Alicia josephine Hello, I am a girl who love new challenge. Graduated from college majoring in English with Journalist concentrated. Yes! I like writing. I can write anywhere, everywhere in anytime.

Museum 3D Kota Tua Tempat Berimajinasi di Jakarta

3 min read

Magic Art 3D

Tiga dimensi atau yang disingkat dengan 3D dimana bentuk dari suatu benda yang memiliki panjang, lebar dan tinggi. Karya seni lukisan 3D mungkin secara garis besar sama-sama membutuhkan warna, kanvas, dan tools lainnya. Namun  bedanya, 3D yang diterapkan dalam lukisan ini membutuhkan proses khusus yang berbeda dari lukisan-lukisan pada umumnya. Proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan berbagai warna dengan menentukan takaran pigmen yang tepat. Selain itu juga diperlukan gen pengikat lalu aplikasikan pada kanvas.

Jika dilihat dari penjelasannya, sepertinya hanya para pelukis yang paham betul akan proses yang tidak mudah ini. Jadi pada intinya, seni 3 dimensi adalah seni yang tampak dari segala arah, memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Mungkin banyak dikenal seperti patung atau mungkin seni keramik.

Lalu apa yang membuat museum 3D Kota Tua ini spesial? Museum 3D Kota Tua menyajikan gambar-gambar lukisan mural yang mengecoh visual mata para pengunjung, dengan keunikan pada setiap zonanya. Museum 3D Kota Tua ini di design dan mempersiapkan kontennya dalam waktu yang tergolong singkat. Waktu persiapannya yaitu hanya sekitar kurang lebih 4 bulan.

Dengan waktu yang singkat itu, museum ini menampilkan hampir lebih dari 100 lukisan mural. Karya seni itu hasil dari karya tangan anak bangsa Indonesia dan Korea yang menciptakan ilusi melalui lukisan 3D.

Gedung Magic Art 3D Museum
Gedung Magic Art 3D Museum tampak depan, Foto Oleh Magic Art Kota Tua

Sebelum masuk ke dalam tiap tiap zonanya, para pengunjung tidak diperkenankan untuk masuk dengan menggunakan sepatu. Terdapat penitipan sepatu khusus untuk para pengunjung.

Zona Museum 3D Kota Tua

Jangan kaget jika banyak sekali lukisan 3D di dalam museum ini. Semua lukisan tangan itu tersebar sesuai dengan zonanya masing-masing yang berada di berbagai ruangan museum. Zona yang ada di museum, diantaranya Zona Lukisan, Satwa, Laut, Dinosaurus, Rutinitas, Petualangan, dan Zona Horror.

Pada Zona Lukisan, para wisatawan akan dimanjakan dengan lukisan-lukisan yang menggambarkan sebuah lukisan yang hidup. Semua tampak nyata dan indah, beragam lukisan terkenal yang ditampilkan dan dimodifikasi dengan sebuah ilusi 3D sedemikian rupa.

Lukisan 3D
Lukisan 3D di Zona Satwa Magic Art 3D Museum Kota Tua, Foto Oleh Google’

Lanjut ke zona lain yang semakin beragam dengan ilusi 3D yang disuguhkan. Para pengunjung pun pastinya tidak akan kehabisan pose di seluruh zonanya. Zona lainnya seperti Zona Satwa yang memperlihatkan lukisan 3D bertema binatang, seperti jerapah, gajah atau kuda. Lalu Zona Laut yang bertemakan kehidupan bawah laut, ada hiu besar yang berada di tengah laut luas. Juga ada Zona Rutinitas yang memiliki tema rutinitas keseharian dari para pengunjung, seperti lukisan toilet, bulutangkis, dan ada juga mencuci. Juga ada zona yang membawa imajinasi kita bertualang di alam purbakala bersama di Zona Dinosaurus. Ada pula bagi mereka yang pecinta alam gaib, yaitu Zona Horror. Pada zona ini, lukisan 3D yang bertemakan misteri akan memicu adrenalin para pengunjung. Tak kalah seru, ada pun Zona Petualangan yang mengajak para wisatawan berpetualang. Keseruan dari lukisan-lukisan 3D yang ada di zona ini membuat Anak Nusantara lebih berimajinasi seperti di alam bebas.

