1. Budaya

Batik Parang Kusumo: Sejarah, Filosofi, Asal, & 3 Motifnya

Batik merupakan salah satu kekayaan dari Indonesia yang bahkan sudah diakui oleh UNESCO. Indonesia memiliki keragaman jenis dan motif batik yang begitu banyak dari berbagai daerah. Hampir setiap daerah memiliki motif batik dengan ciri khasnya tersendiri, salah satu batik unik yang akan kita gali kali ini adalah Batik Parang Kusumo yang berasal dari Solo dan Yogyakarta. 

Sejarah Batik Parang Kusumo, Batik Eksklusif Keluarga Raja

Batik Parang Kusumo adalah salah satu batik tertua yang ada di Indonesia. Keberadaan batik ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1600-an pada zaman Keraton Mataram Kartasura di Kota Surakarta. Berdasarkan penelusuran sejarah secara mendalam, batik ini berasal dari Solo, namun di beberapa sumber mengatakan bahwa asalnya dari Yogyakarta.

Motif Batik Parang Kusumo (sumber: Sintesa Konveksi)
Motif Batik Parang Kusumo (sumber: Sintesa Konveksi)

Batik Parang Kusumo berasal dari kata kusumo yang dalam bahasa Jawa berarti bunga, atau dalam makna lain diartikan sebagai bangsawan. Hal ini menunjukkan bagaimana batik yang memiliki arti bangsawan ini hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan dan golongan tertentu saja. Biasanya, keluarga kerajaan hanya memakai batik ini ketika berada di dalam kerajaan maupun keraton. 

Filosofi Batik Parang Kusumo

Batik yang terkenal dengan kekuatan mistis ini memiliki motif seperti huruf “S” yang melambangkan jalinan yang tidak terputus dan selalu tersambung berkesinambungan. Ini mengartikan agar kita terus mengupayakan perbaikan diri, memperjuangkan kesejahteraan dan membentuk pertalian yang erat di keluarga.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on April 4, 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

Batik ini berusaha menggambarkan agar selalu semangat dan terus mengupayakan untuk membentuk pertalian keluarga yang sangat erat dan tidak gampang pecah.

Batik_Parang_Kusumo_Lengan_Pendek
Gambar Batik Parang Kusumo dalam Kemeja (sumber: tertera)

Berdasarkan huruf “S” maka hal tersebut menggambarkan ombak yang memiliki makna semangat yang tidak pernah padam. Batik ini memiliki filosofi sekaligus memberikan petuah bagaimana agar untuk tidak pantang menyerah layaknya ombak yang tidak pernah berhenti bergerak. 

Ombak memang menjadi salah satu inspirasi dalam penciptaan motif batik ini dikarenakan menggambarkan semangat yang terus berdebur seperti ombak di Pantai Selatan.

Fakta & Mitos Batik Parang Kusumo

Entah berasal dari sumber mana, namun Batik penuh filosofi ini memiliki mitos yang dipercaya oleh masyarakat di Jawa Tengah. Terdapat mitos yang mengatakan untuk tidak memakai batik Parang di acara pernikahan. Apabila memakai batik Parang, masyarakat percaya bahwa hal itu akan  membawa kesialan.

“Sial” yang dimaksud dalam mitos yang beredar dimasyarakat menjelaskan jika seseorang memakai batik Parang Kusumo di acara pernikahan maka pernikahan tersebut akan penuh dengan keributan dan cekcok.

Mitos ini muncul dikarenakan Batik Parang sangat keramat dan hanya dipakai oleh golongan tertentu dan pada acara tertentu yang bukan acara pernikahan. 

Namun, mitos ini tentu bertolak belakang dengan makna yang ada pada Batik Parang tersebut. Batik Parang memiliki makna untuk selalu menjalin kekeluargaan yang tidak sejalan dengan mitos yang beredar.

Jenis-Jenis Motif Batik Parang Kusumo, Makna, & Gambarnya

Agar Sahabat Munus dapat mengetahui lebih dalam mengenai Batik Parang Kusumo, berikut penjelasan mengenai motif batik Parang Kusumo, Makna beserta gambarnya.

1. Parang Kusumo Jogja

Gambar Batik Parang Kusumo Jogja
Gambar Batik Parang Kusumo Jogja (sumber: Semarang Pos)

Motif batik Parang Kusumo berasal dari daerah Yogyakarta ini memiliki motif seperti huruf ‘S’ yang memiliki bulatan dan memiliki pola permata pada ujungnya.

Motif Parang Kusumo Jogja memiliki kemiripan pola dengan Parang Kusumo Solo. Namun, apabila diperhatikan secara jelas maka motif ‘S’ yang ada pada Parang Kusumo Jogja lebih lebar dibandingkan motif Parang Kusumo Solo.

Jika dilihat secara sekilas, maka ini terlihat sederhana sekaligus memiliki kesan elegan dan kasual.

Untuk kamu yang senang memakai batik dengan motif sederhana nan elegan, batik Parang Kusumo Jogja bisa menjadi pilihan untuk mempercantik tampilan kamu.

2. Parang Kusumo Solo

Gambar Batik Parang Kusumo Solo
Gambar Batik Parang Kusumo Solo (sumber: Batik-Tulis.Com)

Motif batik Parang Kusumo Solo memiliki pola “S” yang lebih ramping dibandingkan dengan Parang Kusumo Solo. Batik ini biasanya dipakai oleh wanita pada saat upacara tukar cincin. 

Selain dapat digunakan sebagai atasan, motif Parang Kusumo Solo ini dapat juga dijadikan sebagai bawahan yang membuat penampilan semakin terlihat fashionable. 

3. Parang Kusumo Seling Rusak

Gambar Batik Parang Kusumo Seling Rusak
Gambar Batik Parang Kusumo Seling Rusak (sumber: Ambar Batik Jawa)

Motif Batik Parang Kusumo Seling Rusak ini memiliki cerita di batik pola batiknya. Motif batik ini diciptakan oleh Panembahan Senopati ketika bertapa di Pantai Selatan. Motif parang ini memiliki makna yang melambangkan kekuasaan dan kekuatan. 

Dalam proses pembuatan Parang Kusumo Seling rusak harus sempurna tanpa kesalahan. Apabila terdapat kesalahan, maka masyarakat percaya bahwa kekuatan magis pada batik tersebut akan menghilang.

Batik ini sangat cocok untuk kamu pakai untuk acara formal yang akan menambah kesan elegan pada kamu.

Berikut tadi penjelasan mengenai batik yang berasal dari Yogyakarta dan Solo yang lengkap dengan sejarah dan jenisnya. Terlepas dari adanya mitos yang mengatakan bahwa memakai batik tersebut akan membawa kesialan tentu tidak dapat dipercaya, karena dibandingkan dengan maknanya tentu hal ini bertentangan.  Yuk, kita lestarikan budaya Indonesia dengan bangga memakai batik.

Baca Juga: Batik Betawi: Motif Batik Identitas Masyarakat Betawi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Batik Parang Kusumo: Sejarah, Filosofi, Asal, & 3 Motifnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]