Mengenal Batik Kawung: Motif, Asal, & Maknanya

Batik Kawung (sumber: Genpi)
Batik Kawung (sumber: Genpi)
Daftar isi

Halo anak Nusantara! Indonesia adalah negara yang terkenal karena ragam budayanya. Salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO adalah batik. Batik adalah warisan wastra atau kain dari Indonesia yang proses pembuatannya melukiskan cairan lilin pada kain menggunakan sebuah alat yang disebut canting. Banyak sekali corak dan motif dari batik. Pada kesempatan kali ini, kita akan lebih mengenal salah satu batik yang cukup terkenal, yaitu Batik Kawung. 

Mengenal Batik Khas Kerajaan Mataram

Batik Kawung (sumber: Semarang Pos)
Batik Kawung (sumber: Semarang Pos)

Batik Kawung berasal dari Yogyakarta. Batik ini memiliki nilai filosofis yang tinggi dan tidak hanya diaplikasikan pakaian atau kain saja, tapi juga dapat dijadikan sebagai ornamen pada berbagai benda, seperti pada sarung bantal sofa, lukisan bahkan dekorasi bangunan.

Dalam beberapa sumber, batik dipercayai diciptakan oleh salah satu sultan dari kerajaan Mataram dan mulai dikenal pada abad ke 13. Awalnya, motif batik ini muncul dalam bentuk ukiran dinding yang terdapat pada beberapa candi di pulau Jawa, salah satunya kalian dapat melihat ukiran motif Kawung di candi Prambanan.

Pada zaman dahulu, batik motif ini hanya dapat dipakai oleh keluarga Keraton. Setelah kerajaan Mataram terbelah dua, menjadi Yogyakarta dan Surakarta, batik warisan kerajaan mataram ini mulai dapat dipakai oleh semua orang dari berbagai kalangan.Oleh karena itu, motif batik kawung menjadi salah satu warisan batik yang terkenal di Indonesia.

Makna 

Batik Kawung (sumber: Shopee)
Batik Kawung (sumber: Shopee)

Makna batik Kawung ini sendiri adalah harapan bagi mereka yang memakai batik ini selalu ingat dari mana mereka berasal. Batik ini mencerminkan makna dari kesucian, kemurnian, dan kesempurnaan. Manusia yang mengenakan batik ini diharapkan menjadi sosok yang unggul dan ideal. Filosofi batik Kawung terkesan sakral dan suci. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Hal ini dikarenakan dalam pewayangan, motif ini kerap kali dipakai oleh Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Bahkan di kesultanan Surakarta dan Yogyakarta, motif batik ini hanya boleh dipakai para kerabat kerajaan dan abdi dalem.

Motif Kawung sendiri terinspirasi dari sebuah kumbang dengan nama latin Oryctes Rhinoceros atau dalam bahasa Jawa lebih dikenal dengan nama Kumbang Kwangwung. Dalam arti lain, Kawung berarti buah pohon Aren atau kolang kaling yang secara fisik berwarna putih tapi tersembunyi di dalam kulit buah yang keras. Hal ini berarti sebuah tindakan baik tidak perlu terlihat dari luar. 

Tidak berhenti dari situ, mengutip dari pendapat S.K Sewan Susanto, seorang pakar batik Indonesia, dalam buku karangannya yang berjudul Seni Kerajinan Batik Indonesia. Ia berpendapat bahwa dalam bahasa Jawa motif Kawung berarti saderek sekawan gangsal pancer.

Empat buah motif Kawung atau kolang kaling merupakan lambang dari persaudaraan berjumlah empat. Satu motif titik yang berada di tengah dianggap sebagai pusatnya yang melambangkan kekuasaan alam semesta. Sebagai kesimpulan, motif dalam Kawung terdiri dari empat bulatan lonjong dan titik menjadi pusatnya menyimbolkan persatuan masyarakat Indonesia. 

Untuk mengetahui lebih jauh tentang batik warisan dari kerajaan Mataram ini, mari kita melihat berbagai motif dari batik ini, yang dalam artikel kali ini dibagi dalam 3 kategori, Berikut adalah macam-macam motif batik Kawung.

Motif Berdasarkan Pola

Berdasarkan polanya, motif batik ini terbagi atas :

1. Batik Kawung Kopi

Motif Kopi (sumber: Shopee Indonesia)
Batik Kawung Kopi (sumber: Shopee Indonesia)

Memiliki pola yang mirip biji kopi. Pola utama berbentuk bulatan lonjong, terdapat yang membelah menjadi dua bagian pada setiap polanya. 

2. Batik Kawung Sekar Ageng

Motif Sekar Ageng (sumber: Graha Batik)
Batik Kawung Sekar Ageng (sumber: Graha Batik)

Pada setiap pola utama terdapat tiga buah garis yang diikuti tiga buah titik. Motif ini terdiri dari pola berbentuk empat bulatan lonjong yang telah dimodifikasi menjadi persegi.

3. Batik Kawung Semar

Motif Semar (sumber: Genpi)
Batik Kawung Semar (sumber: Genpi)

Motif terdiri dari pola utama berbentuk empat bulatan lonjong dengan ukuran besar yang menyerupai biji buah nangka dan dipadukan dengan pola bulatan lonjong berukuran lebih kecil pada bagian dalam.

4. Batik Kawung Sari

Motif Sari (sumber: Graha Batik)
Batik Kawung Sari (sumber: Graha Batik)

Batik motif ini mempunyai motif yang terbentuk dari empat sudut membentuk bujur sangkar. Pada setiap sudut bujur sangkar tersebut terdapat bentuk biji kopi yang retak.

5. Batik Kawung Geger

Batik motif ini hanya boleh dipakai oleh raja dan kerabatnya karena motif ini dianggap sangat sakral. Terdapat motif Kawung besar dalam pola motif ini tapi dipercantik lagi dengan diberikan pola Kawung yang lebih kecil di dalamnya.

Motif Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan ukuran, motif batik ini terbagi dengan nama mata uang pemerintahan kolonial Belanda pada zaman dahulu.

Motif Picis (sumber: Batik Tulis)
Batik Kawung Picis (sumber: Batik Tulis)

1. Batik Kawung Kemplong

Kawung Kemplong memiliki ukuran terbesar dibanding motif- motif batik Kawung yang lainya.

2. Batik Kawung Sen

Motif yang dipakai menyerupai koin senilai satu sen pada era penjajahan Belanda. Motif ini memiliki bentuk bulat-lonjong.

3. Batik Kawung Bribil

Nama motif ini diambil dari mata uang senilai 25 sen pada zaman penjajahan Belanda, serta memiliki bentuk yang lebih besar dari motif Kawung Picis.

4. Batik Kawung Picis

Motif batik ini yang satu ini memiliki desain unik. Motif ini tersusun dari bulatan berukuran kecil, seperti uang 10 sen. Nama dari motif ini berasal dari mata uang 10 sen yang berukuran kecil.

Motif Perpaduan

Berdasarkan perpaduan, motif ini terdiri atas :

Motif Kembang (sumber: Bukalapak)
Batik Kawung Kembang (sumber: Bukalapak)

1. Batik Kawung Kembang

Motif ini berbentuk empat bulatan lonjong menyerupai bunga (kembang). Motif ini terdiri dari warna putih kekuningan sebagai warna utama pola, hitam sebagai warna latar, dan merah soga sebagai pewarna kontur.

2. Batik Kawung Seling

Batik ini memiliki motif yang mirip dengan batik motif Kembang. Warna dari motif ini dibuat lebih mencolok. Pola terdiri dari bentuk garis dan diletakkan bentuk kembang pada garisnya. Warna putih menjadi warna pola utama dalam motif ini, warna hitam untuk warna bunga, dan merah soga untuk warna latar.

3. Batik Kawung Buntal

Motif ini adalah bentuk perpaduan dari motif picis dengan motif bunga kenikir. Motif Kawung ini terdiri dari warna merah soga sebagai warna latar dan putih kekuningan sebagai warna kawung Masyarakat Jawa mengartikan ‘buntal’ sebagai salah satu bunga yang dapat digunakan sebagai sarana tolak-bala. 

Baca juga: Batik Parang Kusumo: Sejarah, Filosofi, Asal, & 3 Motifnya

Demikian pembahasan singkat tentang tentang motif, asal, dan makna dari batik asli Yogyakarta ini. Pada awalnya, batik ini memang hanya untuk kalangan kerajaan, tapi sekarang kita dapat memakainya dengan bebas. Jika bukan kalian Anak Nusantara yang bangga dan melestarikan batik, lalu siapa lagi?

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *