1. Informasi

Profil Musso, Motor Pemberontakan PKI Madiun 1948 & Akhir Hayatnya

Sebelum menginisiasi Gerakan 30 September 1965, PKI sudah pernah mencoba mendirikan Republik Soviet Indonesia di Madiun tahun 1948. Dalam pemberontakan tersebut, Munawar Musso dinobatkan sebagai Presiden Indonesia versi PKI.

Musso sebenarnya belum lama pulang dari Moskow saat Pemberontakan PKI Madiun 1948 terjadi. Tapi mengapa dalam sebulan saja, ia bisa memulai pemberontakan terhadap pemerintahan Soekarno – Hatta?

Sekilas Tentang Musso Munawar

Masyarakat mengenal Muso Munawar dengan berbagai nama. Ada yang menyebutnya Muso (dengan 1 “s” di tengah), Musso, Munawar Musso, atau Paul Mussotte.

Munawar Musso adalah pemuda asal desa kecil bernama Pagu, di Kediri Jawa Timur. Ada dua versi tentang latar belakang keluarga Musso. Versi Pinter Politik menyebut Musso adalah putra pegawai bank bernama Mas Martoredjo. Sedangkan Merdeka menyebut Musso adalah seorang anak kyai, tepatnya KH Hasan Muhyi.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Maret 12, 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Sejak kecil, Musso dikenal sebagai remaja cerdas. Pada usia 16 tahun, ia pernah beranjak ke Batavia untuk mengenyam pendidikan. Tapi beberapa tahun kemudian, ia kembali ke Surabaya dan masuk ke Hogereburgerschool (HBS).

Seperti sudah ditakdirkan, selama di HBS Musso tinggal di satu indekos dengan Soekarno dan RM Kartosuwiryo (pendiri DI/TII) muda. Pemilik indekos tersebut adalah HOS Tjokroaminoto.

Musso akhirnya bergabung dengan Sarekat Islam (SI) yang didirikan oleh HOS Tjokroaminoto. Di waktu yang berdekatan, Musso juga berkenalan dengan tokoh marxisme Henk Sneevliet dan menjadi salah satu anak didiknya.

Saat SI terpecah menjadi SI Putih dan SI Merah (berhaluan komunisme) di tahun 1921, Musso mengikuti jejak seniornya, Semaun dan Darsono, keluar dari SI. Saat Semaun dan Darsono mendirikan Partai Komunis Hindia (PKH), Musso juga ikut aktif di dalamnya.

Sepak Terjang Musso di Dunia Politik dan Kiprahnya dalam PKI

Munawar Musso termasuk dalam generasi PKI pasca Semaun dan Darsono. Pada tahun 1926, Musso dan kawan-kawannya mengumumkan pemberontakan ke pemerintah kolonial Belanda dengan mendirikan negara republik. Ribuan kader PKI terbunuh akibat pemberontakan ini.

Pada tahun 1927, PKI akhirnya ditetapkan sebagai organisasi terlarang. Setelah kejadian tersebut, Musso dan beberapa petinggi PKI lainnya melarikan diri ke Rusia. Di tahun 1928, ia resmi bergabung jadi bagian Comintern dan meminta dukungan Soviet untuk mengusir Belanda dari Indonesia.

Merasa sudah cukup ilmu, tahun 1935 Munawar Musso kembali ke Indonesia untuk melanjutkan propaganda PKI. Namun pemerintah kolonial mengetahui rencana tersebut, sehingga Musso terpaksa pulang kembali ke Moscow.

Entah bagaimana, saat pemerintahan Belanda berhasil diusir Jepang, Musso tidak kembali ke Indonesia. Bahkan saat terjadi vacuum of power setelah Hiroshima dan Nagasaki dibom atom, Musso juga tidak kembali.

Baru tiga tahun setelahnya, Musso tiba-tiba datang dan tidak menyetujui konsep kemerdekaan yang sudah dicapai Indonesia. Hanya dalam 1 bulan setelah mendarat di Jawa, Musso mulai menggalang gerakan PKI di berbagai tempat.

Puncaknya, basis loyalis PKI di Jawa melakukan pemberontakan atas pemerintah Soekarno – Hatta. Di Madiun tanggal 18 September 1948, mereka mengangkat Musso sebagai Presiden, dengan Amir Sjarifuddin sebagai Perdana Menteri.

Eksekusi Musso Berakhir Tidak Semestinya

Pemberontakan PKI Madiun 1948 adalah salah satu peristiwa internal bangsa paling berdarah. Hingga saat ini, jumlah korban resminya masih belum bisa divalidasi.

Akan tetapi, berdasarkan penuturan saksi (dari wawancara antropolog Robert Jay), pembantaian PKI Madiun sanggup membuat sawah tergenangi darah dengan tinggi 3 cm.

Begitu PKI menyatakan pendirian Republik Soviet Indonesia, pemerintahan Soekarno – Hatta mengirim Pasukan Siliwangi untuk menumpas PKI Madiun. Pada tanggal 30 September, pasukan yang dipimpin AH Nasution berhasil meredam kerusuhan dan menangkap 36 ribu pemberontak.

Musso dan Amir Sjarifuddin melarikan diri ke tempat yang berbeda. Akhirnya pada tanggal 31 Oktober, militer berhasil melacak jejak Musso di daerah Ponorogo, Jawa Timur. Setelah baku tembak dengan tentara, Musso akhirnya tertembak dan meninggal dunia di usia 51 tahun.

Demikianlah biografi Munawar Musso PKI, salah satu tokoh revolusioner besar di awal masa perjuangan Indonesia. Ia adalah salah satu public figure sejarah paling berani. Akan tetapi, ketidakmampuannya menahan hasrat power membuatnya harus berakhir dengan begini mengenaskan.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Profil Musso, Motor Pemberontakan PKI Madiun 1948 & Akhir Hayatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]