Tata Ruang Museum 3D Kota Tua

Dengan semua zona yang ada pastinya mereka tidak mau melewatkan satu lukisan pun untuk berfoto. Mungkin beberapa bukan seorang juru foto yang handal, namun tidak perlu khawatir. Di setiap lukisan 3D ini terdapat tanda untuk photographer yang akan mengabadikan momen unik itu. Jadi bisa mempermudah para wisatawan yang tidak paham angle foto yang tepat untuk hasil yang bagus.

Museum yang terdiri dari dua lantai ini akan terus bermain dengan imajinasi pengunjungnya. Bukan hanya menyisihkan duit untuk beli tiket masuk ke museum ini, tetapi juga harus pastikan waktu kamu cukup untuk berimajinasi. Tidak hanya gambar-gambar lukisan 3D saja, karena ada pula ruang tambahan untuk mereka yang suka foto-foto cantik.

Mirror Maze
Mirror Maze di Magic Art 3D Museum Kota Tua , Foto Oleh Kumparan’

Apa saja sih ruangan tambahannya? Salah satunya yang seru ada Mirror Maze, dimana pengunjung memasuki ruangan berlabirin yang dikelilingi oleh kaca. Tidak hanya bisa berswafoto tapi ada tantangannya juga. Setelah foto-foto cantik Anak Nusantara harus menemukan jalan keluar dari ruang labirin kaca atau Mirror Maze ini. Ruang tambahannya ada lagi, seperti Ames Room, Mirror Room, Optical Chair, dan masih banyak lainnya. Dijamin tidak akan bosan berwisata seni dan bermain, berjelajah di dalam museum ini.

Lokasi Museum 3D Kota Tua Jakarta

Lokasi strategis dan tepat untuk berlibur bersama keluarga, teman atau kekasih hati. Magic Art 3D Museum berlokasi di daerah Jakarta Barat, Gedung Kerta Niaga 1 tepatnya Jalan Kali Besar Timur nomor 9.

Ternyata dekat banget dengan Kota Djakarta Tempo Doeloe di Museum Fathillah. Jadi bisa langsung menuju museum seni 3D dan pastinya akan melengkapi satu hari keseruan berwisata di Kota Tua.

Bisa menuju ke lokasi tersebut dengan mudah menggunakan KRL, jika dari Stasiun Tangerang / Rangkasbitung, maka rutenya sebagai berikut;

  1. Naik KRL dengan jurusan Duri (jika dari Stasiun Tangerang) dan Tanah Abang (jika dari Stasiun Rangkasbitung), turun di stasiun tersebut.
  2. Lalu naik rangkaian kereta menuju Stasiun Transit Manggarai.
  3. Sampai di Stasiun Manggarai, turun dan berganti KRL jurusan Jakarta Kota.
  4. Setelah turun stasiun Jakarta Kota, bisa keluar menuju pintu keluar stasiun dan berjalan kaki menuju Magic Art 3D Museum. Anak Nusantara akan menempuh jarak sekitar 650 meter dari stasiun.

Lalu selanjutnya untuk KRL dari stasiun Bogor / Bekasi / Cikarang / Jatinegara / Tanjung Priok. Anak Nusantara bisa mengambil rangkaian kereta langsung menuju Stasiun Jakarta Kota.

Harga Tiket Museum 3D Kota Tua

Waktu kunjung ke Magic Art 3D Museum ini bisa setiap hari dari Senin hingga Minggu di pukul 10.00-22.00 WIB. 

Untuk bisa menikmati ilusi tiga dimensi ini pengunjung perlu merogoh saku dengan membeli tiket museum 3D. Berikut adalah list harga tiket museum 3D Kota Tua.


Senin – JumatSabtu – Minggu
Hari Libur Nasional
DewasaRp 60.000Rp 80.000
Anak-anak (3 – 17 thn)Rp 40.000Rp 50.000

Last Updated on September 7, 2020

Alicia josephine Hello, I am a girl who love new challenge. Graduated from college majoring in English with Journalist concentrated. Yes! I like writing. I can write anywhere, everywhere in anytime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll up