk bisa masuk ke bangunan bersejarah yang satu ini, Anak Nusantara perlu merogoh kocek dengan harga tiket masuk Candi Prambanan sebagai berikut.

Jam BukaSetiap hari 06.00 – 17.00 WIB
Wisatawan Lokal DewasaRp. 40,000
Wisatawan Lokal Anak – Anak Rp. 20,000
Wisatawan Mancanegara$ 25 USD
Parkir MobilRp. 10,000
Parkir MotorRp. 3,000

Baca Juga : Candi Mendut: Peninggalan Sejarah Bercorak Budha

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Candi Prambanan dan Pesona Keindahan Candi Hindu Terbesar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]