Sultan Ageng Tirtayasa: Perjuangan Melawan VOC & Perannya

Sultan Ageng Tirtayasa (sumber: Kompas)
Sultan Ageng Tirtayasa (sumber: Kompas)
Daftar isi

Halo anak Nusantara! Apakah kalian tahu bahwa sebelumnya tentang Kesultanan Banten? Kesultanan Banten adalah salah satu kerajaan Islam yang pernah berdiri di Provinsi Banten. Kesultanan Banten sendiri mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa.

Di samping itu, sosok beliau juga terkenal dengan perjuangan melawan penjajah Belanda, bahkan diangkat menjadi salah satu pahlawan nasional Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan Munus berikut ini.

Asal Usul 

Sultan Ageng Tirtayasa berasal dari Banten, lahir pada tahun 1631 dengan nama kecil Abdul Fatah. Ia adalah putra dari Sultan Abdul Ma’ali Ahmad, sultan Banten ke-5, dan Ratu Martakusuma. Sejak kecil, beliau memiliki gelar Pangeran Surya, tapi setelah kematian Sultan Abdul Ma’ali Ahmad, ayahnya, pada tahun 1650, Ia diangkat menjadi sultan muda dengan gelar Pangeran Adipati.

Tidak lama, kakeknya yang bernama Sultan Abul Mafakhir Mahmud Abdulkadir atau dikenal sebagai Sultan Agung meninggal pada tahun 1651, dan Ia diangkat menjadi Sultan Banten ke-6 pada umur 20 tahun dengan gelar Sultan Abdul Fattah Al-Mafaqih. Nama Tirtayasa diambil setelah Ia membangun keraton baru di dusun Tirtayasa, Kabupaten Serang.

Peran Sultan Ageng Tirtayasa Bagi Kejayaan Kesultanan Banten

Kesultanan Banten (sumber: Merdeka)
Kesultanan Banten (sumber: Merdeka)

Peran Sultan Ageng Tirtayasa bagi kesultanan Banten dapat dibilang sangat besar karena kesultanan Banten mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahannya. Pada masa pemerintahannya, beliau berusaha untuk memajukan sektor ekonomi masyarakat Banten.

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Peningkatan kesejahteraan dimulai dengan membuat serta meningkatkan persawahan baru dan saluran irigasi yang sekaligus menjadi sarana transportasi. 

Untuk sektor perdagangan, Ia menjalin hubungan erat dengan pedagang Asia dan Eropa untuk menyaingi VOC di Batavia. 

Dalam bidang agama, Sultan ke-8 kesultanan Banten ini mengangkat Syekh Yusuf sebagai mufti kerajaan. Syekh Yusuf bertugas untuk menyelesaikan urusan keagamaan dan sebagai penasehat sultan dalam pemerintahan. Beliau juga menjalankan pendidikan agama, baik di lingkungan kesultanan maupun di masyarakat umum melalui pondok pesantren.

Secara garis besar, Peran Sultan Ageng Tirtayasa yaitu membuat saluran irigasi, menjalin hubungan dagang dengan pedagang Asing, dan menjalankan pendidikan Islam di kesultanan Banten.  space

Perjuangan & Politik Adu Domba VOC

Selain perannya yang besar di kesultanan Banten, perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa tidak kalah besarnya, terutama perjuangan untuk  melawan para penjajah. Perlawanan Sultan Ageng Tirtayasa dimulai ketika perjanjian monopoli VOC membuat kerugian terhadap kesultanan Banten. 

Pasukan Belanda (sumber: Liputan6)
Pasukan Belanda (sumber: Liputan6)

Perlawanan berlangsung sengit. Pihak Belanda melakukan blokade terhadap beberapa pelabuhan di Banten karena serangan gerilya yang kerap dilancarkan oleh kesultanan Banten. Hal ini tidak membuatnya gentar. 

Beliau sempat didesak untuk menandatangani perjanjian damai oleh VOC. Tapi, Ia berani untuk menolak mempersetujui perjanjian tersebut. Perlawanan Sultan Ageng Tirtayasa mulai menyasar pabrik pabrik serta perkebunan milik VOC pada tahun 1656. Para pasukan kesultanan Banten melakukan perlawanan dengan cara sabotase, serta membakar kampung kampung yang menjadi markas pertahanan Belanda. Hal ini membuat Banten memperoleh kapal kapal milik VOC serta pos-pos penting.  

1. Penyerahan Urusan dalam Negeri Kepada Sultan Haji

Semangat perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa tidak disetujui oleh Sultan Haji, anaknya. Hal ini dikarenakan ketika ada sengketa antara Sultan Haji dengan Pangeran Purbaya, Belanda ikut campur dengan menjadi sekutu Sultan Haji. Belanda melakukan strategi ini karena mereka merasa Sultan Haji mudah dipengaruhi.

Dasar konflik ini adalah Sultan Haji merasa pembagian tugas yang dilakukan ayahnya adalah upaya untuk menyingkirkannya dari takhta kesultanan sehingga Pangeran Purbaya yang akan mendapatkan tahta kesultanan.

Oleh karena itu, Sultan Haji bersekongkol dengan Belanda supaya tahta kesultanan tidak diambil oleh Pangeran Purbaya. Belanda tentu senang akan hal ini karena dengan begini semangat perlawanan Sultan Ageng Tirtayasa dapat dipadamkan dan Belanda dapat memonopoli perdagangan di Banten kembali. 

Sultan Haji melakukan beberapa kesepakatan dengan Belanda, karena tentu pihak Belanda ikut campur dengan imbalan. Pihak Belanda mengajukan empat syarat sebagai berikut :

  • Tanah Cirebon harus diserahkan pada kekuasaan VOC
  • Hanya VOC yang diizinkan untuk melakukan perdagangan lada di Banten sedangkan pedagang dari negara lain tidak diperbolehkan berjualan
  • JIka melanggar perjanjian tersebut pihak Banten harus membayar 600.000 ringgit
  • Pasukan Banten yang berada di pedalaman daerah Priangan dan daerah garis pantai harus ditarik mundur

Sultan Haji menyanggupi perjanjian tersebut meskipun terkesan sangat merugikan bagi pihak kesultanan Banten.

2. Pertempuran Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji

Sultan Haji dengan bantuan Belanda dapat menguasai Keraton Surosowan tahun 1681. Keadaan ini tidak berlangsung lama karena Surosowan dapat dikuasai kembali oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Pertarungan antara ayah dan anak ini berlangsung sengit. Banyak korban berjatuhan dalam perseteruan ayah dan anak ini 

3. Penangkapan Sultan Ageng Tirtayasa

Sultan Ageng Tirtayasa selalu dibujuk untuk menghentikan perlawanan, sampai pada titik dimana sang Sultan kewalahan dan tidak berdaya. Oleh karena keadaan ini, Ia memilih untuk mengasingkan diri ke pedalaman. Sultan Haji mengundang sang ayah untuk datang ke kesultanan, tapi sebenarnya, cara ini adalah salah satu cara untuk menangkapnya. Tahun 1683, Sultan Ageng Tirtayasa ditangkap dan dipaksa menyerahkan tahta kepada Sultan Haji.

Akhir Hayat 

Patung Sultan Ageng Tirtayasa (sumber: detik News)
Patung Sultan Ageng Tirtayasa (sumber: detik News)

Sesudah beliau tertangkap, Ia dibawa ke penjara di Batavia sampai akhir hayatnya. Sultan Ageng Tirtayasa dimakamkan di kompleks pemakaman raja raja Banten yang terletak di sebelah utara Masjid Agung Banten. Pada tanggal 1 Agustus 1970, atas surat keputusan Presiden Republik Indonesia No. 045/TK/Tahun 1970, Ia diangkat menjadi seorang pahlawan nasional Indonesia oleh karena perjuangan nya di tanah Pasundan.

Baca juga: Raden Wijaya Majapahit: Fakta Sejarah, Asal Usul, Kisahnya

Sultan Ageng Tirtayasa adalah sultan yang berani memberikan perlawanan sengit pada VOC. Ia membuktikan betapa kuatnya tekad dan semangat untuk melawan kezaliman. Kita dapat berkaca dari keberanian dan semangat membara dari beliau sebagai seorang pemimpin.

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *