1. Alat Musik Tradisional

Cara Memainkan Rebab, Sejarah, & Fungsinya

Rebab adalah salah satu alat musik yang banyak dijumpai pada acara tertentu. Rebab berasal dari wiliayah Timur Tengah yang sudah ada sejak dulu. Biasanya rebab dimainkan tidak hanya sendiri, namun beramai-ramai. Namun, tahukah kamu bagaimana cara memainkan rebab? Sebelum belajar cara memainkannya, yuk kita cari tahu bagaimana sejarah alat musik ini, fungsi, dan cara memainkannya.

Sejarah Rebab

Rebab
Rebab ketika dimainkan (sumber: Wikipedia)

Berdasarkan KBBI, rebab merupakan alat gesek yang mirip seperti biola bertali dua-tiga. Rebab termasuk alat masuk yang dimainkan dengan cara ditegakkan di lantai dan memiliki penggesek yang berada di belakang rebab.

Rebab ditulis sebagai alat musik pada kita Al Misiqi Al Kabir yang ditulis oleh Al Farabi (870-950). Beliau menyebutkan bagaimana orang Arab akrab dengan alat musik jenis gesek ini dan menyebutnya sebagai rebab.

Lalu, alat musik rebab mengalami penyebaran dan terkenal di daerah Cordoba yang merupakan pusat kekhalifahan Islam, lalu menyebar ke Eropa Barat. Seiring perkembangannya, alat musik rebab dikenal sebagai cello dan biola di Eropa. 

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Rebab masuk ke Indonesia ketika para pedagang yang berasal dari Turi dan Asia Tengah datang.  Setelah sampai di Indonesia, rebab mulai merambah ke negara-negara tetangga seperti Persia, India, dan Tiongkok.

Di Indonesia, rebab termasuk ke dalam alat musik kesenian Betawi dan kamu dapat dengan mudah menemukan alat ini sebagai instrumen pengiring pertunjukan wayang kulit dan topeng. Tidak hanya Betawi, rebab juga diakui sebagai bagian dari kesenian Jawa dan merupakan bagian penting dari gamelan yang menjadi penghias gending dan penuntut arah lagu sinden.

Berdasarkan budaya Melayu Riau, rebab dikategorikan sebagai alat musik dengan kedudukan tinggi. Dalam budaya tersebut, para penari ketika melakukan tarian akan menghadap rebab pada teater tradisional Makyong. Pemain yang menari nantinya akan duduk dan menghadap pemain rebab.

Fungsi Rebab

Rebab memiliki berbagai fungsi di dunia musik. Di Indonesia alat musik rebab ini dikategorikan sebagai instrumen yang ada pada ansambel gamelan. Instrumen dari rebab ini akan menjadi melodi dasar dan menjadi lebih bebas karena pada dasarkan rebab dapat dimainkan sendiri sehingga dapat digunakan sebagai instrumen pembuka.

Ketika rebab dimainkan, maka alat musik ini berfungsi untuk menyelaraskan cengkok nada, menginterpretasikan irama dari suara sinden, wiraswara dan penyanyi laki-laki.

Rebab memiliki fungsi pada ritual Main Puteri yang tersohor di negara Malaysia. Main Puteri ini merupakan ritual penyembuhan bagi orang yang sedang sakit. Prosesi ritual akan cukup unik, mengapa? Karena pemain rebab yang diundang dipercaya akan menyembuhkan orang sakit. 

Cara Memainkan Rebab 

Rebab dimainkan dengan cara digesek. Teknik memainkan rebab sangat penting agar menghasilkan suara yang sesuai. Berikut penjelasan bagaimana rebab dimainkan dengan cara yang sesuai:

1. Perhatikan Posisi Rebab

Memainkan rebab
Memainkan rebab (sumber: Wikipedia)

Pemain rebab dapat menempatkan posisi rebab dengan duduk tegak dan kaki bersila. Posisi rebab akan diletakkan di samping badang dengan sudut 60 deraat dan dekat dengan lutut kiri. 

Perhatikan posisi jari, empat jari akan digunakan untuk berdiri dari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking akan berfungsi untuk menekan dawai. Nah, jari yang tersisa akan menahan batang rebab agar tidak goyang. 

2. Mempelajari Teknik Gesek

Rebana dimainkan dengan cara digesek, berikut 3 teknik menggesek rebab:

1. Diglosor yakni digesek dengan arah dari kanan dan dilakukan dengan tidak terputus putus.

2. Disebit sadami, yakni teknik menggesek dari kiri dan digerakkan dengan cara terputus-putus.

3. Dikrecek, teknik ini menggesek rebab dari kanan ke kiri lalu balik ke kanan lagi. Lakukan berulang kali dengan cara yang sesuai. 

3. Teknik Tangkepan

Pada teknik ini, pemain akan membunyikan rebab dengan cara menekan ujung jari pada bagian dawai. 

4. Teknik Ornamentasi

Jenis teknik ini akan menghasilkan bunyi dari rebab yang digesek dengan cara yang berbeda. Hasil dari suaranya memiliki tingkat estetika yang tinggi. 

Baca juga: Musik Tanjidor: Gemuruh Kesenian Irama Dari Betawi

Nah sudah terjawab kan pertanyaan seputar rebab dimainkan dengan cara digesek. Itu tadi penjelasan lengkap mengenai rebab, semoga membantu kamu ya dalam memahami sejarah, fungsi, dan cara memainkan rebab.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Memainkan Rebab, Sejarah, & Fungsinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]