1. Budaya
  2. Tari Daerah

Tari Gong: Asal Usul, Properti, Pola Lantai, & Jumlah Penari

Dayak adalah suku di Kalimantan Timur yang memiliki beragam budaya keren, tari Gong adalah salah satunya. Di antara tari kreasi daerah lain di Indonesia, tari Gong adalah salah satu yang terunik, karena penarinya dituntut harus menari di atas gong selama pertunjukan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang sejarah tari Gong, asal usul, properti, dan jumlah penarinya? Simak bahasan lengkapnya di bawah ini ya, sobat Munus!

Sejarah Tari Gong & Asal Usulnya

Nama tari Gong memiliki sejarah yang unik. Tari Gong berasal dari Kalimantan Timur, nama Gong diambil dari kata-kata yang berhubungan dengan alat musik, yakni gong yang dijadikan properti ketika menari. 

Tari Gong atau Kancet Ledo, Tari Daerah Kalimantan Timur
(sumber: Merahputih)

Meski sudah menelusuri sejarah yang panjang, asal usul tari Gong ataupun sejarah tari Gong masih belum dapat ditemukan tahun secara pasti kapan tarian ini terlahir. Salah satu buku Ensiklopedia Seni dan Budaya Nusantara yang ditulis oleh Gendhis Paradisa mengatakan tarian ini menggambarkan bagaimana kelembutan seorang gadis yang meliuk bak sebatang padi.

Artikel Terkait

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on Mei 8, 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Fungsi Tari Gong Kalimantan Timur

Berdasarkan tujuannya, tarian ini dipersembahkan sebagai rasa syukur kepada dewa atas berlimpahnya hasil panen yang diberikan. Selain itu, tarian ini berfungsi sebagai tarian penyambutan untuk tamu agung dan kelahiran bayi dari kepala suku.

Namun pada saat ini tarian khas suku daya ini telah banyak ditampilkan dan tidak hanya ditunjukkan pada acara tertentu saja. Tari ini mulai digunakan sebagai hiburan di kalangan masyarakat. Masyarakat juga memanfaatkan tarian ini sebagai sarana memperkenalkan budaya Dayak melalui promosi pariwisata.

Pola Lantai Tari Gong & Gerakannya

Penggambaran bagaimana lembutnya seorang gadis membuat gerakan dari tari khas Daya ini sangat lembut dan anggun. Gerakan tarian ini tidak seperti kebanyakan tari-tarian yang banyak berpindah karena kebanyakan gerakan tari ini memiliki pengulangan berkali-kali.

Gerakan akan difokuskan pada tangan yang melambai dan kaki yang yang menari di atas gong. Meskipun kelihatannya gerakan ini sangat sederhana, dibutuhkan keseimbangan, ketelitian, dan kesabaran agar tidak terjatuh. 

Lirikan mata juga berperan dalam membentuk penggambaran tarian. Mata harus melirik tajam layaknya seekor burung. Lirikan mata seekor burung memiliki makna bagaimana kelincahan, cepat, dan lembut seperti burung Enggang.

Kaki dari para penari pun tidak banyak bergerak karena harus menjaga keseimbangan berdiri di atas gong. Pola tari Gong adalah horizontal dan lingkaran.

Jumlah Penari Tari Gong

Pada umumnya jumlah penari yang menarikan tarian ini adalah perempuan berjumlah dua orang yang menari di atas gong yang bulu burung Enggang. Pada saat penampilan terdapat sebuah adegan dimana gadis itu nantinya akan diperebutkan oleh dua laki-laki.

Penari Tari Gong Sedang Melenggok di Atas Gong (sumber tertera)
Penari Tari Gong Sedang Melenggok di Atas Gong (sumber: tertera)

Properti Tari Gong Kalimantan Timur

Dalam mengiringi lincahnya penari, terdapat beberapa properti yang biasanya dipakai ketika tampil, berikut beberapa properti tersebut :

1. Busana Atas Bawah

Busana yang digunakan oleh penari tarian Gong cukup mewah dengan mengenakan pakaian suku Dayak Kenyah yang terkenal dengan corak eksotis dan elegan. Selain itu, terdapat ikat pinggang yang dililitkan di bagian tengah tubuh penari.

Para penari juga mengenakan ikat kepala dari bahan rotan dan kalung khusus dengan corak bergerigi. Terdapat pula gelang yang dibuat dari bahan manik-manik berwarna senada dengan kalung yang akan dipakai.

2. Kipas Bulu Enggang

Untuk di bagian kepala, terdapat properti bulu Enggang yang menjadi simbol kemulian di masyarakat.  Tidak hanya digunakan di kepala, bulu Enggang ini akan digunakan sebagai sebuah mahkota dan juga diselipkan di jari yang kemudian difungsikan layaknya kipas. Properti ini menjadi hal wajib bagi penari karena penggambaran dari tarian sendiri juga menggambarkan bagaimana lincahnya seekor burung Enggang.

3. Baju Manik

Baju manik merupakan baju khas tradisional Dayak Kenyah berwarna hitam dengan tambahan manik-manik berwarna yang cerah. Manik-manik ini disusun dengan rapi sehingga dapat dipandang indah oleh mata.

Corak yang terdapat pada baju manik pada umumnya bercorak hewan dan tumbuhan. Dalam strata sosial masyarakat suku Dayak terdapat arti dari corak yang digunakan, corak hewan dikhususkan untuk bangsawan sedangkan corak tumbuhan untuk masyarakat biasa.

4. Kain Ta’ah

Kain ta’ah merupakan kain tradisional khas Dayak. Kain yang memiliki bentuk persegi panjang yang memiliki hiasan pada bagian tengah. Hampir semua perempuan suku Dayak memakai kain ini di hampir semua kegiatan, baik kegiatan sehari-hari maupun budaya.

Musik Pengiring Tari Gong

Musik pengiring tari Kalimantan Timur ini memiliki musik yang sederhana. Sampe adalah alat musik tradisional khas Daya yang dimainkan dengan alunan yang lembut sesuai dengan gerakan kaki dan tangan yang bergerak dengan anggun dan lembut.

https://www.youtube/watch?v=qQuha5oCq_E

Nah, itu tadi penjelasan mengenai asal usul, properti, pola lantai, dan jumlah penari tari Gong. Keunikan tarian dari suku Dayak yang ini memang cukup unik dan penuh dengan perumpamaan. Untuk kamu ingin melihat secara langsung gerakan dari gadis penari yang lembut dapat melihat pentas seni ataupun dapat langsung pergi ke Kalimantan Timur. 

Baca Juga: Tari Perang: Tarian Magis dari Papua Barat yang Masih Dilestarikan

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tari Gong: Asal Usul, Properti, Pola Lantai, & Jumlah Penari

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]