1. Lagu Daerah

Lagu Suwe Ora Jamu: Sejarah, Makna, & Lirik

Lagu Suwe Ora Jamu adalah salah satu lagu yang mungkin terdengar akrab ditelinga Anak Nusantara. Namun, tahukah kamu dari mana lagu ini berasal dan seperti apa maknanya? Untuk menjawab pertanyaan itu yuk berikut informasi lengkap tentang makna lagu Suwe Ora Jamu. 

Sekilas Mengenai Lagu Suwe Ora Jamu

Suwe Ora Jamu adalah sebuah lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu ini terkenal sebagai lagu pengiring tari jamu, sebuah tari tradisional yang dilakukan oleh para penari wanita yang mengenakan pakaian adat Jawa.

Lagu Suwe Ora Jamu sering dinyanyikan dalam berbagai acara, seperti pernikahan, acara keluarga, atau acara budaya. Lagu ini juga menjadi populer di kalangan masyarakat Jawa dan menjadi bagian dari identitas budaya Jawa.

Seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan menggunakan obat-obatan alami, minuman jamu semakin populer. Berbagai jenis jamu kini mudah ditemukan di pasar tradisional, toko obat, dan bahkan restoran dan kafe.

Artikel Terkait

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on Mei 8, 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, jamu juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Botol atau gelas jamu sering dihiasi dengan ukiran atau motif tradisional Jawa yang indah, sehingga menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi.

Dalam konteks budaya Jawa, jamu juga memiliki nilai-nilai spiritual yang sangat penting. Jamu dipercaya dapat membersihkan energi negatif dalam tubuh dan mengembalikan keseimbangan alam semesta. Oleh karena itu, minum jamu juga menjadi sebuah ritual atau upacara kecil yang dilakukan oleh masyarakat Jawa.

Lirik Lagu Suwe Ora Jamu

Suwe ora jamu,

Lamis ing marga,

Lamis ing sawah,

Dudu pamrih bojone,

Koyo tambang asu,

Begja ora karuan.

Suwe ora jamu,

Lamis ing pasar,

Lamis ing warung,

Dudu pamrih bojone,

Koyo lanang lemu,

Larang sak lawung.

Suwe ora jamu,

Lamis ing taman,

Lamis ing perum,

Dudu pamrih bojone,

Koyo mawar duren,

Mlayu ngundang pemikir.

Makna Lagu Suwe Ora Jamu

Ajakan untuk menjaga kesehatan

Lagu Suwe Ora Jamu mengajak pendengarnya untuk menjaga kesehatan dengan cara mengonsumsi jamu, minuman tradisional yang terbuat dari rempah-rempah dan tumbuhan herbal. Dalam budaya Jawa, jamu dipercaya memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga menjadi sebuah tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Meningkatkan kesadaran akan kearifan lokal

Lagu Suwe Ora Jamu juga mengajak pendengarnya untuk meningkatkan kesadaran akan kearifan lokal atau tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Dalam hal ini, jamu menjadi sebuah simbol dari kekayaan budaya Indonesia yang unik dan kaya akan tradisi dan nilai-nilai lokal.

Menghargai warisan nenek moyang

Lagu Suwe Ora Jamu juga mengajarkan kita untuk menghargai warisan nenek moyang kita, khususnya dalam hal menjaga kesehatan dan kecantikan dengan cara yang alami dan tradisional. Dalam konteks budaya Jawa, jamu menjadi sebuah simbol dari kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan.

Memperkuat identitas budaya

Lagu Suwe Ora Jamu juga menjadi sebuah simbol dari identitas budaya Jawa dan Indonesia secara keseluruhan. Lagu ini sering dinyanyikan dalam berbagai acara budaya, sehingga menjadi sebuah ikon atau tanda pengenal dari budaya Jawa dan Indonesia.

Baca juga: Yamko Rambe Yamko: Lagu Daerah yang Menuai Kontroversi

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai lagu daerah Suwe Ora Jamu dari Jawa Tengah. Semoga penjelasan dari Museum Nusantara dapat menambah wawasan kamu ya. Jangan lupa cek artikel dari dunia sejarah lainnya hanya di Museum Nusantara. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Lagu Suwe Ora Jamu: Sejarah, Makna, & Lirik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]