15+ Inspirasi Nama Putri Kerajaan Jawa & Makna Lengkapnya

Nama Putri Kerajaan
(sumber: Pinterest)
Daftar isi

Jawa adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan sejarah besar. Berpuluh abad lalu, ada banyak kerajaan berdiri di pulau Jawa, yang tokoh-tokohnya punya nama besar dan legendaris. Hingga saat ini, banyak orang terinspirasi membuat nama berdasarkan tokoh-tokoh kerajaan tersebut, baik untuk anak, saudara, atau sekadar nama samaran. Mau tahu siapa saja nama putri kerajaan Jawa yang cocok jadi inspirasi?

Dalam bahasan kali ini, Museum Nusantara akan membahas 15+ inspirasi nama putri kerajaan serta penjelasan maknanya. Selamat membaca!

15+ Inspirasi Nama Putri Kerajaan Jawa & Makna Lengkapnya

Dalam pewayangan dan sejarah Indonesia, ada banyak tokoh perempuan yang namanya cocok dijadikan inspirasi membuat nama. Di bawah ini, Museum Nusantara punya 15+ inspirasi nama putri kerajaan Jawa beserta makna lengkapnya buat Anda.

1. Isyana Parameswari

Isyana diambil dari Sri Isyana Tunggawijaya, nama putri kerajaan Jawa yang berkuasa di abad 10-11 Masehi. Beliau adalah putri dari Mpu Sindok, pendiri dinasti Isyana di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Di usianya yang masih muda, Isyana berhasil menjadi raja kerajaan Medang Kamulan. Gelar ini otomatis membuat Isyana masuk jajaran wanita pertama yang berhasil menguasai tanah Jawa.

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Anak yang diberi nama “Isyana” diharapkan bisa meneladani prestasi Isyana Tunggawijaya. Penambahan kata “Parameswari” di belakangnya berarti keanggunan dan cerminan wanita sesungguhnya.

2. Ratu Dyah Suhita

Ratu Dyah Suhita adalah nama putri kerajaan Jawa yang berhasil menjadi raja Majapahit. Ia adalah salah satu raja Majapahit terakhir, sebelum kerajaan terbesar di pulau Jawa itu runtuh.

Dyah Suhita dikenal sebagai wanita bijaksana dan aktif. Ia berhasil menata kembali kerajaan Majapahit yang kacau balau karena perang saudara. Selain itu, Suhita juga sangat aktif membuat karya selama pemerintahannya, seperti pura dan punden berundak.

3. Dewi Elok Tribhuwana

Dewi Elok Tribhuwana terinspirasi dari nama putri kerajaan Majapahit yang kemudian berhasil jadi ratu terbaik sepanjang sejarah Jawa, yaitu Tribhuwana Tunggadewi.

Hingga saat ini, Tribhuwana Tunggadewi masih dikenang karena kecerdasan dan kemahirannya memimpin kerajaan. Di masa kepemimpinannya, Majapahit berhasil melakukan ekspansi hingga ke Bali, Thailand, dan Filipina.

4. Ratu Shima Wardhani

Ratu Shima adalah nama penguasa kerajaan Kalingga di Jawa Tengah. Ia dikenal sebagai salah satu raja perempuan terbaik di dunia, karena kebijaksanaan dan kepeduliannya kepada wong cilik. Bahkan berdasarkan beberapa studi, ada yang menyamakan Ratu Shima dengan Balqis, ratu yang akhirnya menjadi istri nabi Sulaiman dalam literasi Islam.

Seseorang yang diberi nama Ratu Shima diharapkan bisa meneladani karakter penguasa Kalingga satu ini. Sementara itu, nama “Wardhani” di belakangnya berarti bunga yang harum.

5. Shima Saraswati

Nama Shima Saraswati terinspirasi dari Ratu Shima dan Saraswati, salah satu dewi utama dalam mitologi Hindu. Dewi Saraswati adalah sosok yang melambangkan kesucian, etika, dan pengetahuan. Wanita dengan nama “Shima Saraswati” harapannya bisa jadi sosok anggun, bijaksana, cerdas, serta punya pembawaan diri yang baik.

6. Aruna Gayatri

Pernah mendengar kutipan “ibu hebat melahirkan generasi yang hebat”? Kutipan tersebut sangat cocok dengan Gayatri, nama putri kerajaan Singasari yang berhasil melahirkan raja-raja besar Majapahit.

Sebelum Majapahit berdiri, Raden Wijaya (pendiri Majapahit) jatuh cinta ke Gayatri dan menikahinya. Dari Gayatri, lahir tokoh-tokoh terbaik seperti Tribhuwana Tunggadewi dan Hayam Wuruk.

“Gayatri” dalam nama “Aruna Gayatri” terinspirasi dari Gayatri-nya Majapahit. Sementara “Aruna” memiliki arti wanita pemberani.

7. Sukma Prameswari Raya

Sukma Prameswari Raya adalah salah satu nama perempuan yang terinspirasi dari sebutan permaisuri dalam bahasa Sansekerta. Kata “sukma” berarti jiwa atau sosok yang lembut, “prameswari” artinya permaisuri atau wanita agung, sedangkan “raya” artinya selalu jaya dan sejahtera.

8. Dyah Pitaloka Citraresmi

Dyah Pitaloka Citraresmi adalah nama putri kerajaan Sunda yang terkenal cantik dan jadi rebutan raja-raja di Jawa. Ia adalah tokoh heroik yang meninggal demi membela kerajaannya dalam Perang Bubat.

Wanita yang diberi nama Dyah Pitaloka Citraresmi diharapkan memiliki karakter yang bukan hanya cantik jelita, tapi kuat, nasionalis, dan pemberani.

9. Arsyana Dedes Rahayu

Kata “arsyana” dalam nama Arsyana Dedes Rahayu berarti gembira, “rahayu” berarti sejahtera, sedangkan “Dedes” terinspirasi dari Ken Dedes, seorang brahmani yang menjadi permaisuri pertama kerajaan Singosari.

Kisah romansa Dedes bersama Arok menjadi salah satu legenda terfavorit Indonesia. Keduanya dikenal sebagai pasangan raja dan ratu terkuat yang berhasil merevolusi peta politik tanah Jawa.

Menurut legenda, Dedes dikenal sebagai wanita yang sangat cantik dan tak tertandingi. Selain itu, ia juga punya IQ di atas rata-rata. Oleh karena itu, seseorang yang dalam namanya mengandung “Dedes” diharapkan tumbuh menjadi wanita cantik dan cerdas.

10. Calya Anarawati

Sedang mencari nama putri kerajaan aesthetic yang punya kesan modern? Calya Anarawati bisa jadi salah satu pilihan Anda. Kata “calya” berarti sempurna, sedangkan “anarawati” terinspirasi dari nama putri kerajaan Islam yang menikah dengan Raja Brawijaya.

Semasa hidup, Anarawati aktif menyebarkan agama Islam di Indonesia, utamanya di Jawa Timur. Meski berstatus mualaf, putri yang berasal dari China ini punya tekad kuat dan keberanian tinggi. 

11. Ajeng Putri Kaniraras

Putri Kaniraras adalah salah satu tokoh pewayangan yang dipercaya menjadi ibu agung semua raja dalam mitologi Hindu. Nama Ajeng Putri Kaniraras putri yang cantik jelita, bijaksana, rendah hati, dan disayang orang-orang di sekitarnya.

12. Ratna Bintara Saraswati

Ratna Bintara adalah salah satu nama putri kerajaan Majapahit, dari garis keturunan Bhre Kertabumi. Sementara itu, Saraswati diambil dari nama dewi kebijaksanaan Hindu. Seseorang dengan nama Ratna Bintara Saraswati diharapkan punya keanggunan bak putri raja sekaligus punya sifat bijaksana.

13. Drupadi Elok Rarasati

Nama Drupadi Elok Larasati mengandung dua nama tokoh wanita paling berpengaruh dalam mitologi Hindu. Drupadi adalah nama putri kerajaan Drupada yang menjadi istri Pandhawa. Sedangkan Rarasati adalah istri Arjuna yang dikenal punya sifat ksatria, tapi perkataannya lembut dan menarik hati.

14. Maharani Ayu Sedah Mirah

Sedah Mirah adalah salah satu nama tokoh perempuan yang populer di keraton Yogyakarta. Nama Sedah Mirah berarti dermawan, sederhana, dan berkharisma. Seseorang yang memiliki nama Maharani Ayu Sedah Mirah diharapkan menjadi sosok pekerja keras, peduli ke orang lain, dan suka membantu.

15. Niken Sri Umayi

Dalam kisah pewayangan, nama Dewi Umayi (atau dewi Uma saja) diceritakan dengan nama Parvati, Parwati, atau Batari Dhurga. Beliau adalah salah satu tokoh perempuan terkuat dalam mitologi Hindu. Seseorang dengan nama Niken Sri Umayi diharapkan tumbuh menjadi anak perempuan yang kuat, tegas, dan berkharisma.

16. Erina Citraresmi

Di poin ke-8 di atas, kita sudah membahas Citraresmi sebagai salah satu nama putri kerajaan Sunda. Selain Dyah Pitaloka Citraresmi, nama Erina Citraresmi tidak kalah bagusnya untuk jadi nama bagi anak perempuan. Erina memiliki arti cerdas, berprinsip, dan tajam. Sedangkan Citraresmi berarti nasionalis dan pemberani.

17. Srikandi Lova Lestari

Srikandi adalah salah satu gadis ksatria dalam kisah Mahabharata. Ia punya keberanian tinggi dan diceritakan sebagai salah satu ksatria perang terbaik yang pernah ada. Sementara itu, nama “lova” berasal dari bahasa Jawa yang artinya tenang, sedangkan “lestari” berarti abadi.

Seorang wanita yang diberi nama Srikandi Lova Lestari diharapkan menjadi sosok yang tenang, bijak, tapi punya keberanian dan jiwa kepemimpinan.

Itulah 15+ inspirasi nama putri kerajaan Jawa yang bisa Anda jadikan referensi untuk menamai orang lain! Semua nama di atas disadur dari tokoh legenda dengan sifat yang mulia, sehingga nama-nama di atas bisa sekaligus menjadi doa bagi pemiliknya.

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *