1. Peninggalan Sejarah

Benteng Vastenburg, Bukti Peninggalan Sejarah Belanda

Benteng Vastenburg secara umum tidak jauh berbeda dengan benteng-benteng Belanda seperti Benteng Vredeburg di Yogyakarta, Benteng Ontmoeting di Ungaran, dan Benteng Herstelling yang sudah hancur. Biasanya perbedaan terletak pada ukuran, luas bangunan, dan ukuran dindingnya. Bangunan pada Benteng Vastenburg memiliki pagar atau dinding dengan denah dasar bujur sangkar. Saat ini bagian tengah Benteng Vastenburg tidak terdapat bangunan apapun, hanya sebuah lahan kosong.

Tujuan pendirian Benteng Vastenburg ini adalah untuk mengawasi masyarakat Surakarta beserta dengan Keraton Surakarta yang kini menjadi wisata Solo. Dalam Benteng Vastenburg inilah pasukan sekaligus pusat kekuatan militer Belanda di Surakarta ditempatkan.

Selain menjadi tempat pasukan militer Belanda, lokasi Benteng Vastenburg juga berfungsi sebagai kantor Residen Surakarta. Ditempatkannya di benteng peninggalan Belanda ini bertujuan untuk memudahkan pergerakan pasukan jika suatu saat dibutuhkan di daerah Karesidenan Surakarta. Pada tahun 1896 kantor Residen Surakarta tidak lagi berada di dalam lingkungan benteng, berpindah ke sebuah bangunan baru di luar benteng.

Pembangunan Benteng Vastenburg

Pembangunan Benteng Vastenburg berada diatas wilayah kota Solo, di sebelah utara alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Benteng peninggalan Belanda berdiri kokoh diatas lahan seluas 40.000 m2. Benteng Vastenburg ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun oleh Gubernur Jenderal Belanda, Baron Van Imhoff, pada tahun 1745.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Tahapan pembangunan Benteng Vastenburg dilaksanakan dalam dua tahap. Pada tahap pertama dilaksanakan tahun 1745. Awal mulanya Benteng Vastenburg diberi nama Benteng Grootmoedigheid yang dapat didefinisikan Kemurahan Hati. Lalu, di tahap kedua ini dilakukan atas dasar Perjanjian Giyanti di tahun 1756. Pembangunan Benteng Vastenburg tahap kedua dapat selesai dikerjakan pada tahun 1775.

Bangunan pertahanan ini dibangun dengan komposisi dinding dari bata yang juga dilengkapi oleh lubang tembak dan di bagian luar bangunan ini dikelilingi dengan saluran air. Untuk akses keluar masuk Benteng Vastenburg dikendalikan dengan jembatan jungkit (drawbridge) di bagian barat dan timur.

Benteng dinyatakan selesai dibangun pada tahun 1779 dan mulai digunakan pada tahun 1780. Bangunan pertahanan itu diberi nama Vastenburg dengan artian bahasa Indonesia yaitu Teguh.

Sejarah

Setelah Indonesia merdeka, benteng ini digunakan sebagai markas Tentara Nasional Indonesia. Pada dekade tahun 1970 sampai sekitar tahun 1980-an Benteng Vastenburg digunakan sebagai markas pusat Brigade Infanteri 6. Markas tersebut adalah markas Trisakti Baladaya Kostrad untuk wilayah Karesidenan Surakarta dan sekitarnya.

Benteng Vastenburg ini telah melewati masa penjajahan dan kemerdekaan. Dalam masa-masa tersebut, maka secara tidak langsung terjadi perubahan dan penambahan konstruksi ruang. Perubahan memang terjadi hanya pada bagian-bagian tertentu pada Benteng Vastenburg, tetapi awal bangunan ini masih tetap sama sedari awal berdirinya.

Isu dari Benteng Vastenburg sempat heboh di Surakarta dan penggiat kebudayaan. Hal itu dikarenakan adanya rencana alih fungsi benteng Vastenburg menjadi hotel atau pusat perbelanjaan. Rencana alih fungsi memancing pro dan kontra dari berbagai kalangan.

Meski sebelumnya benteng ini dibiarkan dan tidak terawat, namun kini benteng Vastenburg sudah mendapat perhatian Pemerintah kota Solo. Renovasi yang dilakukan pada Benteng Vastenburg oleh pemerintah, tidak merubah struktur asli bangunan. Pada November 2012 bangunan bersejarah Benteng Vastenburg ini ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional. Dengan begitu maka bangunan Cagar Budaya Benteng Vastenburg dilindungi oleh UU Republik Indonesia tentang Cagar Budaya.

Benteng Vastenburg kerap dijadikan tempat untuk mengadakan berbagai acara di kota Solo. Acara-acara tersebut seperti musik festival dan berbagai festival lainnya sudah sering diadakan di Benteng Vastenburg.

Daerah Benteng Vastenburg juga menjadi pilihan objek wisata Solo yang tepat. Letaknya yang sangat strategis ini tidak jauh dari lokasi objek wisata Solo lainnya. Terdapat lokasi wisata lainnya, seperti Balai kota Solo, Keraton Solo, Pasar Klewer dan Kampung Batik Kauman.

Lokasi Benteng Vastenburg

Jika Anak Nusantara yang ingin melakukan explore Solo dan melihat seperti apa Benteng Vastenburg itu sekarang. Berikut Munus berikan info lokasi Benteng Vastenburg. Alamat Benteng Vastenburg ini berada di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta City, Central Java 57133

Rute Benteng Vastenburg bisa ditempuh dari luar daerah dengan mudah menggunakan pesawat, kereta api, ataupun bus.

Jika Anak Nusantara lebih nyaman menggunakan pesawat maka booking ticket dengan tujuan Bandara Adi Soemarmo. Setelah turun ada pilihan transportasi berikutnya di Terminal Adi Soemarmo yaitu via bus umum atau taksi yang tersedia 24 jam. Selain itu, ada pula transportasi online di Bandara Adi Soemarmo.

Setiap harinya, bus Damri  di terminal tersebut mulai beroperasi pada jam 07.00 – 19.00 WIB. Anak Nusantara setelah menaiki bus Damri, selanjutnya akan transit di Terminal Tirtonadi dan beralih ke Batik Solo Trans di koridor satu. Dari Batik Solo Trans maka Anak Nusantara akan turun di halte Gladag.

Namun, jika Anak Nusantara yang memilih menggunakan bus dari asalnya maka bisa memilih jalur bus menuju Terminal Tirtonadi. Bisa juga Anak Nusantara memilih menggunakan kereta api, maka turun di Stasiun Solo Balapan. Setelah turun di stasiun tersebut bisa memilih transportasi umum Batik Solo Trans koridor dua dan turun di perempatan Panggung. Selanjutnya mengoper di koridor 1 dengan rute Palur – Bandara Adi Soemarmo dan turun di halte Gladag atau PGS.

Dari halte tersebut jarak yang perlu ditempuh langsung menuju Benteng Vastenburg sekitar 50 meter.  

Tiket Masuk Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun. Tidak diperlukan tiket masuk untuk bisa melihat bukti peninggalan sejarah Indonesia di Solo pada jaman Belanda.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Benteng Vastenburg, Bukti Peninggalan Sejarah Belanda

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]