Alicia josephine Hello, I am a girl who love new challenge. Graduated from college majoring in English with Journalist concentrated. Yes! I like writing. I can write anywhere, everywhere in anytime.

Wisata Edukasi Sambil Jelajah Indonesia di TMII

14 min read

museum komodo tmii

Wisata edukasi di Indonesia saat ini sudah banyak tersebar di beberapa kota besar Indonesia. Tidak hanya untuk anak-anak, pelajar dan orang dewasa bisa menikmati wisata edukasi dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya di Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta Timur. 

TMII Jakarta mengusung tema sebagai tempat wisata edukasi budaya Indonesia. Mengingat begitu besar dan kayanya budaya Indonesia yang masih tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia sendiri. Di tempat tersebut banyak sekali destinasi edukasi yang bisa dikunjungi, seperti Anjungan Daerah (berisikan bangunan khas daerah di Indonesia yang dibangun di atas danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia), museum-museum bertemakan Indonesia, taman flora dan fauna khas Indonesia, ditambah fasilitas teater dan kereta gantung agar pengunjung bisa menikmati pemandangan kawasan taman dari ketinggian.

Sejarah TMII

Berdirinya Taman Mini Indonesia Indah ini tidak terlepas dari ide pencetusnya, Siti Hartinah Soeharto atau yang lebih dikenal dengan Ibu Tien Soeharto, selaku Ibu Negara Republik Indonesia periode 1967-1998. Ibu Tien mendapatkan ide tersebut setelah mendampingi dan mendengarkan pidato dari Bapak Presiden Soeharto yang membahas tentang keseimbangan pembangunan umum DPR GR Tahun 1971 yang berbunyi “aman ini memberikan gambaran yang menunjukkan kekayaan budaya dan kondisi alamiah seperti ragam bangunan-bangunan bercorak arsitektur, kesenian, adat istiadat, bahasa, kekayaan alam, dan kekayaan pemikiran yang dimiliki Indonesia”. Kalimat itulah yang membuat Ibu Tien sempat berangan-angan untuk membangun miniatur Indonesia, lengkap dengan hal-hal kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Ide tersebut semakin kuat setelah Ibu Tien Soeharto mendampingi perjalanan kerja Bapak Presiden Soeharto mengunjungi berbagai negara, dengan kesempatan mengunjungi objek wisata yang dimiliki negara kunjungan seperti Disneyland di Amerika Serikat dan Timland di Muangthai pada tahun 1970. Setelah melihat obyek wisata tersebut, Ibu Tien semakin ingin membangun tempat rekreasi khas Indonesia yang menggambarkan keindahan dan keragaman budaya Indonesia dalam bentuk mini dalam satu tempat. Sesampainya di Indonesia, Ibu Tien menyampaikan ide pembangunan miniatur Indonesia pada rapat pengurus YHK di Jalan Cendana No. 8 Jakarta. Konsep ide yang disampaikan berupa pembangunan rumah-rumah adat Indonesia yang lengkap dengan pergelaran kesenian, kekayaan flora dan fauna, dan objek budaya lainnya yang dimiliki Indonesia. Ide tersebut memuat tujuan yang sangat bagus, yaitu untuk membangkitkan rasa bangga dan cinta kita sebagai Warga Negara Indonesia terhadap kekayaan tanah air Indonesia. Selain itu juga bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia yang sesungguhnya ke negara-negara lain.

Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah

Pada 30 Januari 1971 yang beragendakan acara Rapat Kerja Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh Indonesia di Istana Negara menjadi hari bersejarah bagi Ibu Tien Soeharto, karena saat itulah beliau yang didampingi Menteri Dalam Negeri pada saat itu, Amir Mahmud, menyampaikan ide beserta tujuan pembangunan miniatur Indonesia “Indonesia Indah” di hadapan umum. Lalu selanjutnya Ibu Tien Soeharto memberikan amanah kepada Nusa Consultants untuk membuat rencana induk dan studi kelayakan proyek sebelum pembangunan dilakukan secara resmi. Dalam waktu 3,5 bulan, Nusa Consultants bisa menyelesaikan tugas tersebut. Akhirnya pada tanggal 30 Juni 1972 pembangunan dimulai secara bertahap. 

