Biografi Ahmad Dahlan, Sosok Ulama Pendiri Muhammadiyah

KH Ahmad Dahlan
KH Ahmad Dahlan (Sumber: Sitimewa)
Daftar isi

Ahmad Dahlan adalah salah satu sosok yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di Indonesia. Ia merupakan tokoh penting dalam pendirian Muhammadiyah. Yuk, simak informasi tentang biografi Ahmad Dahlan selengkapnya di bawah ini!

Latar Belakang Ahmad Dahlan

Ahmad Dahlan
Foto Ahmad Dahlan (Sumber: Wikipedia)

Biografi Ahmad Dahlan bermula ketika beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 1 Agustus 1868. Pada saat masih kecil, Ahmad Dahlan memiliki nama Muhammad Darwis. Beliau adalah anak keempat dari tujuh bersaudara yang seluruhnya adalah perempuan kecuali adik bungsunya. 

Secara garis keturunan Ahmad Dahlan adalah keturunan kedua belas dari Maulana Malik Ibrahim. Maulana Malik Ibrahim sendiri adalah salah satu dari Wali Songo yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

Ketika Muhammad Darwis menyentuh umur 15, beliau pergi haji dan tinggal di Mekah selama lima tahun. Pada saat ini, Ahmad Dahlan berinteraksi dengan pemikiran-pemikiran para pembaharu dalam Islam, seperti Al-Afghani, Muhammad Abduh, Ibnu Taimiyah, dan Rasyid Ridha. Setelah periode tinggal di Mekah, Ia kembali ke kampungnya dan berganti nama menjadi Ahmad Dahlan.

Ahmad Dahlan kembali pergi ke Mekah dan menetap selama dua tahun di sana pada tahun 1903. Di Mekah, Ia berguru kepada Syekh Ahmad Khatib yang juga guru dari KH. Hasyim Asyari, Pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Setelah kembali dari Mekah, Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah pada tahun 1912 di kampung Kauman, Yogyakarta.

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Seiringan dengan kembalinya Ahmad Dahlan dari Mekah, Ia menikahi Siti Walidah, putri dari Kyai penghulu Haji Fadhil yang masih termasuk sepupunya sendiri. Siti Walidah kemudian juga dikenal dengan nama Nyai Ahmad Dahlan sebagai salah seorang Pahlawan Nasional dan pendiri organisasi Aisyiyah.

Kyai Haji Ahmad Dahlan dianugerahi dengan enam orang anak, yaitu Djohanah, Siradj Dahlan, Siti Busyro, Irfan Dahlan, Siti Aisyah, dan Siti Zaharah. Selain itu, Ahmad Dahlan juga pernah menikah dengan Nyai Abdullah, janda dari Haji Abdullah. Tidak hanya 2 kali saja, Ahmad Dahlan juga pernah menikahi  Nyai Rum, Nyai Aisyah dan Nyai Yasin dari Pakualaman Yogyakarta.

Hidup Berorganisasi

Bagian selanjutnya dalam biografi Ahmad Dahlan adalah kehidupan berorganisasi. Kyai Haji Ahmad Dahlan adalah sosok yang aktif dalam pergerakan melalui organisasi. Berikut adalah beberapa organisasi yang beliau pernah ikuti dan dirikan:

Bergabung dengan Budi Utomo

Menurut biografi Ahmad Dahlan, beliau bergabung pertama kali dengan organisasi Budi Utomo pada tahun 1909. Beliau memiliki tujuan untuk mengajar agama, maka Ahmad Dahlan bergabung dengan organisasi tersebut. Ketika bergabung dengan Budi Utomo, Ahmad Dahlan mendapat pelajaran dalam mengelola organisasi dan memberikan pelajaran-pelajaran.

Beliau adalah sosok terpelajar yang menempuh pendidikan di Mekah. Para anggota Budi Utomo merasa terbantu dengan pelajaran yang diberikan Ahmad Dahlan. Anggota Budi Utomo bahkan menyarankan Ahmad Dahlan untuk membuka sekolah sendiri yang didukung sebuah organisasi yang permanen dan rapi untuk menjaga kelangsungan sekolah.

Mendirikan Muhammadiyah

KH Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah
KH Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah (Sumber: suaramuhammadiyah)

Oleh karena saran tersebut, Ahmad Dahlan kemudian mendirikan sebuah organisasi bernama Muhammadiyah pada tanggal 18 November 1912. Muhammadiyah bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial. 

