1. Informasi

15+ Inspirasi Nama Putri Kerajaan Jawa & Makna Lengkapnya

Jawa adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan sejarah besar. Berpuluh abad lalu, ada banyak kerajaan berdiri di pulau Jawa, yang tokoh-tokohnya punya nama besar dan legendaris. Hingga saat ini, banyak orang terinspirasi membuat nama berdasarkan tokoh-tokoh kerajaan tersebut, baik untuk anak, saudara, atau sekadar nama samaran. Mau tahu siapa saja nama putri kerajaan Jawa yang cocok jadi inspirasi?

Dalam bahasan kali ini, Museum Nusantara akan membahas 15+ inspirasi nama putri kerajaan serta penjelasan maknanya. Selamat membaca!

15+ Inspirasi Nama Putri Kerajaan Jawa & Makna Lengkapnya

Dalam pewayangan dan sejarah Indonesia, ada banyak tokoh perempuan yang namanya cocok dijadikan inspirasi membuat nama. Di bawah ini, Museum Nusantara punya 15+ inspirasi nama putri kerajaan Jawa beserta makna lengkapnya buat Anda.

1. Isyana Parameswari

Isyana diambil dari Sri Isyana Tunggawijaya, nama putri kerajaan Jawa yang berkuasa di abad 10-11 Masehi. Beliau adalah putri dari Mpu Sindok, pendiri dinasti Isyana di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Di usianya yang masih muda, Isyana berhasil menjadi raja kerajaan Medang Kamulan. Gelar ini otomatis membuat Isyana masuk jajaran wanita pertama yang berhasil menguasai tanah Jawa.

Anak yang diberi nama “Isyana” diharapkan bisa meneladani prestasi Isyana Tunggawijaya. Penambahan kata “Parameswari” di belakangnya berarti keanggunan dan cerminan wanita sesungguhnya.

2. Ratu Dyah Suhita

Ratu Dyah Suhita adalah nama putri kerajaan Jawa yang berhasil menjadi raja Majapahit. Ia adalah salah satu raja Majapahit terakhir, sebelum kerajaan terbesar di pulau Jawa itu runtuh.

Dyah Suhita dikenal sebagai wanita bijaksana dan aktif. Ia berhasil menata kembali kerajaan Majapahit yang kacau balau karena perang saudara. Selain itu, Suhita juga sangat aktif membuat karya selama pemerintahannya, seperti pura dan punden berundak.

3. Dewi Elok Tribhuwana

Dewi Elok Tribhuwana terinspirasi dari nama putri kerajaan Majapahit yang kemudian berhasil jadi ratu terbaik sepanjang sejarah Jawa, yaitu Tribhuwana Tunggadewi.

Hingga saat ini, Tribhuwana Tunggadewi masih dikenang karena kecerdasan dan kemahirannya memimpin kerajaan. Di masa kepemimpinannya, Majapahit berhasil melakukan ekspansi hingga ke Bali, Thailand, dan Filipina.

4. Ratu Shima Wardhani

Ratu Shima adalah nama penguasa kerajaan Kalingga di Jawa Tengah. Ia dikenal sebagai salah satu raja perempuan terbaik di dunia, karena kebijaksanaan dan kepeduliannya kepada wong cilik. Bahkan berdasarkan beberapa studi, ada yang menyamakan Ratu Shima dengan Balqis, ratu yang akhirnya menjadi istri nabi Sulaiman dalam literasi Islam.

Seseorang yang diberi nama Ratu Shima diharapkan bisa meneladani karakter penguasa Kalingga satu ini. Sementara itu, nama “Wardhani” di belakangnya berarti bunga yang harum.

5. Shima Saraswati

Nama Shima Saraswati terinspirasi dari Ratu Shima dan Saraswati, salah satu dewi utama dalam mitologi Hindu. Dewi Saraswati adalah sosok yang melambangkan kesucian, etika, dan pengetahuan. Wanita dengan nama “Shima Saraswati” harapannya bisa jadi sosok anggun, bijaksana, cerdas, serta punya pembawaan diri yang baik.

6. Aruna Gayatri

Pernah mendengar kutipan “ibu hebat melahirkan generasi yang hebat”? Kutipan tersebut sangat cocok dengan Gayatri, nama putri kerajaan Singasari yang berhasil melahirkan raja-raja besar Majapahit.

Sebelum Majapahit berdiri, Raden Wijaya (pendiri Majapahit) jatuh cinta ke Gayatri dan menikahinya. Dari Gayatri, lahir tokoh-tokoh terbaik seperti Tribhuwana Tunggadewi dan Hayam Wuruk.

“Gayatri” dalam nama “Aruna Gayatri” terinspirasi dari Gayatri-nya Majapahit. Sementara “Aruna” memiliki arti wanita pemberani.

7. Sukma Prameswari Raya

Sukma Prameswari Raya adalah salah satu nama perempuan yang terinspirasi dari sebutan permaisuri dalam bahasa Sansekerta. Kata “sukma” berarti jiwa atau sosok yang lembut, “prameswari” artinya permaisuri atau wanita agung, sedangkan “raya” artinya selalu jaya dan sejahtera.

8. Dyah Pitaloka Citraresmi

Dyah Pitaloka Citraresmi adalah nama putri kerajaan Sunda yang terkenal cantik dan jadi rebutan raja-raja di Jawa. Ia adalah tokoh heroik yang meninggal demi membela kerajaannya dalam Perang Bubat.

Wanita yang diberi nama Dyah Pitaloka Citraresmi diharapkan memiliki karakter yang bukan hanya cantik jelita, tapi kuat, nasionalis, dan pemberani.

9. Arsyana Dedes Rahayu

Kata “arsyana” dalam nama Arsyana Dedes Rahayu berarti gembira, “rahayu” berarti sejahtera, sedangkan “Dedes” terinspirasi dari Ken Dedes, seorang brahmani yang menjadi permaisuri pertama kerajaan Singosari.

Kisah romansa Dedes bersama Arok menjadi salah satu legenda terfavorit Indonesia. Keduanya dikenal sebagai pasangan raja dan ratu terkuat yang berhasil merevolusi peta politik tanah Jawa.

Menurut legenda, Dedes dikenal sebagai wanita yang sangat cantik dan tak tertandingi. Selain itu, ia juga punya IQ di atas rata-rata. Oleh karena itu, seseorang yang dalam namanya mengandung “Dedes” diharapkan tumbuh menjadi wanita cantik dan cerdas.

10. Calya Anarawati

Sedang mencari nama putri kerajaan aesthetic yang punya kesan modern? Calya Anarawati bisa jadi salah satu pilihan Anda. Kata “calya” berarti sempurna, sedangkan “anarawati” terinspirasi dari nama putri kerajaan Islam yang menikah dengan Raja Brawijaya.

Semasa hidup, Anarawati aktif menyebarkan agama Islam di Indonesia, utamanya di Jawa Timur. Meski berstatus mualaf, putri yang berasal dari China ini punya tekad kuat dan keberanian tinggi. 

11. Ajeng Putri Kaniraras

Putri Kaniraras adalah salah satu tokoh pewayangan yang dipercaya menjadi ibu agung semua raja dalam mitologi Hindu. Nama Ajeng Putri Kaniraras putri yang cantik jelita, bijaksana, rendah hati, dan disayang orang-orang di sekitarnya.

12. Ratna Bintara Saraswati

Ratna Bintara adalah salah satu nama putri kerajaan Majapahit, dari garis keturunan Bhre Kertabumi. Sementara itu, Saraswati diambil dari nama dewi kebijaksanaan Hindu. Seseorang dengan nama Ratna Bintara Saraswati diharapkan punya keanggunan bak putri raja sekaligus punya sifat bijaksana.

13. Drupadi Elok Rarasati

Nama Drupadi Elok Larasati mengandung dua nama tokoh wanita paling berpengaruh dalam mitologi Hindu. Drupadi adalah nama putri kerajaan Drupada yang menjadi istri Pandhawa. Sedangkan Rarasati adalah istri Arjuna yang dikenal punya sifat ksatria, tapi perkataannya lembut dan menarik hati.

14. Maharani Ayu Sedah Mirah

Sedah Mirah adalah salah satu nama tokoh perempuan yang populer di keraton Yogyakarta. Nama Sedah Mirah berarti dermawan, sederhana, dan berkharisma. Seseorang yang memiliki nama Maharani Ayu Sedah Mirah diharapkan menjadi sosok pekerja keras, peduli ke orang lain, dan suka membantu.

15. Niken Sri Umayi

Dalam kisah pewayangan, nama Dewi Umayi (atau dewi Uma saja) diceritakan dengan nama Parvati, Parwati, atau Batari Dhurga. Beliau adalah salah satu tokoh perempuan terkuat dalam mitologi Hindu. Seseorang dengan nama Niken Sri Umayi diharapkan tumbuh menjadi anak perempuan yang kuat, tegas, dan berkharisma.

16. Erina Citraresmi

Di poin ke-8 di atas, kita sudah membahas Citraresmi sebagai salah satu nama putri kerajaan Sunda. Selain Dyah Pitaloka Citraresmi, nama Erina Citraresmi tidak kalah bagusnya untuk jadi nama bagi anak perempuan. Erina memiliki arti cerdas, berprinsip, dan tajam. Sedangkan Citraresmi berarti nasionalis dan pemberani.

17. Srikandi Lova Lestari

Srikandi adalah salah satu gadis ksatria dalam kisah Mahabharata. Ia punya keberanian tinggi dan diceritakan sebagai salah satu ksatria perang terbaik yang pernah ada. Sementara itu, nama “lova” berasal dari bahasa Jawa yang artinya tenang, sedangkan “lestari” berarti abadi.

Seorang wanita yang diberi nama Srikandi Lova Lestari diharapkan menjadi sosok yang tenang, bijak, tapi punya keberanian dan jiwa kepemimpinan.

Itulah 15+ inspirasi nama putri kerajaan Jawa yang bisa Anda jadikan referensi untuk menamai orang lain! Semua nama di atas disadur dari tokoh legenda dengan sifat yang mulia, sehingga nama-nama di atas bisa sekaligus menjadi doa bagi pemiliknya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15+ Inspirasi Nama Putri Kerajaan Jawa & Makna Lengkapnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]