Alicia josephine Hello, I am a girl who love new challenge. Graduated from college majoring in English with Journalist concentrated. Yes! I like writing. I can write anywhere, everywhere in anytime.

Informasi Destinasi Wisata ke Taman Air Tirta Gangga di Bali

2 min read

taman air tirta gangga

Istana Air Tirta Gangga Bali yang tergolong wisata populer di Bali yang memiliki kolam air suci.  Bali dengan wisatanya yang menawan dan menarik, tentu saja tidak cukup hanya 1-2 hari menikmati seluruh keindahan wisata alam disana. Memiliki banyak sekali penawaran objek wisata yang dapat memberikan sensasi baru dengan berbagai ragam tujuan wisata.

Di komplek Taman Air Tirta Gangga Bali, terdapat berbagai macam fasilitas yang diberikan seperti adanya Hotel, Restoran, ATM, dan pusat informasi. Segala keindahan taman air yang diberikan di sini menjadikannya sebuah tempat wisata yang wajib masuk dalam list kamu.

Sejarah Taman Tirta Gangga Bali

Taman ini dibangun oleh Raja Karangasem yang memerintah pada tahun 1946 bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Nama dari taman air ini diartikan Tirta sebagai air suci dan Gangga adalah sungai. Sungai itu berada di India dan merupakan sungai yang disucikan. Pura yang memiliki air suci ini mengingatkan Munus pada pura Tanah Lot yang juga memiliki air yang berbeda di dalamnya.

pengunjung tirta gangga di bali
Para Pengunjung Taman Air Tirta Gangga Bali, foto oleh IG @maleta_perdida

Sesuai dari namanya, taman air ini memiliki kolam besar yang berisikan air suci. Dengan segala pembangunan dan renovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Karangasem, membuatnya menjadi lebih indah. Hal ini dilakukan tidak tanpa alasan, dikarenakan taman air ini sempat rusak akibat letusan Gunung Agung yang terjadi tahun 1963. Meski telah dilakukan renovasi dan pembangunan kembali, tentu tidak merusak karakter dan ciri khas dari Taman Tirta Gangga Bali. Maka dari kejadian ini pemerintah kemudian menjadikannya sebagai Kawasan wisata.

Daya Tarik Wisata Tirta Gangga Bali

Ketika memasuki kawasan wisata taman air ini kamu didengarkan oleh kesegara suara gemericik air. Kamu akan merasakan hati yang lebih tenang dan tentram. Ajaibnya taman air ini tidak pernah surut air meski sedang mengalami musim kemarau.

Memiliki kebun, kolam air, dan patung 3 tingkatan. Pada bangunan tertinggi memiliki mata air yang berada di bawah pohon beringin. Bangunan level kedua terdapat kolam renang yang di desain gaya masa lalu dan dibawahnya terdapat kolam hias. Terdapat pula air mancur yang memiliki patung prajurit sedang memegang gada dan dikelilingi oleh menara air. Menara tersebut terlihat seperti kuncup bunga teratai. Pada kolam air besar itu juga terdapat batu untuk pengunjung berjalan di atas kolam tersebut. Kawasan kolam air merupakan Kawasan yang paling ramai dikunjungi. Memiliki spot foto yang instagramable bisa Anak Nusantara dapatkan di sana. Selain arsitektur yang indah juga terdapat ikan mas di dalamnya yang menambah keindahan tempat ini.

Mengapa sumber air di Pura Tirta Gangga Bali tidak pernah habis? Itu karena di daerah sana terdapat perbukitan di beberapa penjuru kawasan Timur Bali yang hanya berjarak 83 km dari Denpasar. Tak hanya itu, tetapi di kawasan itu memiliki pepohonan yang rapat. Terdapat pula persawahan, letaknya yang berada di kaki gunung Agung serta Pura juga memiliki cekungan air tanah yang terus terjaga.

Tips Berkunjung

taman air tirta gangga bali
Pura Tirta Gangga Bali, foto oleh IG @taniaflowers_canada

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata ini maka kamu wajib mencoba untuk berenang di Taman Air ini. Kolam renangnya memiliki air yang segar, sejuk, bening dan memiliki kesan unik dari kolam buatan manusia pada umumnya. Namun jika ingin berenang, kamu harus membayar ekstra untuk dapat menikmati air segar dari wisata taman air ini. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti agar tidak masuk angin setelah berenang di kolam renangnya.

Selain itu Munus merekomendasikan kamu menyewa jasa mobil atau menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi Taman Air Tirta Gangga Bali. Lokasi tempatnya yang lumayan jauh dan terpencil membuat akses kesana sedikit sulit.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Taman Tirta Gangga Bali terletak di Kabupaten Karangasem, lebih tepatnya terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang. Kabupaten Karangasem terletak sekitar 5 km di sebelah utara pusat kota Amlapura atau Kawasan wisata Bali sebelah Timur. Jika kamu menginap di daerah Kuta, maka jaraknya sekitar 75 km dan memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Selain taman air, di Karangasem juga terdapat berbagai destinasi searah seperti Rumah Pohon, Candidasa, Rafting, Besakih, dan lain sebagainya.

Dikarenakan tempat yang jauh, lebih baik kamu menggunakan atau menyetir kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Berikut ini adalah rute menuju Pura Tirta Gangga Bali:

  1. Kamu dapat melalui perjalanan menuju Kabupaten Karangasem terlebih dahulu. Kabupaten ini terletak di pulau Bali bagian timur.
  2. Lalu kamu akan melewati Jl. Serma Natih dan Jl. Abang – Amlapura, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 11 menit untuk melalui jalan tersebut.
  3. Jalan alternatif lain adalah kamu bisa melalui Jl. Abang-Amlapura atau Jl. Raya Tirta Gangga. Jika kamu melewati jalan ini, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 13 menit untuk menuju objek wisata
  4. Anak Nusantara bisa menggunakan google maps atau aplikasi penunjuk arah lain untuk langsung menuju titik wisata.

Informasi Tiket dan Jam Buka

Tempat wisata Pura Tirta Gangga Bali ini buka dari pukul 08.00-18.00 WITA. Biasanya tempat ini ramai saat pukul 12.00-16.00 WITA. Pengunjung pada umumnya menghabiskan waktu berkunjung kurang lebih 1-2 jam.

Untuk memasuki tempat wisata kamu akan dikenakan biaya tiket seperti tabel yang tertera di bawah ini:

KategoriHarga
Wisatawan Mancanegara (WNA)Rp 40.000/orang
Wisatawan Lokal  (WNI)Rp 25.000/orang
Wisatawan AnakRp 15.000/orang
Biaya masuk Kolam RenangRp 6000/orang

Last Updated on Oktober 19, 2020

Alicia josephine Hello, I am a girl who love new challenge. Graduated from college majoring in English with Journalist concentrated. Yes! I like writing. I can write anywhere, everywhere in anytime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll up