1. Candi
  2. Kerajaan

Menikmati Pesona Sunset di Kawasan Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko sebagai salah satu kompleks candi yang terkenal di Yogyakarta. Berwisata ke Yogyakarta tentu saja tidak afdol kalau tidak berkeliling ke tempat-tempat bersejarah. Yogyakarta memang terkenal dengan peninggalan sejarah berupa candi atau stupa yang sangat cantic dan memiliki cerita yang melegenda.

Keindahan dan sebuah pemandangan yang unik dapat Anak Nusantara temui di Candi Ratu Boko. Bagaimana tidak? Candi ini menawarkan pemandangan Sunset yang indah. Sunset Candi Ratu Boko memiliki pemandangan yang luar biasa. Seperti di kompleks Candi Prambanan, namun ternyata Sunset di Candi Ratu Boko ini terlihat lebih menawan dan sayang untuk dilewatkan.

Fakta Sejarah Candi Ratu Boko

Sejarah Candi Ratu Boko berawal dari sebuah Istana yang tidak jauh dari Kawasan Candi Prambanan hanya berjarak 3 km kearah selatan Kawasan Candi Prambanan dan terletak di atas bukit kurang lebih 195,97 m di atas permukaan laut. Candi ratu boko juga sering dinamakan kraton Ratu Boko yang merupakan Ratu di Istana Ratu Boko.

prasasti abhayagiriwihara - Candi Ratu Boko
Prasasti Abhayagiriwihara, oleh borobudurpark

Dibangun oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha pada abad ke-8 M, pada saat itu tempat ini digunakan oleh Rakai Panangkaran untuk menyepi. Pada saat itu, Candi Ratu Boko Jogja ini diambil alih oleh Raja-raja dari Mataram Hindu, hal ini menyebabkan bangunan Kraton Boko kemudian berubah dan dipengaruhi oleh ajaran Buddhisme dan Hinduisme.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Disini ditemukan sebuah Prasasti Abhayagiriwihara pada tahun 792 Masehi, dan menandakan bahwa Sejarah Candi Ratu Boko yang sebenarnya dibangun oleh Rakai Panangkaran. 

Kompleks Kawasan Candi Ratu Boko

candi ratu boko
Kompleks Candi Ratu Boko, oleh ksmtour

Gerbang

Terbagi dari beberapa kompleks yang indah, terdiri dari 2 gerbang luar dan di dalamnya merupakan gerbang yang lebih kecil dan merupakan gerbang utama keraton. Di sebelah barat candi, terdapat gapura utama yang terdiri dari 3 gapura Paduraksa yang disusun berjajar. Gapura utama juga dapat dijumpai di dalam candi, yang terdiri dari 5 buah gapura Paduraksa. Meski ada 5 gapura, ini hanyalah 3 tangga yang dapat menghubungkan gapura dari gebang luar dan dihiasi dengan bunga dan sulur.

Candi Batu Kapur

Candi yang memiliki pondasi dasar bangunan yang berasal dari Batu Kapur, namun bagian atas dari candi ini sudah tidak berwujud atau tidak tersisa lagi. Berjarak 45m dari gerbang utama ke arah timur laut.

Kuli Pembakaran

Merupakan teras yang memiliki tinggi 3 meter dan berjarak 37m ke arah timur laut dari gerbang utama. Kuli ini berbentuk persegi dan teras kedua memiliki luas yang lebih kecil dari teras pertama. Diperkuat dengan banyak bebatuan berasal dari sungai dan ditengah-tengahnya memiliki struktur yang mirip dengan teras untuk membakar mayat. Terdapat sumur tua yang berisi air suci di sudut tenggara, air ini digunakan untuk ritual.

Paseban

Merupakan sebuah istana yang biasa digunakan untuk menemui Raja. Terletak 45 meter di bagian selatan dari gerbang utama, dan dibangun menghadap ke arah utara dan selatan. Memiliki tangga menuju paseban yang berada di sebelah barat. Di Sekitar paseban terdapat sebuah Yayasan yang menandakan bahwa paseban yang berada di Kawasan candi ratu boko jogja merupakan sebuah istana dengan struktur yang sangat tertutup.

ilustrasi dewa brahwa wisnu dan siwa
Ilustrasi Gambar dari Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa, oleh jawakuno

Pendapa

Terdapat dinding batu setinggi 5 meter berjarak 20 meter arah selatan paseban. dinding ini membentuk gerbang kompleks. Pendapa yang merupakan pavilion untuk para tamu, biasanya diletakkan di depan rumah. Dan pendapa ini terletak di sisi utara, barat, dan selatan yang merupakan puntu masuk gapura Paduraksa. Terdapat jawaladra yang merupakan jalur air. Di luar tembok pendapa terdapat 3 kuil yang biasa digunakan untuk ibadah. Kuil terbesar digunakan untuk menyembah Dewa Wisnu, dan lainnya untuk Brahma dan Siwa.

Keputren

Keputren yang terletak di bagian timur pendapa ini, digunakan oleh putri dari kerajaan. Dibagi oleh dua dinding batu yang mana bagian utama memiliki tiga kolam persegi, dan bagian kedua memiliki 8 kolam yang berbentuk lingkaran dan berjajar dalam tiga baris.

Goa

Disini juga terdapat sebuah Goa yang terletak di lereng bukit. Goa itu bernama Goa Lanang yang berbentuk persegi dan terdapat ukiran seperti bingkai pada dinding dan Goa Wadon yang memiliki ukuran lebih kecil dari Goa Lanang. 

Daya Tarik Candi Ratu Boko

Kawasan Candi ini sendiri merupakan Kawasan keraton yang lengkap daripada kerajaan lainnya. Terdiri dari gerbang , pendopo, istana utama, kolam pemandian, hingga pagar pelindung, bahkan memiliki tempat untuk putri kerajaan. 

Disini juga memiliki pemandangan sawah dan candi lain yang mempesona dengan udara sejuk dan pepohonan yang serba hijau sehingga sungguh enak dilihat mata. Di lokasi candi ratu book ini, terdapat kursi-kursi yang disediakan oleh pohak pengelola untuk melihat keindahan Kawasan ini. Biasanya, kursi-kursi ini menjadi spot menarik untuk foto.

Selain pemandangan yang indah, terdapat hal yang selalu dinantikan oleh pengunjung Candi. Pemandangan sunset Candi Ratu Boko yang cantic dan tiada duanya. Menampilkan warna yang orange mencolok dan sunset di candi ratu boko ini memberikan hasil foto siluet yang terbaik. Namun karena ini merupakan keindahan alam, terkadang kita tidak mendapat momen terbaik ini, dan jika anda mendapatkan momen yang indah ini, ini menandakan bahwa anda adalah orang-orang yang beruntung jika anda mendapatkan pemandangan Sunset di tempat ini.

pesona sunset di candi ratu boko
Pesona Sunset di Candi Ratu Boko, oleh IG @syamsulhudayudha

Lokasi dan rute

Terletak tidak jauh dari Kawasan Candi Prambanan, yaitu berada di Jl. Raya Piyungan no. KM 2 Gatak, Bokoharjo, Prambanan,Sleman, Yogyakarta. Karena berada di jalanan utama, tentu tidak sulit bagi anda untuk mengunjungi Kawasan candi. Anda bisa menggunakan angkutan umum dari Yogyakarta lalu menggunakan ojek dari prambanan ke ratu boko.

Dari Stasiun kereta Tugu, anda dapat menyewa taksi atau bahkan menyewa mobil. Berjarak 30 menit saja anda bisa langsung menuju ke titik lokasi Candi Ratu Boko. Terdapat transportasi umum di jalur bus Transjogja 1A, lalu anda bisa naik bus dari halte Mangkubumi hingga sampai halte bus pasar prambanan, setelah itu anda bisa naik ojek hingga ke Istana Ratu Boko.

Jika dari Bandara, anda juga bisa menaiki taksi atau menyewa mobil. Berjarak 8,5 km saja, anda bisa langsung menuju titik destinasi wisata anda. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, maka anda bisa menuju arah timur dari Jalan raya utama jogja solo. Anda harus menuju ke arah timur hingga menemukan persimpangan tiga arah pasar prambanan. Kemudian anda ambil arah Prambanan – Jalan Piyungan. Kurang lebih sekitar 3 km anda dapat melihat sebuah tanda menuju Istana Ratu Boko yang terletak di sisi kiri jalan dan berada di atas bukit.

Harga Tiket dan Jam Buka

Di Kawasan Candi Ratu Boko Jogja memiliki cuaca yang terik di siang hari, sehingga sangat disarankan anda mengunjungi tempat ini di pagi hari pukul 06.00-10.00 WIB atau sore hari pukul 15.00-16.00 WIB saja. Jam operasional dari Candi Ratu Boko yaitu dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Untuk tarif tiket anda dapat melihat pada tabel di bawah ini:

KategoriHarga Tiket
Wisatawan Dewasa (Lokal)Rp 40.000 / orang
Wisatawan Anak-anak (Lokal)Rp 20.000 / orang
Wisatawan Mancanegara25 USD
Parkir MotorRp 3000 / motor
Parkir MobilRp 10.000 / mobil

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Menikmati Pesona Sunset di Kawasan Candi Ratu Boko

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]