Ahmad Dahlan menggunakan Muhammadiyah sebagai sarana untuk memajukan pendidikan dan membangun masyarakat Islam. KH. Ahmad Dahlan memiliki pandangan bahwa Islam perlu dipandang menggunakan kacamata modern sesuai dengan tuntutan zaman.

Ahmad Dahlan mengajarkan untuk membaca Al Qur’an dengan terjemahan serta tafsiran supaya masyarakat tidak hanya membaca atau pandai melantunkan Qur’an saja, tapi supaya masyarakat dapat mengerti makna dari apa yang mereka baca.

Beliau mengajarkan supaya masyarakat dapat mengamalkan ayat Qur’an dalam perbuatan sehari-hari. Menurut Ahmad Dahlan, masyarakat sebelumnya hanya mempelajari Islam tanpa memaknai dan mendalami isi ajarannya, sehingga pengamalan Islam kurang terjadi dalam masyarakat.

Dalam biografi Ahmad Dahlan, Kyai Haji Ahmad Dahlan adalah sosok yang melakukan reformasi pada sistem pendidikan kala itu, terutama pesantren. Beliau merasa bahwa pesantren sebelumnya tidak efektif dan tidak jelas jenjang pembelajarannya. Pesantren tradisional hanya mengutamakan hafal dan tidak mempelajari ilmu pengetahuan umum lainnya.

Beliau kemudian membangun sekolah-sekolah Islam yang memberikan pelajaran berupa pengetahuan sampai bahasa Belanda. Begitu pula sebaliknya, Ahmad Dahlan memasukkan pelajaran agama di sekolah – sekolah umum.

Semasa hidupnya, Ahmad Dahlan membangun dan mengembangkan sekolah – sekolah di Jawa. Tidak hanya itu, beliau juga berjasa dalam mendirikan banyak rumah sakit, poliklinik, masjid, sampai rumah yatim piatu.

Ahmad Dahlan meningkatkan proses dakwahnya sesuai dengan ajaran pembaharuan yang Ia dapatkan di Mekah. Ia memurnikan ajaran Islam dari percampuran ajaran lainnya. Hal ini dikarenakan Ahmad Dahlan memiliki paham bahwa semua ibadah diharamkan kecuali ibadah yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad.

Mendirikan Aisyiyah

Bersama istrinya yang bernama Nyai Ahmad Dahlan, beliau mendirikan sebuah organisasi bernama Aisyiyah pada tahun 1918. Organisasi ini merupakan organisasi khusus kaum wanita dan merupakan bagian dari organisasi Muhammadiyah.

Mendirikan Hizbul Wathan

Menurut biografi Ahmad Dahlan, beliau juga tidak lupa membentuk sebuah organisasi untuk para pemuda yang bernama Hizbul Wathan, saat ini sering kita kenal sebagai Pramuka. Dalam organisasi ini para pemuda diajari untuk melakukan kegiatan baris-berbaris menggunakan genderang, topi, dasi, dan celana pendek. Hizbul Wathan sendiri bahkan juga menggunakan seragam yang sama seperti seragam pramuka saat ini.

Tujuan pembentukan Hizbul Wathan sendiri adalah sebagai tempat bagi para pemuda untuk mengenyam pendidikan. Kaum muda adalah bunga harapan bangsa di masa depan. Hal ini juga menunjukkan bahwa ajaran Islam merupakan ajaran yang progresif yang dapat mengikuti perkembangan zaman.

Akhir Hidup KH. Ahmad Dahlan

Bagian terakhir dari biografi Ahmad Dahlan adalah akhir hidup beliau. Kyai Haji Ahmad Dahlan meninggal pada tanggal 23 Februari 1923 ketika Ia berumur 54 tahun. Beliau wafat di Yogyakarta dan dimakamkan di kampung Karangkajen, Brontokusuman daerah Mergangsan, Yogyakarta.

Oleh karena beliau berjasa dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, Kyai Haji Ahmad Dahlan diberi gelar kehormatan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia yang diberikan pada tanggal 27 Desember 1961 sesuai dengan surat keputusan RI No.657. 

Kisah beliau bahkan pernah masuk ke layar lebar pada tahun 2010. Film tersebut berjudul “Sang Pencerah”. Sang Pencerah menceritakan tentang biografi Ahmad Dahlan dan bagaimana terbentuknya Muhammadiyah di Indonesia.

Demikian pembahasan Museum Nusantara mengenai biografi Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah. Beliau sangat memperhatikan perkembangan pendidikan di Indonesia dan menaruh harapan besar pada generasi penerus. Semoga penjelasan Munus kali ini membantu kalian untuk mempelajari sejarah tentang beliau!

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *