1. Budaya
  2. Tari Daerah

Tari Melinting Lampung: Sejarah, Properti, & Ragam Geraknya

Halo, kamu pecinta sejarah! Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan yang unik dan beragam, salah satu kebudayaan yang unik tersebut adalah tari Melinting. Tarian ini telah populer sejak agama Islam masuk ke Indonesia. Namun sayangnya, tarian ini belum cukup luas dikenal masyarakat Indonesia. Penasaran dengan sejarah tari Melinting? Yuk, kita gali lebih jauh tentang tari tradisional satu ini!

Sejarah Tari Melinting Lampung & Maknanya

Tari melinting berasal dari Lampung, dan diperkirakan berkembang sejak agama Islam mendapatkan banyak pengikut di Indonesia. Namun, dalam perkembangannya tarian ini tidak cukup banyak dikenal bahkan dari masyarakat Lampung sendiri.

Tari Melinting Lampung merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah Lampung. Tarian ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Melinting yang diciptakan oleh Ratu Melinting II pada abad 16. 

Tarian ini memiliki makna untuk menunjukkan bagaimana masyarakat bersyukur atas kebahagian yang telah mereka dapatkan. Selain itu, tarian ini juga menggambarkan bagaimana keperkasaan dan keagungan Ratu Meliting dalam memimpin kerajaan pada masa itu.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on April 4, 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

Sebelum mengalami perubahan penyempurnaan tahun 1958, tari Melinting Lampung multak dimiliki oleh keluarga kerajaan dari Keluarga Ratu Melinting.

Fungsi Tari Melinting Lampung

Setelah membahas sejarah tari Melinting, kali ini kita akan membahas fungsinya. Pada mulanya, tarian Melinting hanya boleh dimainkan oleh putra dan putri Ratu Melinting pada saat acara gawi adat keagungan Keratuan Melinting. Penonton tarian ini pun hanya diperbolehkan dari lingkungan kerajaan saja.

Tari Melinting Adalah Tari untuk Menyambut Tamu atau Raja (sumber: Wikipedia)
Tari Melinting Adalah Tari untuk Menyambut Tamu atau Raja (sumber: Wikipedia)

Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan pada modifikasi gerak, busana, dan aksesoris hingga pergeseran fungsi dari yang pada awalnya hanya dikonsumsi oleh lingkungan kerajaan menjadi tarian yang dapat ditonton dan ditarikan oleh semua orang. Tarian ini biasanya ditampilkan ketika ada tamu agung yang datang ke Lampung ataupun pada saat upacara adat. 

Iringan Musik Tari Melinting

Dalam peragaannya, tarian Melinting menggunakan berbagai iringan musik khas masyarakat Lampung, salah satunya adalah Kalo Bala. Selain Kalo Bala, pengiring tarian ini juga sering memakai gendang, gong, gamelan, rebab, dan berbagai alat musik lainnya.

Tujuan iringan musik dalam tarian Melinting adalah:

  • Membuka tarian
  • Mengiringi penari masuk ke arena pertunjukan
  • Sebagai penanda penghormatan pada tamu yang hadir

Ragam Gerak Tari Melinting

Dalam tarian Melinting, gerakan dalam menarik terbagi dua berdasarkan jenis kelamin, yakni laki-laki dan perempuan. Tarian ini biasanya ditarikan oleh wanita dan pria dengan jumlah penari yakni 8 orang terdiri dari 4 pria dan 4 wanita.

Ketika menari, maka penari akan dibagi menjadi beberapa babak yakni babak pembuka, babak kugowo ratu, babak kenui melayang, dan babak penutup.

Penari Tari Melinting adalah 4 Orang Putri dan 4 Orang Putra (sumber: Wikipedia)
Penari Tari Melinting adalah 4 Orang Putri dan 4 Orang Putra (sumber: Wikipedia)

Untuk gerakan laki-laki yakni terdapat gerakan babar kipas, jong sumbah, sukhung, sekapan bali palau, lapah ayam, luncat kijang, niti barang, suali dan salaman.

Sedangkan untuk gerakan tarian untuk perempuan yakni lapah ayam, nginjak tahi manuk, nginjak lado, ngiyan bias, timbangan, jong sumbah, sekapan, sukhung, dan babar kipas. Dalam setiap gerakan tentu tidak hanya sekadar gerakan, namun juga memiliki arti.

Supaya sahabat Munus lebih paham, di bawah ini penjelasan tentang ragam gerak tari Melinting Lampung dan maknanya.

Gerakan Sembah 

Gerakan ini memiliki makna sikap rendah hati dan santun yang dimiliki oleh masyarakat lampung.

Gerak Lapah Alun

Yakni gerakan yang memiliki simbol bahwa masyarakat Lampung sangat hati-hati, teliti, dan cermat dalam bertindak.

Gerakan Babar Kipas

Gerakan ini diartikan sebagai laki-laki yang siap untuk mencari nafkah.

Gerakan Sukhung Sekapan 

Melalui gerakan ini menyimpulkan kesiapan seseorang dalam menjalani akvitas keseharian. 

Gerakan Maphang Khandu

Ketika penari melakukan gerakan, hal ini memberikan makna bahwa laki-laki memiliki keperkasaan.

Gerakan Balik Palau

Gerakan ini memiliki makna eksistensi yang ingin ditunjukkan oleh masyarakat lampung.

Gerakan Cak Embung

Memberikan makna sebagai simbol kelincahan laki-laki dalam bertindak dan mengambil keputusan.

Gerak Salaman

Gerakan ini menjadi simbol bahwa masyarakat memiliki keramahan yang terbuka pada siapapun.

Gerakan Samang Niti Batang

Ketika penarik melakukan gerakan ini maka ia menunjukkan dan memberikan arti kegigihan dan rendah hati.

Gerak Lago Puyuh

Gerakan ini menunjukkan bahwa laki-laki pantang untuk menyerah dan harus berani dalam menghadapi serta mengambil resiko yang datang.

Gerakan Timbangan

Gerakan ini menimbolkan bagaimana kita harus bisa menjaga keseimbang dalam menjalani kehidupan

Gerakan Nginyou Bias

Ketika penari melakukan gerakan ini, ia memberikan makan bagaimana seorang wanita bersifat lembut dan memahami nilai-nilai sebagai seorang wanita.

Gerak Kenui Melayang

Gerakan ini memberikan makna kebebasan dan kemerdakaan yang dimiliki oleh kaum wanita.

Gerakan Nigiyak Lado

Gerakan ini menyimbolkan sifat penyayang yang hadir dalam diri seorang wanita yang peruli terhadap keluarganya. 

Properti Tari Melinting Lampung

Dalam perkembangan tarian Melinting, Islam memberikan kontribusi yang mempengaruhi bagaimana propert tari tersebut. Kostum tari Melinting untuk laki-laki adalah terdiri dari kain tapis, baju teluk belanga, bulu seretei, kipas dengan warna bebas, kopiah emas pepadun.

Sedangkan properti tari Melinting untuk perempuan terdiri dari tapis pepadun, baju kebaya putih lengan panjang, sanggul, singer melinting cadar kuning, buah jukum, kipas dengan warna bebas serta gelang ruwi. 

Selain property, tata rias menjadi hal yang sangat penting untuk penari Melinting untuk mewujudkan wajah penari yang pas. Selain untuk mendalami peran, tata rias akan memberikan pengaruh bagaimana suasana yang pas untuk menarikan tarian tersebut.

Meskipun tarian ini sudah ada sejak lama, tari Melinting berusaha untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang ada seperti dilihat dari aspek propertinya. Jika kamu ingin mengetahui gerakan tari Melinting Lampung secara langsung, kamu dapat datang ke festival budaya, ya!

Baca Juga: Tari Sekapur Sirih: Sejarah, Makna, Pola Lantai dan Properti

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tari Melinting Lampung: Sejarah, Properti, & Ragam Geraknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]