1. Museum Seni

Harga Tiket Museum MACAN, Jam Buka, dan Spot Foto

Buat kamu yang lagi cari destinasi wisata di Jakarta, wajib banget untuk mengunjungi Museum Macan yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Yuk simak ulasan mengenai harga tiket Museum MACAN, jam buka, dan spot fotonya berikut ini.

Menjelajahi Koleksi Seni Modern dan Kontemporer di Museum MACAN

Museum MACAN Jakarta
Museum MACAN Jakarta (sumber: Tiket.com)

Eits, jangan salah kira kalau kamu akan melihat koleksi binatang macan disini ya. Nama MACAN yang digunakan itu merupakan singkatan dari The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini menjadi museum dengan koleksi seni modern dan kontemporer pertama di Indonesia.

Resmi dibuka sejak 4 November 2017 lalu, Museum MACAN sukses memikat pengunjung dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat menikmati hasil karya para seniman Indonesia maupun internasional. Tak hanya seni lukisan yang dipamerkan, museum ini juga memamerkan seni instalasi dan seni kontemporer lainnya dengan berbagai teknik dan medium.

Spot Foto di Museum MACAN

Harga tiket museum MACAN
Berfoto unik di Museum MACAN (Sumber: Museum Macan)

Ada banyak koleksi seni yang dipajang di Museum MACAN Jakarta yang bisa kamu nikmati juga jadi spot foto estetik-mu. Berikut beberapa ulasannya.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Maret 12, 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

1. Infinity Mirrored Room

Spot foto di Museum MACAN
Spot foto di Infinity Mirrored Room

Infinity Mirrored Room menjadi salah satu ruangan terpopuler di kalangan pengunjung Museum MACAN. Berbeda dengan ruangan yang lain, Infinity Mirrored Room berupa ruangan gelap dan kecil dengan bola warna-warni yang menyala di sekeliling ruangan sehingga kamu seakan-akan sedang berada di ruangan yang penuh dengan bintang.

2. Pameran ‘Chiharu Shiota: The Soul Trembles’

Dalam karya seniman internasional Chiharu Shiota ini, kamu bisa melihat karya seni unik berupa benang-benang yang dipadukan dengan benda-benda, seperti kapal, tangan, piano, hingga koper. Setiap warna benang memiliki makna, misalnya benang merah mengisyaratkan darah dalam tubuh manusia.

Pameran ini berlangsung hingga 30 April 2023.

3. Seven Stories

Pameran karya Lee Mingwei ini bakal bikin kamu takjub! Selain spot foto yang menarik, pengunjung juga bisa menyaksikan sendiri bagaimana sebuah karya hebat diciptakan oleh senimannya.

Jam Operasional & Harga Tiket Museum MACAN

Bagi yang ingin berkunjung, cara beli tiket museum macan cukup mudah yakni bisa dipesan secara online melalui web resmi Museum MACAN di https://www.museummacan.org, atau melalui situs beli tiket online. Kamu juga bisa membeli tiket secara langsung di lokasi melalui loket yang tersedia.

Berdasarkan informasi di laman instagramnya, harga tiket masuk Museum MACAN bervariasi tergantung usia dan waktu. Harga tiket Museum MACAN pengunjung dewasa adalah Rp70.000 di weekday dan Rp90.000 di weekend. Untuk pelajar, mahasiswa, dan lansia sebesar Rp63.000 di weekdays dan Rp81.000 di weekend. Dan untuk anak-anak sebesar Rp56.000 di weekdays dan Rp72.000 di weekend. 

Museum MACAN buka setiap Selasa-Minggu pukul 10.00 – 18.00 WIB (dengan akses terakhir di pukul 17.45 WIB). Dan tutup di hari Senin. Jadi pastikan tidak datang di waktu museum tutup yaa!

Fasilitas di Museum MACAN

Museum MACAN menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjungnya, diantaranya tempat parkir yang luas, rapi dan tertata. Tidak hanya kendaraan pribadi, namun banyak juga bus-bus sekolah yang datang karena mengajak murid-muridnya studi wisata ke museum ini. 

Tak perlu takut kebingungan arah, Museum MACAN menyediakan media informasi yang lengkap mengenai tiket, area publik, area pameran, toko museum, sculpture garden, dan lain-lain. Fasilitas berupa ruang laktasi atau menyusui, ruang penitipan barang, toilet difabel, musola, dan ruang pertolongan utama juga disediakan oleh pengelola museum.

Setelah lelah berkeliling, kamu bisa mampir ke kafe yang ada di sekitar museum untuk melepas lapar dan dahaga sebelum berkeliling kembali. Kamu juga dapat membawa pulang cinderamata-cinderamata unik sebagai hadiah dan oleh-oleh lho!

Baca juga: Museum Moja Jakarta : Harga, Lokasi, dan Rute Moja Museum

Mengunjungi Museum MACAN dijamin bakal ngasih experience yang beda dari museum lainnya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Tiket Museum MACAN, Jam Buka, dan Spot Foto

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]