Tari Kuda Lumping, Tarian Legendaris Asal Ponorogo

Tari Kuda Lumping, Tarian Legendaris Asal Ponorogo
Daftar isi

Halo anak Nusantara! Indonesia adalah negara yang kaya dengan warisan budaya serta tradisi. Berbagai daerah memiliki kebudayaan yang berbeda satu sama lain, karenanya banyaknya ragam suku, ras, dan tradisi yang ada di Indonesia. Warisan budaya tersebut dapat meliputi upacara, pakaian adat, dan tarian tradisional

Pada kesempatan kali ini, Munus akan membahas tentang salah tarian, yang bernama Tari Kuda Lumping. Jika kalian ingin tahu lebih dalam tentang tarian tradisional, simak sejarah Tari Kuda Lumping serta elemen pelengkapnya di bawah ini.

Sejarah Tari Kuda Lumping, Tari Spiritual Khas Ponorogo

Tari Kuda Lumping berasal dari daerah Jawa Timur, lebih tepatnya dari Kota Ponorogo. Tarian tradisional ini juga dikenal dengan nama yang berbeda-beda pada setiap daerahnya, seperti contoh Jathilan di Yogyakarta atau Jaran Kepang di Surabaya. Ciri khas dari tarian ini adalah sekelompok penari yang menggunakan properti kuda lumping yang sudah dirancang  secara khusus.khas dari tarian ini adalah sekelompok penari yang menggunakan properti kuda lumping yang sudah dirancang khusus untuk tarian ini.

Asal usul dari tari ini memiliki banyak versi, baik sesuai sejarah atau mitos yang ada dalam masyarakat. Dari cerita cerita yang tersebar dalam masyarakat, belum ada versi yang dianggap paling benar. Untuk artikel kali ini, Munus sudah mengumpulkan lima versi sejarah Tari Kuda Lumping.

Versi pertama mengatakan bahwa tarian ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, dan memiliki fungsi untuk dipakai dalam ritual atau upacara yang bersifat magis. Properti yang dipakai juga masih dalam bentuk yang sangat sederhana. Versi kedua mengatakan bahwa tarian ini bertujuan untuk memberi dukungan pada masyarakat yang kurang mampu. Cerita ini bermula dari rasa terima kasih pada Pangeran Diponegoro yang sudah berjuang melawan penjajahan di Indonesia kala itu.

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Versi ketiga mengatakan bahwa tarian ini berasal dari perjuangan Raden Patah. Diceritakan bahwa tarian ini adalah penggambaran dari Raden Patah serta Sunan Kalijaga dalam melawan penjajahan di Indonesia.

Versi keempat sendiri menceritakan bahwa asal mula tari ini berasal dari latihan perang Kerajaan Mataram. Pada saat itu, latihan perang dilaksanakan untuk melawan penjajahan Belanda. Sedangkan versi kelima tari ini berasal dari cerita raja yang sangat sakti di Pulau Jawa.

Para penari Tari Kuda Lumping (Sumber: Wikipedia)

Fungsi & Makna Tari Kuda Lumping

Tari ini memiliki fungsi yang serupa dengan tari tari tradisional lainnya. Kesenian Kuda Lumping memiliki fungsi yang dapat dimasukkan ke dalam berbagai segi kehidupan sehari-hari.

Dalam bidang pendidikan, kesenian ini dapat menunjukkan penggambaran sifat manusia yang baik dan yang buruk. Berbagai norma dan nilai terkandung dalam cerita dan gerakan yang dibawakan oleh penari Tari Kuda Lumping. Penonton diajak untuk mengamalkan perbuatan baik selagi masih ada waktu.

Untuk segi sosial, tarian ini melibatkan banyak orang, mulai dari penari, pawang, dan pengiring musik. Tarian ini tidak dapat dilakukan satu orang saja, perlu kerja sama untuk menciptakan sebuah tarian yang maksimal. Hal ini menunjukkan bahwa setiap dari kita memiliki peran dalam masyarakat, dan peran itu penting. Tanpa peran itu, keadaan tidak akan berjalan maksimal. 

Selain itu tari ini juga memberikan pengingat bahwa ada kuasa yang berada di luar kuasa manusia atau dalam tarian ini, kekuatan gaib.Unsur inilah yang membuat Tari Kuda Lumping berbeda dengan tari tradisional lainnya.

Sebagai kesenian, tentu tarian ini memiliki fungsi sebagai hiburan. Banyak orang masih antusias untuk menonton penampilan tarian ini. Jika kalian mau, kalian masih dapat melihatnya untuk saat 

Banyak gerakan yang dipertunjukkan mengandung hal hal ekstrem dan di luar nalar, dapat dilihat saat penari mulai kerasukan dan melakukan atraksi seperti memakan kaca, melahap api, bahkan berjalan di atas bara api. 

Terlepas dari keekstremannya, tarian tradisional ini sarat makna. Seperti kita ketahui, Kuda Lumping adalah tarian yang penuh dengan nuansa alam gaib. Tarian ini mengatakan bahwa alam gaib itu ada, dan kita hidup berdampingan dengan alam tersebut. Oleh karena kita hidup berdampingan, kita harus menghormati dan sadar tentang keberadaan alam di luar alam kita sendiri. Selain itu, tarian ini juga menggambarkan bahwa ada manusia yang baik dan jahat.

Properti Tari Kuda Lumping

Properti Tari Kuda Lumping adalah sebagai berikut :

Properti Tari Kuda Lumping (Sumber: Indonesia.go.id)

1. Sesumping

Sesumping adalah properti yang dipakai pada telinga penari. Properti ini dapat memantulkan cahaya, dan kerap dipakai juga dalam wayang manusia.

2. Bambu

Bambu yang digunakan disini bukan bentuk mentah dari pohon bambu, tapi hasil anyaman bambu. Anyaman Bambu tersebut kemudian dibentuk kuda yang menjadi properti utama dalam tarian ini.

3. Cambuk

Cambuk atau juga disebut Cemeti dipakai sebagai properti dalam tari ini. Salah satu cambuk akan memiliki panjang sekitar 2 meter, dan jika dibunyikan mengeluarkan bunyi yang keras dan nyaring.

4. Apok

Apok adalah properti yang berada di lapisan paling luar, setelah rompi dan baju. Apok berfungsi untuk menunjukkan kegagahan dari sang penari.

5. Rompi

Rompi adalah lapisan busana yang berada di antara apok dan baju. Rompi hanya dipakai oleh penari wanita saja. Motif dari rompi ini berbeda beda untuk setiap daerah.

6. Selendang

Selendang di sini berfungsi sebagai pengikat sekaligus hiasan pinggang.

7. Ikat Kepala

Ikat kepala untuk tarian ini hanyalah properti tambahan saja. Penari tidak wajib untuk memakai ikat kepala. Warna ikat kepala menyesuaikan busana yang dipakai penari.

8. Parang

Parang menjadi properti di sini bukan parang asli, tapi hanya parang imitasi. Parang ini terbuat dari kayu dengan sentuhan warna yang membuatnya terlihat nyata. Parang ini menunjukkan simbol perlawanan terhadap penjajahan.

9. Sabuk Hias

Seperti sabuk pada umumnya, properti sabuk berguna untuk mengikat kostum yang dipakai oleh penari.

10. Kacamata Hitam

Penggunaan kacamata hitam bukan hanya untuk sebagai gaya, tapi supaya penonton tidak dapat melihat mata penari. Hal ini dikarenakan ketika para penari dibacakan mantra, mata mereka akan bergerak tidak beraturan. Oleh karena itu, kacamata  ini dipakai oleh penari.

3 Babak Dalam Tari Kuda Lumping

1. Babak Buto Lawas

Pada babak pertama ini hanya dibawakan penari laki laki yang berjumlah sekitar 4 sampai 6 orang. Para penari ini akan menunggangi Kuda Lumping dan mengikuti alunan musik. Babak ini para penari mengalami kesurupan atau kerasukan.

2. Babak Senterewe

Babak kedua adalah para penari laki laki dan perempuan bergabung untuk menarikan tarian Senterewe bersama-sama.

3. Babak Begon Putri

Babak ketiga adalah babak yang berfungsi sebagai penutup tarian. Babak Begon Putri dilakukan oleh penari perempuan dengan irama gerak yang lebih lembut dan halus.

Pola Lantai Tari Kuda Lumping

Pola lantai Tari Kuda Lumping memiliki beberapa pola seperti melingkar, membentuk garis horizontal, dan lurus ke depan. Pola ini adalah gabungan dari pola lantai lurus dan pola lengkung sederhana.

Iringan Musik Tari Kuda Lumping

Tarian tradisional tentu tidak terpisah dari iringan musik. Penampilan Tari Kuda Lumping biasanya diiringi oleh gamelan yang terdiri dari Saron, Bonang, Kendang, serta Gong.

Iringan Musik Tari Kuda Lumping, Gamelan (Sumber: Antaranews)

Saron adalah instrumen yang wajib ada dalam pertunjukkan Kuda Lumping. Saron biasanya terbuat dari kuningan, perak atau perunggu. Saron berbentuk pipih dan disusun secara horizontal. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Suara yang dihasilkan mirip dengan lonceng tapi lebih mendengung. 

Bonang memiliki bentuk yang serupa dengan gong tapi disusun secara horizontal. Bonang biasanya terbuat dari besi atau perunggu, dan pemukulnya terbuat dari kayu.

Kendang adalah instrumen yang sangat penting dalam pertunjukkan Kuda Lumping. Biasanya kendang yang dipakai dalam pertunjukkan ini adalah Kendang Gedug dan Kendang Sabet. Kendang yang dipakai terkadang berbeda untuk setiap daerah.

Gong memiliki bentuk melingkar dan terbuat dari besi atau perunggu. Pada bagian depan gong terdapat tonjolan yang menjadi bagian dipukul ketika membunyikan alat musik ini. Gong menghasilkan bunyi mendengung yang khas, dan menjadi ciri khas tarian ini.

Baca Juga : Gamelan Jawa: Alat Musik Tradisional Nusantara

Meskipun memiliki asal usul yang berbeda beda dan unsur gaib yang kental,  Tari Kuda Lumping adalah salah satu warisan unik serta berharga yang Indonesia miliki. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalh negara yang kaya akan keragamannya. Mari kita jaga bersama Tari Kuda Lumping ini.

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *