Museum Bank Indonesia Kota Tua adalah yang Pertama!

Gedung Museum Bank Indonesia Kota Tua, Foto oleh @b.I.chong
Gedung Museum Bank Indonesia Kota Tua, Foto oleh @b.I.chong
Bank Indonesia dibentuk dengan menggantikan fungsi dan peran De Javasche Bank, dan sebagai bank sentral Indonesia.
Daftar isi

Bangunan dari Museum Bank Indonesia Kota Tua adalah tempat BI pertama kali ada di Indonesia. Dengan menempati gedung yang dulunya Bank Indonesia Kota dan merupakan cagar budaya dari peninggalan De Javasche Bank. Sedikit kilas balik di era pemerintahan Hindia-Belanda, gedung Museum Bank Indonesia ini sudah didirikan pertama kali pada tahun 1828.

Namun pada tahun 1625, di lokasi ini pun pernah dibangun sebuah gereja protestan yang sederhana. Tidak bertahan lama gereja ini dibongkar karena digunakan untuk tempat Meriam besar ketika Sultan Agung menyerang Batavia untuk pertama kalinya.

Setelah sekitar satu abad setelahnya di tahun 1953, Bank Indonesia dibentuk dengan menggantikan fungsi dan peran De Javasche Bank, dan sebagai bank sentral. Dimana sebagai bank sentral, fungsi Bank Indonesia memiliki tiga yang utama yaitu di bidang perbankan, bidang moneter dan sistem pembayaran.

Ketika pemerintah menerbitkan Undang-Undang Bank Sentral yang isinya adalah tugas serta kedudukan Bank Indonesia pada lima belas tahun setelahnya, tentu saja Bank Indonesia memiliki tugas tambahan yang adalah membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Hal ini juga menjadikan Bank Indonesia berbeda dengan bank lainnya yang melakukan fungsi komersial.

Bank Indonesia menempati bangunannya yang pertama di Kota Tua ini tidak lama, hingga pada tahun 1962 dipindahkan ke gedung yang baru. Setelah BI pindah ke gedung yang baru, gedung ini kosong dan tidak digunakan lagi, sehingga bangunan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi ini terancam rusak apabila tidak digunakan atau difungsikan dan dilestarikan.

Artikel Terkait

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Teori Relativitas Khusus, Rumus, & Contoh Soal
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 3:44 am

    Alam semesta memiliki berbagai misteri yang terus digali oleh para ilmuwan fisika. Salah satu fenomena alam mengenai ruang dan waktu mulai terjawab di teori relativitas khusus. Bagi Kawan Literasi yang tertarik dengan materi ini, berikut pembahasan lengkapnya.  Apa itu Teori Relativitas Khusus Pada zaman sebelum munculnya teori relativitas, ilmuwan fisika mempercayai prinsip hukum newton mengenai The post Mengenal Teori Relativitas Khusus, Rumus, & Contoh Soal appeared first on Sma Studioliterasi.

Pada akhirnya pemerintah mulai melirik bangunan bersejarah ini dan menetapkannya sebagai bangunan cagar budaya. Bank Indonesia ini memiliki benda-benda dan dokumen-dokumen bersejarah yang perlu diabadikan sehingga dapat menjadi saluran informasi yang berguna bagi masyarakat.

Dari pemikiran pemerintah itulah yang membuat Dewan Gubernur BI saat itu memutuskan untuk membangun Museum Bank Indonesia dengan memfungsikan gedung BI Kota Tua yang perlu untuk dilestarikan. Harapannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pemahaman latar belakang juga dampak dari kebijakan-kebijakan BI yang secara objektif diambil dari waktu ke waktu. Hingga saat ini juga sebagai wahana komunikasi kebijakan BI bagi masyarakat, sehingga dapat mengetahui kebijakan terkini yang dikeluarkan oleh BI.

Dengan latar belakang pendirian museum BI ini maka pada tanggal 21 Juli 2009, presiden RI saat itu Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Museum Bank Indonesia Kota Tua dan telah ada prasastinya di dalam gedung museum.

Museum banyak Prestasi

Mengapa dikatakan Museum Bank Indonesia Kota Tua ini menjadi museum banyak prestasi, dikarenakan memang museum ini telah meraih beberapa prestasi. Penghargaan yang diraih oleh museum BI ini datangnya dari domestik maupun internasional. Pada tahun 2011, museum ini meraih penghargaan sebagai museum terbaik dalam kategori sejarah/arkeologi. Juga di tahun 2014 menyandang penghargaan sebagai museum pintar dan museum terbaik dari Gubernur DKI Jakarta.

Immersive Cinema

Bagaimana tidak meraih banyak gelar sebagai museum terbaik. Museum BI ini menghadirkan kisah sejarah pembangunan dari gedung museum itu sendiri melalui sinema interaktif dalam penyajian empat dimensi. Museum BI bekerjasama dengan Sembilan Matahari untuk menciptakan design dan hasil yang begitu menarik perhatian para pengunjung. Mengemas informasi edukasi sejarah yang dikenal kadang membosankan menjadi menyenangkan. Immersive Cinema ini berdurasi lima belas menit dan hanya ditayangkan pada waktu tertentu yaitu pada jam 11.00 WIB dan 14.00 WIB dengan kapasitas dua puluh orang pengunjung.

immersive cinema
Immersive Cinema di Museum Bank Indonesia Kota Tua, Foto oleh Casa Indonesia

Diorama

Di dalam benak, mungkin museum BI menampilkan hanya jejeran uang dari masa ke masa. Namun tak hanya itu, beragam artifak serta fakta sejarah pun juga dihadirkan dalam diorama yang menarik dan tentunya berwarna. Memiliki visualisasi kehidupan perekonomian yang dialami Indonesia saat itu.

Diorama di Museum Bank Indonesia
Diorama di Museum Bank Indonesia, Foto oleh Wikiwand

Sedikit mengulas tentang tugas dan tujuan dari Bank Indonesia yaitu satu tujuan tunggal dan tiga pilar utama dalam menopang tujuan tunggal tersebut. Perlu di ingat juga bahwa peran dan kapasitasnya sebagai Bank Sentral Indonesia yaitu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa juga terhadap mata uang negara lain hingga sampai menyimpan uang kas negara dan memberikan bantuan kepada bank di Indonesia yang mengalami krisis. Untuk itu BI memiliki tiga pilar utama tersebut yang sekaligus menjadi tugasnya, yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dan yang ketiga menjaga stabilitas sistem keuangan.

Museum yang menyajikan segala informasi peranan dari Bank Indonesia dalam sejarah bangsa yang sudah dimulai sejak dahulu sebelum bang barat datang ke tanah air sampai terbentuknya Bank Indonesia di tahun 1953 dapat ditemukan lengkap. Ini juga menjadi sarana edukasi agar masyarakat lebih memiliki pemahaman seputar fungsi dan tugas bank sentral. Museum dengan bangunan yang merupakan cagar budaya milik Bank Indonesia memberikan informasi dari sejarah hingga peranan Bank Sentral Indonesia melalui perangkat multimedia, menyodorkan edukasi dengan penerapan konsep pintar (penyajian seperti Immersive Cinema) sehingga pengunjung dari golongan manapun dapat memahami lebih baik tentang fungsi, peranan dan sejarah dari BI.

Lokasi

Lokasi Museum Bank Indonesia Kota Tua terletak di  Jalan Lada 3, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari.

Waktu buka di Museum Bank Indonesia :

Selasa-Jumat08.00 – 15.30 WIB
Sabtu – Minggu08.00 – 16.00 WIB
Senin / Hari Libur NasionalTUTUP

Untuk menuju ke Museum Bank Indonesia jika dari daerah JABODETABEK dengan mudah bisa menggunakan KRL, apabila dari Stasiun Tangerang / Rangkasbitung, maka rutenya sebagai berikut;

  1. Naik KRL dengan jurusan Duri (jika dari Stasiun Tangerang) dan Tanah Abang (jika dari Stasiun Rangkasbitung), turun di stasiun tersebut.
  2. Lalu naik rangkaian kereta menuju Stasiun Transit Manggarai.
  3. Sampai di Stasiun Manggarai, turun dan berganti KRL jurusan Jakarta Kota.
  4. Turunlah di stasiun paling akhir Stasiun Jakarta Kota.

Lalu untuk KRL dari stasiun Bogor / Bekasi / Cikarang / Jatinegara / Tanjung Priok bisa mengambil rangkaian kereta langsung menuju Stasiun Jakarta Kota. 

Setelah keluar dari stasiun tidak perlu order transportasi online lagi karena hanya sedikit berjalan kaki sekitar 350 meter sudah bisa sampai di Museum Bank Indonesia.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Rekomendasi buat Anda

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *