1. Museum Budaya

The Heritage Palace Solo, Wisata Edukasi Solo Bernuansa Eropa

Solo memang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki beragam keunikan, mulai dari kuliner, kesenian, hingga tempat wisatanya. 

Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah The Heritage Palace dengan arsitektur Eropa klasik. Penasaran tempat ini seperti apa? Simak pembahasan berikut.

Sejarah Singkat The Heritage Palace

The Heritage Palace Solo
The Heritage Palace Solo (sumber: Wikipedia)

The Heritage Palace adalah bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1892 di atas lahan yang luasnya sekitar 2,2 hektar. Kawasan The Heritage Palace dahulunya merupakan bangunan pabrik gula gembongan pada zaman kolonial Belanda. 

Hingga kemudian pada 9 Juni 2018 kawasan ini direstorasi menjadi Bangunan Cagar Budaya (BCB). Sebenarnya kawasan ini terdiri sembilan bangunan kuno yang dilengkapi dengan cerobong asap. Namun, hanya tiga bangunan saja yang dibuka untuk wisatawan.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Maret 12, 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Spot Menarik The Heritage Palace

Spot-menarik-The-Heritage-Palace-Solo
Spot menarik The Heritage Palace Solo (sumber: Salsa Spot)

Gaya bangunan Eropa klasik jelas menjadi daya tarik tempat ini. Warisan kemegahannya yang masih terlihat indah, menjadikan kawasan bekas pabrik ini cocok dijuluki The Heritage Palace. Lalu apa saja spot menarik yang bisa kamu kunjungi di sini?

Area Outdoor

Bagian halaman bangunan ini merupakan salah satu spot ikonik di kalangan wisatawan. Dari sini kamu dapat melihat kemegahan bangunan yang tidak termakan usia. 

Bangunan megah khas Eropa ini tidak terlihat seperti bekas pabrik karena direstorasi dengan cantik.Terdapat air mancur dan beberapa patung serta lampu taman yang menghiasi area outdoor taman.

Kamu dapat melihat pemandangan seluruh bangunan dari balkon atau sekadar berfoto ria.

Museum Transportasi

Masuk ke dalam bangunan terdapat museum transportasi dengan beragam koleksi mobil klasik dan antik. 

Beberapa koleksi mobil yang ditampilkan adalah Chevrolet Bel Air USA tahun 1955, Dodge Power tahun 1963, Jeep Willys USA tahun 1943, hingga Mobil Dodge produksi tahun 1948 yang pernah digunakan oleh Ir. Soekarno.

Selain di dalam bangunan, beberapa mobil klasik juga dipajang di area outdoor. Kamu dapat menikmati keindahan mobil-mobil klasik dan antik dengan berfoto di atasnya.

Museum 3D Trick Art

Tak kalah menarik, Museum 3D Trick Art selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Beragam background 3D unik dapat kamu jadikan spot foto. Tak perlu khawatir jika datang sendiri, staf yang berjaga siap membantu kamu untuk mengabadikannya.

Beberapa background 3D yang ada di sini adalah tembok China, air terjun, tangan Joker yang ingin menangkap, t-rex, king kong, dan masih banyak lagi. Pokoknya spot ini wajib kamu coba!

Akses ke The Heritage Palace

Alamat The Heritage Palace terletak di Kabupaten Sukoharjo tepatnya berlokasi di Jalan Permata Raya, Dukuh Tegalmulyo, RT.02 / RW.08, Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. 

Jika dari Kota Solo, kamu hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 9 kilometer atau sekitar 22 menit. Tempat ini identik dengan cerobong asapnya, sehingga dapat terlihat dari kejauhan.

Kamu juga dapat memanfaatkan fitur Google Maps atau menyewa pemandu wisata untuk menemanimu mengelilingi The Heritage Palace.

Harga Tiket Masuk The Heritage Palace

Suasana di The Heritage Solo
Suasana di The Heritage Solo (sumber: Rizky Tyas Febriani on Trimbun Travel)

Agar dapat menikmati keindahan The Heritage Palace, kamu harus memesan tiket masuk yang harganya cukup terjangkau.

Ada dua jenis tiket yang dapat kamu pesan, yaitu:

1. Tiket Gate seharga Rp30.000. Dengan tiket ini kamu dapat mengunjungi area gerbang dan taman dengan view bangunanya.

2. Tiket Terusan seharga Rp50.000 saat weekdays dan Rp65.000 saat weekend dan libur nasional. Dengan tiket ini kamu bebas mengunjungi area outdoor dan indoor, serta menikmati beragam fasilitas lainnya.

Baca juga: Mengenal Museum Sonobudoyo, Museum Kebanggaan Yogyakarta

Meski sudah berusia satu abad lebih, bangunan ini masih berdiri dengan kokoh dan terlihat megah. Tak heran tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga lokal maupun wisatawan domestik. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: The Heritage Palace Solo, Wisata Edukasi Solo Bernuansa Eropa

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]