Budaya

Ragam Budaya Daerah di Indonesia

Lestarikan Budaya Daerah di Indonesia. Dapatkan informasi seputar sejarah dan asal - usul budaya dari berbagai macam daerah di indonesia

museum di nusantara

Rekomendasi

Temukan Informasi menarik tentang Tari Daerah di Indonesia

tari remo

Tari Remo: Tarian Khas Jawa Timur Simbol Kegagahan

...

Tri Jaipong

Tari Jaipong: Kesenian dari Jawa Barat

...

tari serimpi

Tari Serimpi

...

Kategori Budaya

Temukan jenis Budaya yang menarik

Direktori Budaya

Temukan budaya yang paling populer di Indonesia

Keragaman Budaya Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Indonesia sebagai negara dengan keragaman budaya? Ya, budaya Indonesia sangatlah beragam dan karena hal tersebut, negara ini bisa dikenal oleh turis mancanegara. Budaya Indonesia sangatlah unik karena memiliki ras, suku, agama yang berbeda-beda setiap daerahnya. Hal tersebut akhirnya menghasilkan budaya nusantara yang sangatlah banyak dibandingkan negara lain.

Keragaman budaya Indonesia sudah jelas terlihat dan dijadikan sebagai semboyan pada garuda pancasila. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan atas keragaman budaya Indonesia yang memiliki arti berbeda-beda tapi tetap pada satu tujuan. Menelisik lebih jauh, semboyan ini menandakan bahwa sebagai negara dengan budaya yang kaya, perbedaan yang beragam, serta daerah berbeda, tetap pada satu tujuan yaitu menjaga persatuan negara Indonesia. Lantas, keragaman budaya apa saja yang dimiliki oleh negeri ini? Berikut Munus rangkum untuk Anda ketahui.

Rumah Adat Istiadat

Rumah adat merupakan budaya yang lahir dari tradisi masyarakat. Di negara ini, rumah adat sangatlah banyak tergantung daerah. Sangatlah penting menjaga warisan budaya Indonesia ini karena corak dan bentuk rumah adat tidak boleh mengalami perubahan sehingga masih asli.

Tradisi Upacara Adat

Sebagai bentuk nilai-nilai masyarakat, upacara adat juga warisan budaya Indonesia. Sering dijadikan media yang berhubungan dengan leluhur dan Sang Pencipta, memberikan kesan mistis dan religius dari warisan budaya ini. Upacara adat sangatlah banyak, misalnya sekaten yang digunakan sebagai perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Pakaian Adat Tradisional

Berikutnya adalah pakaian adat dari suku – suku yang ada di Indonesia. Pakaian adat merupakan manifestasi identitas suatu suku sehingga sering digunakan ketika ada upacara-upacara adat tertentu. Misalnya, baju bodo khas suku Bugis.

Ragam Tari Tradisional

Tarian merupakan bentuk hiburan yang masih memiliki kelekatan akan nilai budaya Indonesia. Tari tradisional memiliki ciri khas sesuai dengan asal tarian tersebut. Tujuan tari tradisional pun berbeda-beda. Misalnya tarian menyambut tamu akan memiliki gerakan berbeda dengan tari upacara keagamaan.

Aneka Alat Musik dan Lagu Tradisional

Agar suasana tari tradisional tidak sepi, maka alat dan lagu pengiringnya perlu dipilih sesuai dengan jenis tarian. Alat musik dan lagu tradisional memiliki ciri khas dari masing-masing daerah. Untuk lagu itu sendiri menggunakan bahasa daerah tempat asalnya serta memiliki nilai kehidupan masyarakat yang dalam.

Contoh lagu tradisional Indonesia adalah Rasa Sayange asal Maluku, Gundul-gundul Pacul dan Bapak Anging Mamiri dari Sulawesi Selatan. Kemudian, alat musik khas Indonesia juga bergaam misalnya angklung, tifa, tamborin dan sasando..

Ragam Senjata Tradisional

Sejak dahulu, Indonesia sudah dikenal dengan cara berperang atau berlindung dari musuh menggunakan senjata tradisional. Konsep senjata tradisional Indonesia sangatlah sederhana dan memiliki ujung yang runcing sehingga selain berperang dapat digunakan juga untuk berladang atau berburu.

Hingga kini, senjata tradisional masih dijaga sebagai kebudayaan Indonesia dan juga dirawat dengan dibersihkan pada waktu-waktu tertentu. Contohnya badik Sulawesi, rencong Aceh dan keris.

Makanan Khas Daerah

Tidak hanya benda-benda khusus yang menjadi budaya Indonesia, namun kuliner juga produk budaya nusantara yang mengungkapkan identitas masyarakat tertentu. Misalnya, kerak telor khas Jakarta dan papeda dari bagian timur Indonesia (Maluku, Papua, Palopo Sulawesi Selatan)

Warisan Budaya Indonesia

Ragam budaya yang ada kemudian menjadi atribut masyarakat atau warisan budaya Indonesia yang perlu diwariskan untuk generasi berikutnya. Beberapa warisan budaya Indonesia telah diakui oleh UNESCO, diantaranya sebagai berikut.

1. Olahraga Pencak Silat

Pencak silat merupakan seni budaya beladiri yang berkembang di Indonesia dengan berbagai aliran. Beladiri ini mulai dikenal dunia pula berkat aktor-aktor laga Indonesia yang mulai mencuat namanya ke kancah internasional sehingga bela diri ini juga dikenal oleh negara lain.

2. Alat Musik Angklung

Alat musik ini berbahan dasar bambu dan dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan hingga menghasilkan nada tertentu. Keberadaan angklung di Indonesia masih lestari, karena edukasi dan pengenalan alat musik ini masih terus dilakukan oleh para seniman Indonesia. Untuk menjaga alat musik ini, pemerintah membuat museum angklung, yaitu Saung Angklung Udjo di kota Bandung dan diakui oleh UNESCO.

3. Tari Saman Aceh

Jenis tarian tradisional ini sangat menarik dan merupakan bagian dari tradisi masyarakat Gayo, Aceh. Tari ini ditampilkan oleh para pria secara berkelompok dan memiliki gerakan berselang seling. Namun kini, kaum wanita pun juga sudah bisa ikut serta. Tarian ini sering ditampilkan pada upacara keagamaan serta acara tertentu lainnya.

4. Perahu Phinisi Makassar

Perahu layar warisan maritim masyarakat Bugis ini diakui oleh UNESCO karena teknik pembuatannya yang menggunakan teknik turunan para pelaut Bugis serta keikutsertaan perahu pinisi berkeliling dunia oleh para taruna AL Indonesia.

5. Senjata Keris

Benda pusaka turun temurun ini sangatlah sering digunakan sebagai bagian dari busana adat Masyarakat Jawa. Perlakuan senjata tradisional ini juga sangat khusus, dimana membersihkan keris harus dengan ritual mencuci keris setahun sekali.

6. Kain Batik

Saat ini batik sudah menjadi bagian dari busana nasional. Setiap orang juga sudah bisa mengenakan batik untuk segala kesempatan. Konon katanya, awal mula batik hanya diperuntukkan bagi beberapa acara saja dan motifnya disesuaikan dengan pengrajin. Jika pengrajin merupakan masyarakat yang bekerja sebagai pedagang maka motif saudagar akan melekat pada kain batiknya. Jika batik akan digunakan oleh keluarga keraton maka motifnya adalah batik keraton yang berbeda dengan saudagar.

7. Wayang Kulit dan Gamelan

Warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO selanjutnya ialah wayang kulit dan gamelan. Wayang kulit diakui karena memiliki nilai-nilai moral dari kisah Mahabharata, Ramayana, atau bagian cerita Panji. Profesi dalang dan pelakon wayang pun hingga kini masih diturunkan.

Kesimpulan

Keragaman budaya Indonesia berasal dari banyaknya ras, suku, agama di setiap daerahnya. Ragam budaya inilah yang kemudian menjadi warisan budaya Indonesia. Sebagai pemuda bangsa, seni budaya Indonesia harus dilestarikan agar kelak anak cucu penerus bangsa juga bisa menikmati keragaman ini.

scroll up