Nusa Consultants membuat rancangan bangunan utama berupa peta miniatur Indonesia beserta penyediaan air, lalu rancangan Tugu Api Pancasila, bangunan joglo, gedung pengelolaan, serta pembuatan jalan dan penyediaan kavling di tiap bangunan. Sedangkan rancangan bangunan lain seperti bangunan khas daerah dikerjakan oleh beberapa biro arsitek. Berkat kerja sama dari pemerintah, Nusa Consultants, biro arsitek, pihak swasta lainnya, dan masyarakat sekitar proyek pembangunan tahap pertama Taman Mini Indonesia Indah selesai dikerjakan dalam waktu tiga tahun. Tepat pada tanggal 25 April 1975, TMII Jakarta resmi dibuka oleh Bapak Presiden Soeharto.

Museum-museum di TMII

Sebagai salah satu destinasi wisata edukasi terbaik di Indonesia, wisata Taman Mini Indonesia Indah memiliki 19 museum dengan tema yang berbeda-beda. Berikut museum-museum yang ada di TMII Jakarta.

1. Museum Indonesia

Salah satu museum Taman Mini Indonesia Indonesia ini dibangun pada tahun 1976 dan diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada tahun 1980. Bangunan dari Museum Indonesia TMII bergaya Bali ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama bertema Bhinneka Tunggal Ika, menampilkan bermacam-macam pakaian adat dan pakaian pengantin khas daerah dari 33 provinsi. Koleksi pakaian adat dan pakaian pengantin yang ada di museum ini merupakan yang terlengkap dari seluruh museum sejenis yang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Koleksi yang ada di lantai pertama ini menunjukkan filosofi kemajemukan budaya Indonesia dari sisi agama dan adat istiadat. Selain pakaian, disini juga memamerkan bermacam-macam jenis wayang dalam bentuk diorama dan alat musik tradisional.

museum indonesia - taman mini indonesia indah
Museum Indonesia di TMII Jakarta, oleh Wikipedia

Lantai kedua bertemakan manusia dan lingkungan, dengan rincian benda-benda budaya yang ada di Indonesia. Adapun diwujudkan dalam bentuk rumah tradisional berupa rumah tinggal, rumah ibadah, dan lumbung padi. Uniknya, bangunan-bangunan tersebut dibangun sesuai keadaan lingkungan aslinya, misalnya di dataran rendah, dataran tinggi, ataupun di atas sungai. 

Lantai ketiga dari Museum Indonesia TMII Jakarta bertemakan seni dan kriya, menampilkan hasil seni dan kriya khas Indonesia. Contohnya berbagai macam kain tradisional seperti songket, tenun, dan batik. Selain itu juga terdapat benda-benda kerajinan dari bahan perak, kuningan, dan tembaga. Seni ukirnya pun juga tak mau ketinggalan untuk dipamerkan, adapun seni ukir dari Bali, Toraja, dan Asmat.

Perlu diketahui pula, setiap 1 tahun sekali di Museum Indonesia TMII ini akan menyelenggarakan pameran dengan tema khusus, mulai dari pameran topeng, kain, senjata, dan lukisan. Selain itu bangunan museum ini bisa digunakan oleh masyarakat untuk keperluan pernikahan, seminar, ataupun pertemuan. Keren bukan? Jadi, jangan lupa datang ke salah satu museum di Taman Mini Indonesia Indah ini ya!

2. Museum Transportasi

Dibangun pada tahun 1985 dan diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada 20 April 1991. Museum Transportasi TMII Jakarta memamerkan berbagai jenis moda transportasi di Indonesia yang mengandung nilai sejarah dan peran berperan penting dalam perjuangan Indonesia. Tempat pameran dalam ruangan atau modul yang ada disana terdiri dari modul pusat, darat, laut, dan udara dalam bentuk asli, tiruan, miniatur, foto, maupun diorama. 

museum transportasi taman mini indonesia indah
Museum Transportasi di TMII Jakarta, oleh Flickr

Modul pusat berisi moda transportasi tradisional baik darat dan laut dari berbagai daerah di Indonesia. Transportasi tradisional disini maksudnya adalah penggunaan sumber tenaganya masih dari tenaga manusia, hewan, atau angin. Contohnya becak, andong, dan perahu layar tradisional.

Modul darat berisi layanan moda transportasi darat yang terdiri dari transportasi jalan raya, jalan baja, sungai, dan danau. Penggunaan sumber tenaganya sudah menggunakan mesin tahap awal. Contohnya cikar DAMRI, kereta api, becak Siantar, dan lain sebagainya.

Modul laut berisi layanan moda transportasi laut yang sudah menggunakan mesin, contohnya kapal penumpang, container, dok terapung, dan lain sebagainya. Modul udara berisi layanan moda transportasi udara serta perkembangan teknologinya dari masa ke masa. Contohnya pesawat terbang, peralatan transportasi udara, dan peralatan bandar udara.

Sedangkan tempat pameran luar ruangan memamerkan berbagai macam lokomotif generasi pertama milik Perusahaan Kereta Api Indonesia termasuk rel kereta api dan terowongannya. Selain itu juga ada bis yang pernah beroperasi di Indonesia dan pesawat jenis DC-9 PK-GNT. Ada juga mercusuar yang dibuat pada tahun 1879 dan berbagai jenis moda transportasi tradisional lainnya. Jangan lupa berswafoto di museum ini ya!

3. Museum Minyak dan Gas Bumi

Pembangunan museum ini sebagai tanda peringatan 100 tahun industri minyak dan gas bumi di Indonesia pada 8 Oktober 1985. Pembangunan dimulai pada tahun 1987 dan diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada 20 April 1989. Salah satu museum wisata Taman Mini Indonesia Indah ini dibangun di lokasi yang unik, yaitu di atas danau buatan seluas 11.000 m². Bentuk bangunannya menyerupai bangunan anjungan lepas pantai atau bernama Anjungan Eksplorasi. 

museum minyak bumi taman mini indonesia indah
Museum Minyak dan Gas Bumi TMII, oleh Indonesia Kaya

Ruang pameran berada di gedung utama dan Anjungan Eksplorasi. Disana pengunjung akan disuguhkan cerita sejarah gedung perminyakan, dilengkapi dengan teater yang akan memutar film pendek dan slides mengenai asal mula dan hasil pengolahan minyak dan gas bumi di Indonesia. Selain itu juga ada ruangan pameran untuk benda dan bahan yang berkaitan dengan minyak dan gas bumi di sekitar manusia. 

Di bagian bawah museum ada ruangan berisikan sejarah perkembangan geologi bumi, perkembangan minyak dan gas bumi dari beratus juta tahun yang lalu, serta dampak pemanfaatan minyak dan gas bumi di Indonesia. Selain di dalam ruangan, di bagian luar museum juga memamerkan peralatan pengeboran minyak yang digunakan Indonesia mulai dari pompa angguk, truk logging tua, pompa bensin engkol, dan kilang minyak tua. Sangat edukatif bukan?

4. Museum Penerangan

Wisata Taman Mini Indonesia Indah tidak pernah lelah untuk membagikan tempat edukatif bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Museum Penerangan. Museum ini merupakan sarana untuk mengumpulkan dan merawat objek sejarah penerangan dan komunikasi masa setelah adanya tatap muka, radio, TV, film, dan pers. Bangunan yang diresmikan pada 20 April 1993 ini memiliki bentuk yang sarat akan filosofi, yaitu berbentuk bintang bersudut lima yang melambangkan Pancasila dan lima unsur penerangan. Pameran museum ini ada yang di luar ruangan dan di dalam ruangan dengan total tiga lantai museum yang bisa pengunjung jelajahi.

museum penerangan taman mini indonesia indah
Museum Penerangan di TMII, oleh Flickr

Pada lantai pertama berisikan benda bersejarah dalam informasi dan komunikasi mulai dari film, radio, televisi, media tatap muka, media tradisional, serta perkembangan media pers dan grafika. Selain itu ada empat diorama kecil yang berkaitan dengan masa penerangan masa di Indonesia. Tak ketinggalan pula di museum ini juga menyediakan perpustakaan dan teater mini dengan daya tampung 60 orang. 

Pada lantai kedua terdapat relief dengan ukuran 100 m x 1,5 m yang menggambarkan sejarah penerangan Indonesia selama lima periode, peran penerangan dalam membangun kesatuan bangsa, serta penyampaian informasi melalui media cetak dan elektronik secara tradisional dan modern. Pada lantai ketiga terdapat studio mini PFN, studio mini RRI, studio mini TVRI dan display foto transparan. Sayang banget kalau melewatkan kunjungan di Museum Penerangan ini.

5. Museum Perangko Indonesia

Salah satu museum Taman Mini Indonesia Indah ini dibangun berdasarkan ide dari Ibu Tien Soeharto yang sedang mengunjungi pameran perangko yang diadakan oleh PT Pos Indonesia pada Juni 1981. Ibu Tien Soeharto berharap generasi selanjutnya masih bisa melihat dan mengetahui wujud perangko. Maka dari itu museum ini dibangun dan diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada 29 September 1983. 

Museum ini berisikan berbagai macam perangko asal Indonesia dan beberapa negara lainnya. Museum yang berarsitektur khas Bali ini memamerkan patung seorang perancang perangko dan slides proses pembuatan perangko. Selain juga terdapat beberapa perangko terbitan tahun 1864-1950 pada masa pemerintahan Belanda hingga kemerdekaan, slides yang menampilkan perangko Belanda dan Jepang bertemakan kebudayaan dan pariwisata, slides yang menampilkan perangko peringatan 10 tahun kemerdekaan Indonesia, dan foto perangko bergambar Soekarno dan Hatta. Selain itu masih banyak lagi macam-macam perangko yang bisa Anda lihat di Taman Mini Indonesia Indah ini.

museum perangko taman mini indonesia indah
Museum Perangko di TMII, oleh Indonesia Kaya

6. Pusat Peragaan IPTEK

Pembangunan sarana pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi ini tidak terlepas dari peran dan ide Menteri Riset dan Teknologi, Bapak Prof. Dr. B. J. Habibie yang ingin mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Bangunan ini akhirnya dibangun dan diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada 20 April 1991. Bangunan bergaya arsitektur futuristik ini dibangun di atas areal terluas kedua di TMII Jakarta. 

Pusat peragaan ini dibangun dengan tujuan menyadarkan masyarakat Indonesia tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia yang sangat cepat ini. Disini Anda bisa belajar sekaligus bermain karena terdapat teknologi interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Jadi akan sangat cocok dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan umur, mulai dari TK hingga pelajar tinggi (mahasiswa). Contohnya ada sepeda layang, roket air, try science, generator van de graaff, dan simulator gempa bumi. Selain itu Anda disuguhkan fasilitas auditorium berkapasitas 130 orang yang akan menayangkan film-film terkait perkembangan IPTEK dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

museum iptek taman mini indonesia indah
Museum IPTEK di TMII, oleh Letsgo2museum/Blogspot

7. Museum Listrik dan Energi Baru

Menjadi satu-satunya museum yang memperagakan koleksi tentang ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan di Indonesia, museum ini sayang banget kalau dilewatkan. Di museum ini memamerkan koleksi yang disajikan menggunakan teknologi modern interaktif yang bisa Anda pegang dan mainkan. Contohnya peragaan seri paralel, peragaan penghasil arus listrik dari buah-buahan, pensil, koin, dan magnet. Jadi museum ini sangat cocok dikunjungi oleh Anda beserta teman atau keluarga.

museum listrik dan energi taman mini indonesia indah
Museum Listrik dan Energi Baru di TMII, oleh Blogspot

8. Museum Olahraga

Museum unik selanjutnya adalah Museum Olahraga. Diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada 20 April 1989. Tanggal berdirinya Museum Olahraga ini bertepatan dengan hari jadi Taman Mini Indonesia Indah yang ke 14. Di dalam museum berbentuk bola ini, terdapat tiga lantai yang masing-masing memiliki pameran-pameran yang berbeda.

Pada lantai pertama terdapat pameran yang memperlihatkan sejarah keikutsertaan Indonesia dalam beberapa kegiatan olahraga di dunia internasional, contohnya pada Olimpiade Helsinki dan Asian Games. Selain itu juga memperlihatkan tokoh dan pejuang olahraga yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia internasional. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda lihat di museum ini terkait keolahragaan Indonesia.

Pada lantai kedua Anda akan diperlihatkan beberapa alat olahraga dan medali serta piala dari para atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia, ada juga alat permainan tradisional dari berbagai provinsi.

Pada lantai ketiga terdapat ruang diorama dalam bentuk lukisan dan patung yang menampilkan permainan tradisional dari berbagai provinsi, antara lain loncat batu dari Pulau Nias, Karapan Sapi dari Madura, dan lain sebagainya. Selain itu juga memperlihatkan sejarah singkat olahraga tradisional, contohnya anggar, atletik, bulu tangkis, panahan, sepak bola, bola voli, dan lain sebagainya.

museum olahraga taman mini indonesia indah
Museum Olahraga di TMII, oleh baka_neko_baka/flickr

9. Museum Purna Bhakti Pertiwi

Dibangun sebagai bentuk rasa syukur Ibu Tien Soeharto atas dukungan masyarakat Indonesia selama pemerintahan Bapak Presiden Soeharto adalah gugusan Museum Purna Bhakti Pertiwi berdiri. Tak hanya itu, tapi sebagai tempat koleksi barang yang didapat Bapak Presiden Soeharto dari berbagai pihak selama jabatannya sebagai Presiden kala itu. Museum yang mulai dibangun pada 26 Desember 1987 dan diresmikan pada 23 Agustus 1993 ini diklaim Ibu Tien sebagai persembahan untuk masyarakat Indonesia dan keluarga Soeharto secara pribadi. Terbagi menjadi tiga bagian dari bangunan ini, yaitu bangunan utama, penunjang, dan tata ruang luar. 

Bangunan utama yang berfungsi sebagai ruang pameran ini berdiri di lahan seluas 2,5 ha dengan bentuk kerucut yang unik. Berfungsi untuk beberapa ruang, bangunan tersebut terdiri dari banyak ruang. Diantaranya adalah ruang perjuangan, ruang utama dan khusus, ruang asthabrata, dan perpustakaan, dilengkapi dengan benda-benda seni, barang koleksi keluarga Soeharto, tanda kehormatan dari beberapa tokoh dalam dan luar negeri. Uniknya, di museum ini juga mengajarkan Anda atas ajaran dasar-dasar kepemimpinan “Asthabrata” yang digambarkan secara artistik dalam adegan wayang cerita Wahyu Makutha Rama dan dilengkapi koleksi buku dari berbagai bidang ilmu.

Bangunan penunjang yang terdiri dari kios souvenir, cafe, kantor pengelola, musholla, shelter, restoran, hingga area bermain untuk anak-anak dan sangkar burung merak putih. Bagian tata ruang luar juga difungsikan sebagai tempat rekreasi bagi pengunjung dan area penghijauan yang terdiri dari area taman dan kumpulan tanaman langka khas Indonesia, contohnya jambu mawar, rambutan Irian, pohon laki-laki, dan dawet putih.

museum purna bhakti pertiwi taman mini indonesia indah
Museum Purna Bhakti Pertiwi di TMII, oleh SejarahLengkap

10. Museum Keprajuritan Indonesia

Saat pertama kali Anda melihat bangunan museum yang satu ini, Anda bisa jadi terkagum-kagum dan merasa seperti di dalam film perang. Hal ini dikarenakan bangunan museum tersebut berbentuk benteng persegi lima. Tak kelupaan benda yang dipamerkan juga tak kalah menarik dan menawan. Museum yang menggambarkan jiwa dan semangat prajurit Indonesia dalam mengusir penjajah sangat tercermin di dalamnya. Di dalam benteng terdapat lima menara pengawas yang melambangkan kewaspadaan Indonesia terhadap ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan kedaulatan negara. Di bagian depan museum juga terdapat danau buatan yang dilengkapi dengan miniatur dermaga serta dua kapal Pinisi khas Bugis dan Banten, melambangkan kekuatan maritim Indonesia bagian barat dan timur.

museum keprajuritan tmii
Museum Keprajuritan di TMII, oleh Trapelin

11. Museum Pusaka

Museum di Taman Mini Indonesia Indah ini terletak di antara Museum Keprajuritan Indonesia dan Museum Serangga dengan keunikan atap yang terdapat keris raksasa. Awalnya museum dibangun tanggal 1 September 1992 dan diresmikan pada 20 April 1993 ini memiliki koleksi senjata tradisional atau pusaka terlengkap yang mewakili 26 provinsi di Indonesia. Koleksi yang ada saat ini awalnya merupakan koleksi pribadi dari Dra. Hk. Sri Lestari Mas Agung, namun akhirnya dihibahkan kepada Ibu Tien Soeharto lalu ditambah dengan pembelian pusaka untuk melengkapi koleksi museum tersebut. Museum ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat untuk merawat dan melestarikan benda-benda budaya dan senjata pusaka agar bisa dinikmati keberadaannya oleh generasi penerus bangsa Indonesia.

Museum Pusaka ini terdiri dari beberapa ruangan, yaitu ruang pameran, ruang informasi, ruang pengelola, ruang sarasehan, perpustakaan, ruang konservasi, ruang preservasi, ruang bursa dan ruang cinderamata. Berbagai macam benda pusaka dipamerkan di museum ini yang wajib Anda lihat ketika berkunjung ke Taman Mini Indonesia ini.

museum pusaka tmii
Museum Pusaka di TMII, oleh Unknown/Blogspot

12. Museum Telekomunikasi

Museum ini merupakan museum sains yang membahas tentang perkembangan telekomunikasi di Indonesia dengan bentuk bangunan menyerupai kubah berwarna biru, ditambah dengan patung Patih Gajah Mada yang melambangkan Sumpah Palapa. Kenapa hal tersebut berkaitan dengan telekomunikasi Indonesia? Hal ini dikarenakan satelit komunikasi pertama di Indonesia bernama Satelit Palapa, selain itu juga sesuainya Sumpah Palapa yang menyatukan Nusantara. Museum Telekomunikasi terletak di bagian depan Taman Mini Indonesia Indah atau di sebelah selatan Museum Olahraga serta membelakangi Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal. 

Museum yang mulai dibangun pada 27 September 1989 dan diresmikan pada 20 April 1991 ini terdiri dari bangunan induk untuk ruang pengelolaan dan ruangan pameran serta ruang penerima tamu di bagian depan museum. Adanya museum ini, Anda bisa mengetahui perkembangan pertelekomunikasian di Indonesia mulai dari zaman sebelum perang, awal kemerdekaan, order baru, dan masa depan telekomunikasi dunia, termasuk alat komunikasi yang ada dari masa ke masa. Selain itu museum ini bisa menjadi sarana edukasi bagi pengunjung karena dilengkapi fasilitas teater yang akan menayangkan film dokumenter perkembangan teknologi telekomunikasi di Indonesia. 

museum telekomunikasi tmii
Museum Telekomunikasi di TMII, oleh Blogspot

13. Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal

Mungkin hampir semua umat muslim di Indonesia tahu tentang Masjid Istiqlal Jakarta. Tapi apa Anda tahu jika di Taman Mini Indonesia Indah ada museum Istiqlal? Jadi di TMII Jakarta ada museum islam bernama Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal. Bayt Al-Quran yang berarti rumah Al-Quran yang berisikan peragaan terkait Al-Quran, sedangkan Museum Istiqlal berisikan hasil kebudayaan Islam di Indonesia.

Museum yang diresmikan pada 20 April 1997 ini memiliki tujuan untuk memperlihatkan bahwa Islam berperan dalam pemersatu bangsa dengan menampilkan ajaran budaya Islam di Indonesia yang berkualitas. Selain itu juga sebagai pemantapan identitas Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Anda bisa melihat karya-karya terbaik dari para ulama dan intelektual muslim Indonesia sejak abad ke-17 hingga abad ke-20. 

Baca juga: Megahnya Masjid Istiqlal, Terbesar Se-Asia Tenggara

Koleksi karya yang ada di Bayt Al-Quran antara lain mushaf dari Indonesia dan beberapa negara muslim lainnya, manuskrip Al-Quran standar Departemen Agama RI serta manuskrip Al-Quran braille untuk umat muslim penyandang tuna netra, arsitektur Islam, dan berbagai seni rupa Islami. Disisi lain, di dalam ruang peraga Museum Istiqlal menyimpan benda-benda budaya Islam di Indonesia yang sudah berusia berabad-abad lamanya, dimana berbaurnya budaya Islam dengan suku, ras, dan adat istiadat yang ada di Indonesia. Selain itu juga ada warisan, arsitektur, seni rupa kontemporer yang tersimpan rapi di dalam museum tersebut. Fasilitas museum ini juga tak kalah lengkap dengan museum-museum lainnya, antara lain ruang serbaguna, auditorium, ruang audio visual, ruang kelas, ruang pameran, dan balkon. 

museum masjid istiqlal taman mini indonesia indah
Museum Masjid Istiqlal di TMII, oleh Mutiara Ilmu/Blogspot

14. Museum Asmat

Museum unik selanjutnya adalah Museum Asmat. Pembangunan museum pada 1 Maret 1986 merupakan hasil pencapaian Indonesia dalam mengenalkan Suku Asmat ke dunia internasional. Sehingga banyak orang asing yang sangat tertarik dengan budaya Suku Asmat, terlebih pada seni ukir Asmat. Maka dari itu Ibu Tien Soeharto mencetuskan pembangunan museum yang dikhususkan untuk Suku Asmat. Keren sekali bukan?

Bangunan museum ini berbentuk menyerupai rumah Kariwari, rumah pemujaan suku Tobati-Enggros yang merupakan suku asli di tepi Danau Sentani, Papua. Bangunan museum terdiri dari tiga bangunan utama dan dua bangunan penghubung yang semuanya berbentuk segi delapan dengan arsitektur rumah panggung. Tak lupa pengelola menyusun tata ruang pameran museum ini berdasarkan tema supaya pengunjung lebih mudah memahami kehidupan suku Asmat. 

museum asmat tmii
Museum Asmat di TMII, oleh heikaku

Bangunan utama yang pertama memiliki tema manusia dan lingkungan sekitar. Disana Anda akan diperlihatkan macam-macam pakaian adat dan perhiasan, diorama mata pencaharian hidup suku Asmat (menokok sagu), warumon (perahu arwah, kendaraan roh nenek moyang), mbis pole (patung nenek moyang) dan lain sebagainya. Bangunan utama yang kedua memiliki tema manusia dan kebudayaan. Disana Anda akan diperlihatkan peralatan khas suku Asmat untuk membuat sagu, peralatan berburu, senjata, benda budaya dan upacara, tifa (sejenis kendang), fu (alat musik dari bambu), dan si (kapak besi). Bangunan utama yang ketiga memiliki tema manusia dan hasil kreatifitasnya. Disana Anda akan diperlihatkan hasil seni kontemporer yang merupakan hasil pengembangan pola rancangan tradisional. 

15. Museum Timor Timur

Salah satu museum Taman Mini Indonesia Indah ini menyimpan banyak sejarah masyarakat Timor Timur sebelum memisahkan diri dari wilayah NKRI. Museum Timor Timur ini terletak di sebelah utara Istana Anak-Anak Indonesia, menghadap ke selatan ke arah Museum Perangko Indonesia serta Museum Fauna Indonesia dan Taman Reptilia Komodo. Bangunan museum yang sebelumnya merupakan anjungan ini dibangun pada tahun 1979 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1980. 

Arsitektur museum yang menyerupai rumah penduduk Lospalos terdiri dari bangunan utama yang bernama uma lautem atau dagada dan bangunan pendukung lainnya. Uma lautem atau dagada ini berupa rumah panggung dengan empat tiang, bentuk rumahnya segi empat dengan atas ramping menjulang. Bangunan yang sebagian besar berdinding kayu dan memiliki atap berlapis ijuk ini begitu menawan. Di dalam uma lautem terdapat barang-barang khas Timor Timur, seperti peralatan makan, busana adat, senjata tradisional, alat musik tradisional, hasil kerajinan, dan benda khas lainnya. Selain itu tak ketinggalan memamerkan foto keindahan alam yang ada di Timor Timur, salah satunya adalah patung Kristus Raja. 

Bangunan pendukung uma lautem berupa panggung kembar beratap bulat dan tidak berdinding, berfungsi sebagai balai pertemuan adat, tetapi di Museum Timor Timur beralih fungsi sebagai tempat istirahat untuk pengunjung. Fungsi lainnya adalah sebagai tempat pergelaran seni khas Timor Timur.

museum timor timur tmii
Museum Timor Timur di TMII, oleh jalanjalan,co

16. Museum Hakka Indonesia

Museum dengan sejarah yang tidak terlepas dari sejarah Tionghoa Indonesia ini juga wajib Anda kunjungi. Secara garis besar, Museum Hakka Indonesia terdiri dari 3 ruang pameran yaitu :

  1. Museum Tionghoa Indonesia, berada di lantai 2 Museum Hakka Indonesia. Adapun ruangan-ruangan pamer yang ada seperti:
    A. Ruang Sejarah kedatangan orang Tionghoa di Indonesia
    B. Pameran foto profesi orang Tionghoa di era kolonial
    C. Ruang “Merah Putih”, berisikan foto tokoh-tokoh Tionghoa yang berjasa terhadap Indonesia
    D. Sejarah orang Tionghoa di Aceh, Kalimantan Barat, Tangeran, Bangka Belitung, dan lain sebagainya
    E. Ruang khusus sejarah riwayat Tjong Yong Hian dan Tjong Yao Hian asal Medan, sejarah Putri Kang Cing Wei asal Bali, dan lain sebagainya
    F. Pameran Opera Tionghoa, Potehi, Wayang Kulit, Gambang Kromong, dan lain sebagainya
    G. Ruangan sejarah peranan orang Tionghoa di dunia perfilman, batik, kuliner, dan lain sebagainya.
  2. Museum Hakka Indonesia yang berada di lantai 3 ini memiliki ruang pameran yang terbagi pada sejarah migrasi Hakka ke Indonesia, foto-foto kuliner Hakka, dan miniatur rumah orang Hakka. Lalu ruangan pameran kebudayaan dan pendidikan orang Hakka serta ruangan tokoh-tokoh ternama Hakka dan peralatan pertanian. Kemudian ada juga contoh ruangan kamar pengantin, tandu, alat-alat rumah tangga dan artefak Hakka lainnya.
  3. Museum Yongding Hakka Indonesia, museum yang menceritakan bangunan Tulou, tokoh ternama Yongding, peralatan toko obat Tionghoa, dan kegiatan sosial lainnya
museum hakka tmii
Museum Hakka di TMII, oleh baka_neko_baka/flickr

17. Museum Serangga dan Taman Kupu

Taman Mini Indonesia Indah juga punya museum satwa lo! Salah satunya adalah Museum Serangga dan Taman Kupu. Dibangunnya museum ini berasal dari gagasan pengurus Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia dan Museum Zoologicum Bogoriense. Adapun museum ini bertujuan untuk mengenalkan keanekaragaman dunia serangga serta perannya di alam. 

Museum ini diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada 20 April 1993, bertepatan dengan hari jadi TMII ke-18. Pada tahun 1998, museum ini menambah fasilitas baru yaitu Taman Kupu atas usulan dari Bapak Soedjarwo dari Yayasan Wana Jaya. 16% jumlah jenis serangga di dunia ada di Indonesia. Jadi tidak heran bahwa kekayaan fauna serangga Indonesia bisa dipamerkan di museum tersebut. Museum Serangga dan Taman Kupu ini memiliki 250 jenis kupu-kupu, 200 jenis kumbang, dan 150 kelompok serangga lainnya. Tak lupa diorama kehidupan serangga bisa Anda lihat di museum ini. Keren sekali ya!

museum serangga tmii
Museum Serangga dan Kupu-kupu di TMII Jakarta, oleh Trubus

18. Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil

Museum satwa selanjutnya yang tak kalah eksotik adalah Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil. Tentu saja, satwanya tiruan ya! Uniknya lagi, bangunan museumnya berbentuk binatang Komodo, reptil purba yang habitat aslinya ada di Pulau Komodo, NTT. Pembangunan museum ini dimulai pada 1 Oktober 1975 dan diresmikan pada 20 April 1978. 

museum komodo taman mini indonesia indah
Museum Komodo di TMII, oleh Dini Afrianti

Museum Komodo ini sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak dan pelajar supaya bisa melihat kekayaan fauna eksotik Indonesia dalam bentuk diorama. Adapun 150 jenis binatang sudah diawetkan disana dan diletakkan di ruangan kaca agar menghindari kerusakan yang tidak diharapkan. Fauna yang dipamerkan di museum tersebut antara lain binatang mamalia, serangga, reptil, kupu-kupu, fauna laut seperti kerang, kepiting, serta udang. Selain itu juga ada binatang buas seperti kaki seribu, laba-laba, kalajengking, dan sebagainya.

Lokasi Taman Mini Indonesia Indah

Alamat Taman Mini Indonesia Indah berlokasi di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Lokasi TMII Jak mudah dijangkau karena terletak di daerah strategis.

Untuk Anak Nusantara yang ingin berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah sebaiknya siapkan dulu budget yang dibutuhkan.

Harga Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Jam Operasional (Senin-Minggu)07.00 – 22.00
Tiket Pintu MasukRp 20.000
MobilRp 20.000
Bus/Truk Rp 40.000
Motor Rp 15.000
Sepeda Rp 1.000

Harga tiket masuk museum-museum TMII Jakarta:

Nama MuseumHarga Tiket per Orang
Museum IndonesiaRp 15.000
Museum KeprajuritanRp 4.000
Museum Perangko IndonesiaRp 5.000 
Museum PusakaRp 10.000 
Museum TransportasiRp 5.000 
Museum Listrik dan Energi BaruRp 10.000 
Museum TelekomunikasiRp 2.000 
Museum Olahraga NasionalRp 2.000 
Museum AsmatRp 10.000 
Museum Timor-TimurRp 5.000 
Pusat Peragaan IPTEKRp 16.500 
Museum Minyak dan Gas BumiRp 15.000 
Museum PeneranganGratis 
Bayt Al-Quran dan Museum IstiqlalRp 5.000 (lokal)
Rp 10.000 (turis)


Last Updated on September 9, 2020

Alicia josephine Hello, I am a girl who love new challenge. Graduated from college majoring in English with Journalist concentrated. Yes! I like writing. I can write anywhere, everywhere in anytime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll up