1. Monumen

Sejarah Tugu Khatulistiwa, Ikon Unik Kota Pontianak Utara

Tugu Khatulistiwa terdapat di kota Pontianak Timur terletak di Jl. Khatulistiwa telah menjadi ikon unik bagi wisatawan. Tujuan dibangunnya tugu ini adalah sebagai tanda letak nol derajat garis khatulistiwa. Yuk kita bahas selengkapnya mengenai tugu khas kota Pontianak ini.

Sejarah Tugu Khatulistiwa, Ikon Unik Penanda Garis Khatulistiwa

Pengukuran letak titik oleh ahli geografi dari Belanda yang masih menggunakan alat sederhana
Pengukuran letak titik oleh ahli geografi dari Belanda yang masih menggunakan alat sederhana (sumber: Indonesia Kaya)

Sejarah tugu Khatulistiwa menurut catatan dari Bijdragentot De Geographe dan Chep Van den topographeschen dien in Nederlandsch Indie: Den 3 Sten Maart 1928 mengatakan bahwa pembentukan tugu dimulai ketika seorang ahli geografi menemukan tonggak garis equator. Pada titik ini dibangunlah tugu sederhana yang dikenal dengan nama patok. Seiring perkembangan waktu, tugu ini mengalami penyempurnaan dengan digantinya tanda panah menjadi lingkaran. 

Tidak berhenti sama disitu, tugu tersebut direnovasi kembali oleh seorang arsitek bernama Silaban. Beliau membuat bangunan tugu menjadi lebih rumit dengan empat tonggak kayu belian. 

Pada tahun 1990-an tugu kemudian direnovasi dengan dibangunnya tugu Khatulistiwa duplikat dengan ukuran yang 5 kali lebih besar dari aslinya. Terdapat pula dua tonggak yang menjadi tempat lingkaran dan anak panah dengan tinggi 22 m dan lebar 1,5 m.  Pada Maret 2005, bangunan ini mengalami koreksi oleh BPPT pada titik penentuan lokasi garis khatulistiwanya. 

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Meski pernah terjadi koreksi karena perbedaan hasil titik tugu lebih dari 1167 meter, BPPT mengatakan bahwa titik yang ditetapkan ahli Belanda pada saat itu sudah hampir tepat walau dengan alat yang masih sederhana dan terbatas. 

Koleksi dalam Museum Tugu Khatulistiwa

Koleksi di dalam Tugu Khatulistiwa
Koleksi di dalam Tugu Khatulistiwa (sumber: Indonesia Kaya)

Di dalam tugu terdapat banyak koleksi benda-benda bersejarah peninggalan Belanda dan juga hasil objek fotografi mengenai sejarah berdirinya Tugu Khatulistiwa. Ketika berkunjung, kamu akan menikmati koleksi tugu layaknya berada di museum.

Pemerintah Hindia Belanda awalnya membuat tugu ini dari kayu besi. Karena telah mengalami beberapa kali renovasi, tugu asli terletak berada di ruang tengah. Pada bagian dinding, kamu akan disuguhkan kolek-koleksi fotografi yang indah terletak di dalam kubah. Koleksi foto-foto tersebut diambil sekitar pada tahun 1930-an hingga masa reformasi. 

Selain itu, ada berbagai koleksi data ilmu astronomi bagi kamu pecinta sains seperti matahari, tata surya, dan bumi. Berbagai tokoh-tokoh penting baik dari luar negeri maupun dalam negeri telah berkunjung ke tugu Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa sebagai Identitas

Pontianak adalah kota khatulistiwa yang dilewati oleh garis nol derajat yang menjadi identitas pembentuk ikon kota ini. Lahirnya tugu tersebut telah menjadi salah satu penumbuh komunitas dan identitas kota. Sejarahnya yang panjang dan mengalami berbagai renovasi serta interaksinya dengan masyarakat mampu menumbuhkan identitas yang unik bagi kota Pontianak. 

Tugu Khatulistiwa pada saat ini tidak hanya menjadi identitas unik Kota Pontianak, namun juga identitas nasional karena penerimaan masyarakat dari luar terhadap museum ini. Pada tanggal 21-23 Maret dan 3 September diperingati sebagai hari kulminasi matahari di tugu ini. Bagi kamu yang belum tahu apa itu kulminasi, jadi kulminasi adalah posisi pada saat matahari tepat berada di garis khatulistiwa yang menyebabkan barang-barang tidak memiliki bayangan.

Baca juga: Mengenal Sejarah Tugu Lawet Kebumen & Maknanya

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai tugu Khatulistiwa sebagai ikon untuk kota Pontianak. Tugu ini telah mampu berinteraksi dengan berbagai komunitas dan menghasilkan identitas unik baik bagi masyarakat sekitar maupun luar. Jika kamu berkunjung ke Pontianak Utara, jangan lupa berkunjung ke tugu bersejarah ini ya.

Reaksi orang terhadap cerita ini.

Komentar untuk: Sejarah Tugu Khatulistiwa, Ikon Unik Kota Pontianak Utara
  • Agustus 30, 2023

    Anda telah memberi saya banyak hal untuk dipertimbangkan, terima kasih atas postingan yang bijaksana.

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

Trending

Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]