1. Museum Sejarah
  2. Museum Seni

Galeri Nasional Indonesia: Sejarah, Pameran & Harga Tiket

Galeri Nasional Indonesia merupakan tempat yang tepat bagi para penggemar seni budaya Indonesia yang ingin menikmati karya-karya seniman tanah air. Terletak di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Galeri Nasional Indonesia memiliki koleksi seni rupa Indonesia terbesar dan paling lengkap yang dapat dinikmati oleh semua orang. Anak Nusantara tertarik berkunjung? Berikut informasi lengkapnya. 

Sekilas Sejarah Galeri Nasional Indonesia Jakarta

Koleksi lukisan I Nyoman Kinigan berjudul "Sawah"
Koleksi lukisan I Nyoman Kinigan berjudul “Sawah” (sumber: Galeri Nasional Indonesia)

Galeri Nasional Indonesia didirikan pada tahun 1975 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat itu, Prof. Dr. Daoed Joesoef. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan seni budaya Indonesia kepada masyarakat Indonesia dan dunia internasional. Sejak saat itu, Galeri Nasional Indonesia telah berhasil mengumpulkan ribuan karya seni dari berbagai generasi seniman Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Galeri Nasional Indonesia memiliki tujuh ruang pamer, dua ruang auditorium, dan ruang kelas. Setiap tahunnya, galeri ini menyelenggarakan berbagai pameran seni rupa dengan tema yang berbeda-beda, yang melibatkan seniman dan pengamat seni dari seluruh Indonesia.

Beberapa karya seni yang dimiliki oleh Galeri Nasional Indonesia antara lain lukisan, patung, seni rupa terapan, seni grafis, dan media seni baru. Beberapa seniman ternama Indonesia seperti Affandi, Raden Saleh, dan Hendra Gunawan juga memiliki beberapa karya yang dipamerkan di galeri ini.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on April 4, 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

Selain itu, Galeri Nasional Indonesia juga menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti diskusi seni, lokakarya, dan pelatihan yang membantu masyarakat Indonesia memahami seni budaya Indonesia lebih dalam.

Berbagai Pameran di Galeri Nasional Indonesia

1. Pameran Temporer

Pameran seni
Pameran seni (sumber: Galeri Nasional Indonesia Jakarta on Instagram)

Di Galeri Nasional Indonesia, terdapat dua jenis pameran yang dapat dilihat, yaitu Pameran Tetap dan Pameran Temporer. Pameran Temporer adalah pameran seni yang diadakan untuk jangka waktu tertentu, biasanya selama beberapa minggu atau bulan di suatu tempat tertentu, seperti Galeri Nasional atau tempat lain yang bekerja sama dengan pihak Galeri Nasional. Pameran ini berisikan karya seni modern seperti fotografi, patung, grafis, instalasi, seni media, dan lainnya.

Pameran ini gratis untuk dikunjungi oleh masyarakat umum dan memiliki jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Galeri Nasional. Beberapa pameran yang pernah diadakan di Galeri Nasional meliputi P Open Biennale, Pameran Seni Rupa Nusantara, Asean New Media Arts Exhibition, OK Video, Jakarta Biennale, Pameran Besar Seni Rupa Indonesia: MANIFESTO, Indonesia Art Award Exhibition, Pameran Karya Anak-Anak Berprestasi, Pameran “The Jakarta International Photo Summit”, dan lain-lain, baik dari seniman dalam negeri maupun internasional.

Pameran Temporer biasakan diadakan dengan menggunakan beberapa ruang di Galeri Nasional, seperti ruang pameran Gedung A, Gedung B, dan Gedung C tergantung pada ukuran dan jenis karya seni yang dipamerkan. Untuk mengetahui jadwal Pameran Temporer yang akan datang, pengunjung dapat melihatnya lebih lengkap di website Galeri Nasional

2. Pameran Tetap

Pameran Tetap
Pameran Tetap (sumber: Galeri Nasional Indonesia on Instagram)

Pameran Tetap akan menyuguhkan pada pengunjung 109 koleksi yang telah ditetapkan sebagai koleksi negara, yang sebagian besar merupakan karya dari para maestro hebat. Pameran Temporer adalah kegiatan pameran seni tematis yang berlangsung pada periode tertentu, biasanya menampilkan karya seni modern seperti lukisan, patung, grafis, instalasi, dan lain sebagainya.

Pameran tetap dikuratori oleh Suwarno Wisetrotomo dan Citra Smara Dewi, dan dapat dinikmati secara gratis oleh pengunjung pada hari Selasa hingga Minggu. Selain melihat karya seni, pengunjung juga akan mendapatkan nilai edukasi mengenai karya seni yang dipamerkan, dan ini merupakan aktivitas yang paling sering diadakan di Galeri Nasional.

3. Pameran Keliling

Pameran Keliling adalah sebuah program yang berlangsung sekurang-kurangnya setahun sekali di dalam maupun luar negeri dengan tujuan untuk memperkenalkan eksistensi lembaga dan koleksi seni rupa Galeri Nasional Indonesia kepada masyarakat. Program ini juga berfungsi sebagai ajang peningkatan kreativitas dan apresiasi seni bagi perupa di daerah. Pameran Keliling telah diselenggarakan di berbagai kota dan negara, seperti Medan, Manado, Balikpapan, dan Kalimantan Timur untuk skala nasional, serta di Malaysia, Filipina, Bangkok, dan tempat lainnya untuk skala internasional.

Jam Operasional & Harga Tiket Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia memiliki jam operasional yang berbeda antara Pameran Tetap dan Pameran Temporer. Pameran Tetap buka dari jam 09.00 hingga 16.00 WIB, sedangkan Pameran Temporer buka dari jam 10.00 hingga 19.00 WIB. 

Selain itu, pengunjung dapat memasuki galeri dan menikmati pameran tanpa membayar tiket masuk, karena harga tiket masuk ke Galeri Nasional Indonesia gratis. Dengan jam buka yang berbeda dan tiket masuk yang gratis, galeri ini dapat dijadikan destinasi wisata yang menarik bagi para pecinta seni maupun masyarakat umum yang ingin menikmati karya seni di Galeri Nasional Indonesia.

Baca juga: Harga Tiket Museum MACAN, Jam Buka, dan Spot Foto

Nah itu tadi informasi lengkap tentang Galeri Nasional Indonesia yang dapat menjadi referensi Anak Nusantara untuk berkunjung. Bagi kamu pecinta seni dan sejarah tentunya wajib banget dong untuk datang ke tempat penuh wawasan ini. Selamat berkunjung. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Galeri Nasional Indonesia: Sejarah, Pameran & Harga Tiket

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]