Intip Uniknya Pura di Dinding Tebing, Pura Gunung Kawi

pura gunung kawi
Yuk! Kita kunjungi Pura Gunung Kawi Bali dengan lihat segala keunikan di dalamnya yang sayang banget jika harus lewatkan!
Daftar isi

Keberagaman pesona alam dan budaya Bali patut diakui dunia. Perpaduan keduanya selalu tampak harmonis. Bagi wisatawan, hal tersebut sangatlah unik sekaligus indah dipandang. Tak heran jika Pulau Bali memiliki hampir semua jenis pariwisata menarik yang tidak sedikit sudah terkenal hingga ke mancanegara. Sehingga bukan tanpa alasan jika Pulau Bali dinobatkan sebagai destinasi wisata terbaik di dunia versi TripAdvisor dan beberapa penghargaan dunia lainnya. Wisatawan yang datang ke Bali pasti memiliki daftar jenis wisata yang ingin dikunjungi. Ada yang ingin berwisata air ke pantai, wisata alam, wisata budaya khas Bali, wisata bangunan bersejarah, dan lain sebagainya. Tapi apakah Anak Nusantara sudah tahu jika Bali punya destinasi wisata yang menggabungkan wisata alam, budaya, dan bangunan bersejarah sekaligus? Jika belum, anda harus tahu salah satu destinasi wisata yang satu ini, Pura Gunung Kawi.

Pura Gunung Kawi adalah salah satu pura yang masih aktif sebagai tempat peribadatan masyarakat Bali, khususnya warga sekitar Gianyar, dan sebagai obyek wisata Gunung Kawi yang wajib anda kunjungi. Kawasan pura yang memiliki luas 5000 meter persegi ini sudah mulai dikunjungi wisatawan sejak tahun 1970-an. Pura Gunung Kawi Bali yang kental akan budaya Bali serta pemandangan alam disekitarnya membuat pura ini unik dan berbeda dengan pura lainnya.

Kisah Sejarah Pura Gunung Kawi

pesona alam dari pura gunung kawi
Pesona Alam di Pura Gunung Kawi, oleh IG @johneighteens

Menurut sejarah yang berkembang di antara masyarakat Bali, pura yang kerap disebut Candi Gunung Kawi ini didirikan oleh Rsi Markandeya sebagai tempat memuja Dewa Wisnu. Ada pula cerita sejarah yang mengatakan bahwa pura ini dibangun pada abad ke-11 Masehi sebagai tempat persemayaman Raja Udayana yang berasal dari Dinasti Warmadewa. Adapun bukti kuat yang mendasari cerita sejarah tersebut adalah ditemukannya tulisan di atas pintu Candi Gunung Kawi yang menggunakan huruf Kediri yang berbunyi “haji lumah ing jalu”, artinya raja disemayamkan di jalu. 

Kemungkinan besar raja yang dimaksud adalah Raja Udayana. Sedangkan jalu berarti taji (senjata) pada ayam jantan yang bisa dianalogikan sebagai keris. Kisah lain mengatakan bahwa Candi Gunung Kawi ini dibuat oleh orang sakti bernama Kebo Iwa. Diceritakan bahwa Kebo Iwa mematahkan kuku-kukunya yang tajam karena “memahat” struktur candi di dinding tebing yang kini menjadi kawasan Pura Gunung Kawi Bali.

Struktur Bangunan dari Pura

Selama berada di kawasan wisata Gunung Kawi, anda akan disuguhkan pemandangan lingkungan sekitar yang masih asri dan alami, serta dapat menikmati udara segar karena pura ini berada di antara hutan rindang dan persawahan. Bangunan Pura Gunung Kawi terdiri dari bagian halaman luar pura (Jaba Pura), bagian tengah pura (Jaba Tengah), dan bagian dalam pura (Jeroan). Pada bagian Jaba Pura sebelah kanan, terdapat obyek wisata Gunung Kawi yang sering dijadikan tempat mandi oleh penduduk sekitar yaitu pemandian umum. Pemandian ini berupa kolam yang cukup luas dengan air yang jernih. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Selain kolam pemandian, di Jaba Pura terdapat aula terbuka yang dimanfaatkan sebagai tempat rapat penduduk Desa Sebatu. Tak jarang pula digunakan sebagai tempat istirahat wisatawan sembari menikmati pemandangan alam dan suasana di sekitar Pura Gunung Kawi Bali. Beberapa kegiatan seperti penampilan tarian dan pementasan drama juga diselenggarakan di aula yang berada di Jaba Pura ini.

pura gunung kawi
Pura Gunung Kawi, oleh IG @raffialan

Lokasi kedua adalah Jaba Tengah, dimana kawasan ini memisahkan antara Jaba Pura dan Jeroan. Di dalam area Jaba Tengah terdapat beberapa bangunan suci, antara lain :

  • Bale Kulkul, menara yang berfungsi sebagai sarana komunikasi masyarakat Bali.
  • Sedan Apit Lawang atau pintu masuk.

Lokasi ketiga adalah Jeroan yang merupakan kawasan suci atau sakral yang digunakan warga setempat untuk beribadah. Di dalam area tersebut terdapat beberapa bangunan suci yang memiliki fungsi berbeda-beda, diantaranya ada Balai Paruman, Balai Pesandekan, Bale Gong, Pelinggih Siwakrana, dan masih banyak lagi.

Daya Tarik Wisata Gunung Kawi

Saat pertama kali tiba di kawasan pura, Anak Nusantara akan melihat dua area percandian yang dipisahkan oleh Sungai Pakerisan. Anda akan disambut oleh barisan 315 anak tangga untuk mencapai kawasan Candi Gunung Kawi ini.

Pura ini dikategorikan sebagai “Dhang Kahyangan” yang berarti bahwa semua umat Hindu bisa beribadah di pura ini. Sejatinya pura-pura yang ada di Bali biasanya boleh digunakan oleh satu kasta tertentu, hanya untuk desa tertentu, dan sebagainya.

Salah satu wisata Gunung Kawi yang unik adalah kolam ikan koi yang dikeramatkan oleh penduduk setempat sejak dulu. Siapapun tidak diperbolehkan menangkap ataupun mengambil ikan yang ada di kolam tersebut. Selain itu, keunikan lainnya adalah bangunan pura yang diukir di tebing kawasan hutan sekitar.

Baca Juga : Pura Ulun Danu Bali

mandi air suci di pura gunung kawi
Ritual Permandian Air Suci di Pura Gunung Kawi, oleh @theboliviantraveler

Tips Berkunjung ke Objek Wisata

  1. Memakai pakaian adat atau cukup dengan sarung dan selendang yang diikatkan pada bagian pinggang yang sudah disediakan jika ingin memasuki area dalam pura.
  2. Dilarang mengambil ikan yang ada di kolam.
  3. Persiapkan barang bawaan yang penting, seperti bekal, air minum, dan obat-obatan pribadi.
  4. Membawa kamera. Hal ini sangat berguna bagi Anak Nusantara yang gemar berfoto.
  5. Pastikan anda berangkat ketika cuaca cerah supaya dapat menikmati waktu liburan di obyek wisata Gunung Kawi dengan santai.

Lokasi dan Rute menuju Wisata Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi Bali berada di Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Untuk bisa mencapai lokasi pura, Anak Nusantara bisa menggunakan moda transportasi apapun, mulai dari motor, mobil, ataupun travel wisata. Pura dengan pemandangan elok ini berjarak 38 kilometer dari Kota Denpasar atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi wisata. 

Jika dari pusat Kota Gianyar, jarak tempuh untuk sampai ke lokasi sekitar 30 menit melalui :

  1. Jalan Mangku Giweng, lalu belok kanan ke Jalan Kalantaka. 
  2. Lalu terus lurus ke Jalan Gunung Agung dan Jalan Triwanisa-kawan. 
  3. Dari Jalan Triwanisa-kawan, beloklah ke kanan untuk sampai di Jalan Bakbakan-Petak Kaja dan belok kiri ke Jalam Pertiwi Brata. 
  4. Setelah itu belok kanan ke Jalan Yudistira
  5. Belok kanan lagi ke Jalan Bayu Brata/Jalan Pertiwi Brata

Informasi Jam Buka dan Tiket Masuk Pura Gunung Kawi

Hari Jam Buka
Senin – Minggu08.00 – 18.00 WITA
Harga Tiket MasukPer Orang
Wisatawan lokalRp30.000
Wisatawan mancanegaraRp50.000

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *