1. Informasi

Lagu Lir Ilir: Pencipta, Lirik, & Makna Lagunya

Hai, Anak Nusantara. Kali ini kita akan membahas secara mendalam tentang lagu lir ilir seperti penciptanya, sejarah, dan makna lagunya. Penasaran? Yuk berikut penjelasannya. 

Sekilas Mengenai Sejarah & Pencipta Lir Ilir

Lir Ilir adalah salah satu lagu daerah Jawa Tengah yang sangat populer di Indonesia. Lagu ini memiliki lirik yang dalam dan melodi yang merdu, sehingga sering dinyanyikan pada acara-acara keagamaan maupun kebudayaan.

Lagu Lir Ilir memiliki lirik yang bercerita tentang keagungan Allah dan perjalanan spiritual manusia dalam mencapai kesucian. Liriknya yang penuh dengan makna dan simbolisme ini membuat lagu ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Sejarah Lagu Lir Ilir sebenarnya tidak diketahui secara pasti, namun lagu ini telah ada sejak lama dan menjadi bagian dari warisan budaya Jawa Tengah. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pencipta lagu Lir Ilir adalah Sunan Kalijaga yang berasal dari era Kerajaan Mataram Islam pada abad ke-16, dan awalnya digunakan sebagai lagu-lagu keagamaan dalam tradisi Islam Jawa.

Artikel Terkait

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on Mei 8, 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pada masa itu, banyak pesantren dan kelompok keagamaan di Jawa Tengah yang menggunakan lagu-lagu seperti Lir Ilir sebagai sarana untuk mengajarkan ajaran Islam dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat awam. Lagu-lagu keagamaan seperti ini sering dipadukan dengan tarian dan gerakan tubuh yang bermakna simbolis, sehingga dapat meningkatkan pemahaman ajaran agama pada masyarakat yang lebih luas.

Lirik Lagu Lir Ilir

Lir ilir lir ilir tandure wong sumilir tak ijo royo royo

Tak sengguh panganten anyar

Cah angon cah angon penekna blimbing kuwi

Lunyu lunyu penekna kanggo mbasuh dodotira

Dodotira dodotira kumintir bedah ing pinggir

Dondomana jrumatana kanggo seba mengko sore

Mumpung padang rembulane mumpung jembar kalangane

Sun suraka surak hiyo

Lir ilir lir ilir tandure wong sumilir tak ijo royo royo

Tak sengguh panganten anyar

Cah angon cah angon penekna blimbing kuwi

Lunyu lunyu penekna kanggo mbasuh dodotira

Dodotira dodotira kumintir bedah ing pinggir

Dondomana jrumatana kanggo seba mengko sore

Mumpung padang rembulane mumpung jembar kalangane

Sun suraka surak hiyo

Makna Lagu Lir Ilir

Simbolisasi tentang kebaikan dan keburukan manusia

Lir Ilir pada lagu ini merupakan metafora tentang kebaikan dan keburukan manusia. Lir yang artinya “terang” atau “bersih” simbolisasi kebaikan, sedangkan ilir yang artinya “gelap” atau “kotor” simbolisasi keburukan. Pesan yang ingin disampaikan melalui simbolisasi ini adalah bahwa kehidupan manusia terdiri dari kebaikan dan keburukan, dan manusia harus mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk agar bisa hidup dengan baik dan selalu diiringi dengan kemurahan hati.

Menggambarkan perubahan dalam kehidupan

Tak ijo royo-royo pada lagu ini menggambarkan tentang keadaan hidup yang selalu berubah-ubah. Keadaan hidup yang selalu berubah ini perlu dihadapi dengan sikap optimis dan dinamis agar bisa mengikuti perubahan yang terjadi. Sementara itu, Tak senggo temanten anyar menggambarkan harapan untuk mendapatkan pasangan baru dalam hidup yang bisa melengkapi dan membantu dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Sifat manusia yang dinamis dan berani dalam mengambil tindakan

Cah angon-cah angon pada lagu ini menggambarkan sifat manusia yang tidak bisa diam dan selalu melakukan sesuatu. Hal ini perlu dilakukan agar bisa menghadapi tantangan hidup dengan baik. Penekno blimbing kuwi pada lagu ini menggambarkan keberanian seseorang dalam mengambil tindakan dan menghadapi tantangan yang dihadapinya.

Baca juga: Rasa Sayange: Lagu Kasih Sayang dari Maluku – Sejarah & Lirik

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai pencipta lagu lir ilir, lirik lagu, dan makna lagu lir ilir. Semoga dapat memperkaya wawasan kamu tentang sejarah lagu daerah di Indonesia. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Lagu Lir Ilir: Pencipta, Lirik, & Makna Lagunya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]