1. Blog

Memahami Pengertian & 7 Contoh Ancaman Militer

Ancaman militer adalah sesuatu yang perlu dicegah oleh suatu negara karena dapat mengakibatkan bangsa dalam keadaan bahaya. Menjaga keamanan negara menjadi suatu hal yang sangat penting. Berikut penjelasan lengkap contoh dan ancaman militer.

Apa itu Ancaman Militer

Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan senjata untuk membahayakan suatu negara. Ancaman ini dilakukan oleh kelompok terorganisasi yang memiliki tujuan untuk menyeram atau mengancam sehingga dikategorikan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. 

Untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara maka negara menugaskan Tentara Nasional Indonesia yang dilandaskan pada UU no. 34 tahun 2004 bahwa TNI memiliki tugas untuk mempertahankan wilayah negara, melindungi keselamatan bangsa, dan menjalankan operasi militer serta terlibat dalam pemeliharaan perdamaian regional dan internasional.

Beberapa ancaman militer menurut UU NO. 3 Tahun 2022 yang dihadapi Indonesia adalah agresi militer, spionase, sabotase, dan berbagai ancaman yang menggunakan senjata untuk mengganggu keamanan negara. Berikut yang termasuk dalam ancaman militer adalah:

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Contoh Ancaman Militer yang Dapat Membahayakan Negara

1. Agresi Militer

Agresi militer adalah penyerangan menggunakan senjata dari suatu negara ke negara lain. Jika kamu senang membaca sejarah pasti tahu kan bahwa di Indonesia pernah terjadi saran agresi militer Belanda yang terjadi sebanyak 2 dua kali. Ancaman menggunakan senjata ini merupakan sesuatu yang sangat berbahaya sehingga dikategorikan sebagai ancaman militer.

2. Pemberontakan Senjata

Pemberontakan senjata yang pernah terjadi di Indonesia salah satunya adalah Gerakan Aceh Merdeka. Gerakan ini merupakan gerakan separatis bersenjata yang ditangani oleh TNI sebagai wujud perdamaian agar warga Aceh dapat kembali berbaur dan kembali damai. Penanganan pemberontakan senjata ini membutuhkan keputusan politik pemerintah yang valid dan wajib dilindungi oleh undang-undang.

3. Aksi Teror 

Contoh ancaman militer selanjutnya adalah aksi teror. TNI memiliki tugas untuk menangani ancaman terorisme dengan pendekatan preventif yang dapat dilakukan dengan cara represif. Intelijen berperan aktif pada pencegahan aksi teror dengan terus mengumpulkan dan bertukar informasi dengan TNI. 

4. Konflik Komunal

Salah satu ancaman militer adalah terjadinya konflik komunal. Ketika menangani konflik jenis ini maka terdapat tiga hal utama yang wajib diikuti yakni keputusan pergerakan militer akan bergantung pada putusan politik, dilaksanakan OMSP, dan penggunaan strategi OMSP dalam menghadapi konflik.  

5. Pelanggaran Wilayah

Ketika terjadi pelanggaran di mana memasuki wilayah perbatasan tanpa izin dari negara lain maka hal ini disebut sebagai pelanggaran wilayah. Kasus pelanggaran wilayah yang sering terjadi di Indonesia adalah ketika pesawat Malaysia telah berulang kali memasuki wilayah Indonesia secara sewenangnya.

6. Gerakan Separatis

G30SPKI
G30SPKI (sumber: Wikipedia)

Separatisme adalah salah satu ancaman militer di mana suatu organisasi atau kelompok ingin memisahkan diri dari suatu wilayah. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk dapat mendirikan negara hingga pemerintahannya sendiri. Contoh ancaman militer gerakan separatisme adalah Gerakan Aceh Merdeka (GAM), PRRI, Kahar Muzakar dan G30S/PKI

7. Spionase

Pengertian spionase di KBBI adalah gerakan penyelidikan rahasia atau kegiatan mematai data kemiliteran suatu negara.  Spionase dapat merugikan suatu negara karena terjadinya pencurian informasi dari sebuah militer dari negara lain. Pencegahan spionase akan menggunakan operasi khusus untuk membongkar dan membersihkan jaringan spionase.

Baca juga: Contoh Ancaman di Bidang Ekonomi & Cara Mengatasinya

Ancaman militer adalah sesuatu yang perlu dicegah, dievaluasi penyebabnya, hingga harus dibongkar akarnya agar suatu negara dapat menjaga kedamaiannya. Itu tadi penjelasan lengkap mengenai contoh ancaman militer. Semoga membantu kamu memahami materi mengenai ancaman militer ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Memahami Pengertian & 7 Contoh Ancaman Militer

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]