Menikmati Pesona Sunset di Kawasan Candi Ratu Boko

pesona sunset di candi ratu boko
Bersantai sore hari di kawasan Candi Ratu Boko merupakan penawaran menarik untuk kalian yang ingin berlibur ke Yogyakarta
Daftar isi

Candi Ratu Boko sebagai salah satu kompleks candi yang terkenal di Yogyakarta. Berwisata ke Yogyakarta tentu saja tidak afdol kalau tidak berkeliling ke tempat-tempat bersejarah. Yogyakarta memang terkenal dengan peninggalan sejarah berupa candi atau stupa yang sangat cantic dan memiliki cerita yang melegenda.

Keindahan dan sebuah pemandangan yang unik dapat Anak Nusantara temui di Candi Ratu Boko. Bagaimana tidak? Candi ini menawarkan pemandangan Sunset yang indah. Sunset Candi Ratu Boko memiliki pemandangan yang luar biasa. Seperti di kompleks Candi Prambanan, namun ternyata Sunset di Candi Ratu Boko ini terlihat lebih menawan dan sayang untuk dilewatkan.

Fakta Sejarah Candi Ratu Boko

Sejarah Candi Ratu Boko berawal dari sebuah Istana yang tidak jauh dari Kawasan Candi Prambanan hanya berjarak 3 km kearah selatan Kawasan Candi Prambanan dan terletak di atas bukit kurang lebih 195,97 m di atas permukaan laut. Candi ratu boko juga sering dinamakan kraton Ratu Boko yang merupakan Ratu di Istana Ratu Boko.

prasasti abhayagiriwihara - Candi Ratu Boko
Prasasti Abhayagiriwihara, oleh borobudurpark,com

Dibangun oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha pada abad ke-8 M, pada saat itu tempat ini digunakan oleh Rakai Panangkaran untuk menyepi. Pada saat itu, Candi Ratu Boko Jogja ini diambil alih oleh Raja-raja dari Mataram Hindu, hal ini menyebabkan bangunan Kraton Boko kemudian berubah dan dipengaruhi oleh ajaran Buddhisme dan Hinduisme.

Disini ditemukan sebuah Prasasti Abhayagiriwihara pada tahun 792 Masehi, dan menandakan bahwa Sejarah Candi Ratu Boko yang sebenarnya dibangun oleh Rakai Panangkaran. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Kompleks Kawasan Candi Ratu Boko

candi ratu boko
Kompleks Candi Ratu Boko, oleh ksmtour,com

Gerbang

Terbagi dari beberapa kompleks yang indah, terdiri dari 2 gerbang luar dan di dalamnya merupakan gerbang yang lebih kecil dan merupakan gerbang utama keraton. Di sebelah barat candi, terdapat gapura utama yang terdiri dari 3 gapura Paduraksa yang disusun berjajar. Gapura utama juga dapat dijumpai di dalam candi, yang terdiri dari 5 buah gapura Paduraksa. Meski ada 5 gapura, ini hanyalah 3 tangga yang dapat menghubungkan gapura dari gebang luar dan dihiasi dengan bunga dan sulur.

Candi Batu Kapur

Candi yang memiliki pondasi dasar bangunan yang berasal dari Batu Kapur, namun bagian atas dari candi ini sudah tidak berwujud atau tidak tersisa lagi. Berjarak 45m dari gerbang utama ke arah timur laut.

Kuli Pembakaran

Merupakan teras yang memiliki tinggi 3 meter dan berjarak 37m ke arah timur laut dari gerbang utama. Kuli ini berbentuk persegi dan teras kedua memiliki luas yang lebih kecil dari teras pertama. Diperkuat dengan banyak bebatuan berasal dari sungai dan ditengah-tengahnya memiliki struktur yang mirip dengan teras untuk membakar mayat. Terdapat sumur tua yang berisi air suci di sudut tenggara, air ini digunakan untuk ritual.

Paseban

Merupakan sebuah istana yang biasa digunakan untuk menemui Raja. Terletak 45 meter di bagian selatan dari gerbang utama, dan dibangun menghadap ke arah utara dan selatan. Memiliki tangga menuju paseban yang berada di sebelah barat. Di Sekitar paseban terdapat sebuah Yayasan yang menandakan bahwa paseban yang berada di Kawasan candi ratu boko jogja merupakan sebuah istana dengan struktur yang sangat tertutup.

ilustrasi dewa brahwa wisnu dan siwa
Ilustrasi Gambar dari Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa, oleh jawakuno,com

Pendapa

Terdapat dinding batu setinggi 5 meter berjarak 20 meter arah selatan paseban. dinding ini membentuk gerbang kompleks. Pendapa yang merupakan pavilion untuk para tamu, biasanya diletakkan di depan rumah. Dan pendapa ini terletak di sisi utara, barat, dan selatan yang merupakan puntu masuk gapura Paduraksa. Terdapat jawaladra yang merupakan jalur air. Di luar tembok pendapa terdapat 3 kuil yang biasa digunakan untuk ibadah. Kuil terbesar digunakan untuk menyembah Dewa Wisnu, dan lainnya untuk Brahma dan Siwa.

Keputren

Keputren yang terletak di bagian timur pendapa ini, digunakan oleh putri dari kerajaan. Dibagi oleh dua dinding batu yang mana bagian utama memiliki tiga kolam persegi, dan bagian kedua memiliki 8 kolam yang berbentuk lingkaran dan berjajar dalam tiga baris.

Goa

Disini juga terdapat sebuah Goa yang terletak di lereng bukit. Goa itu bernama Goa Lanang yang berbentuk persegi dan terdapat ukiran seperti bingkai pada dinding dan Goa Wadon yang memiliki ukuran lebih kecil dari Goa Lanang. 

Daya Tarik Candi Ratu Boko

Kawasan Candi ini sendiri merupakan Kawasan keraton yang lengkap daripada kerajaan lainnya. Terdiri dari gerbang , pendopo, istana utama, kolam pemandian, hingga pagar pelindung, bahkan memiliki tempat untuk putri kerajaan. 

Disini juga memiliki pemandangan sawah dan candi lain yang mempesona dengan udara sejuk dan pepohonan yang serba hijau sehingga sungguh enak dilihat mata. Di lokasi candi ratu book ini, terdapat kursi-kursi yang disediakan oleh pohak pengelola untuk melihat keindahan Kawasan ini. Biasanya, kursi-kursi ini menjadi spot menarik untuk foto.

Selain pemandangan yang indah, terdapat hal yang selalu dinantikan oleh pengunjung Candi. Pemandangan sunset Candi Ratu Boko yang cantic dan tiada duanya. Menampilkan warna yang orange mencolok dan sunset di candi ratu boko ini memberikan hasil foto siluet yang terbaik. Namun karena ini merupakan keindahan alam, terkadang kita tidak mendapat momen terbaik ini, dan jika anda mendapatkan momen yang indah ini, ini menandakan bahwa anda adalah orang-orang yang beruntung jika anda mendapatkan pemandangan Sunset di tempat ini.

pesona sunset di candi ratu boko
Pesona Sunset di Candi Ratu Boko, oleh IG @syamsulhudayudha

Lokasi dan rute

Terletak tidak jauh dari Kawasan Candi Prambanan, yaitu berada di Jl. Raya Piyungan no. KM 2 Gatak, Bokoharjo, Prambanan,Sleman, Yogyakarta. Karena berada di jalanan utama, tentu tidak sulit bagi anda untuk mengunjungi Kawasan candi. Anda bisa menggunakan angkutan umum dari Yogyakarta lalu menggunakan ojek dari prambanan ke ratu boko.

Dari Stasiun kereta Tugu, anda dapat menyewa taksi atau bahkan menyewa mobil. Berjarak 30 menit saja anda bisa langsung menuju ke titik lokasi Candi Ratu Boko. Terdapat transportasi umum di jalur bus Transjogja 1A, lalu anda bisa naik bus dari halte Mangkubumi hingga sampai halte bus pasar prambanan, setelah itu anda bisa naik ojek hingga ke Istana Ratu Boko.

Jika dari Bandara, anda juga bisa menaiki taksi atau menyewa mobil. Berjarak 8,5 km saja, anda bisa langsung menuju titik destinasi wisata anda. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, maka anda bisa menuju arah timur dari Jalan raya utama jogja solo. Anda harus menuju ke arah timur hingga menemukan persimpangan tiga arah pasar prambanan. Kemudian anda ambil arah Prambanan – Jalan Piyungan. Kurang lebih sekitar 3 km anda dapat melihat sebuah tanda menuju Istana Ratu Boko yang terletak di sisi kiri jalan dan berada di atas bukit.

Harga Tiket dan Jam Buka

Di Kawasan Candi Ratu Boko Jogja memiliki cuaca yang terik di siang hari, sehingga sangat disarankan anda mengunjungi tempat ini di pagi hari pukul 06.00-10.00 WIB atau sore hari pukul 15.00-16.00 WIB saja. Jam operasional dari Candi Ratu Boko yaitu dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Untuk tarif tiket anda dapat melihat pada tabel di bawah ini:

KategoriHarga Tiket
Wisatawan Dewasa (Lokal)Rp 40.000 / orang
Wisatawan Anak-anak (Lokal)Rp 20.000 / orang
Wisatawan Mancanegara25 USD
Parkir MotorRp 3000 / motor
Parkir MobilRp 10.000 / mobil

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *