7 Ide Lomba Agustusan Saat Pandemi, Dijamin Aman & Seru!

3 min read

turnamen esport

Pandemi COVID-19 yang telah melanda berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia membuat umat manusia harus membiasakan diri dengan gaya hidup baru. Berbagai lini kehidupan harus mengubah tata cara berkegiatan sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang disarankan WHO. Pandemi yang masih terjadi hingga bulan Agustus ini membuat pemerintah Indonesia harus mengurangi kegiatan yang mengharuskan untuk berkumpul dengan banyak orang, contohnya upacara bendera di beberapa instansi dan kegiatan lomba agustusan.

Meskipun begitu, kalian masih bisa mengadakan lomba agustusan saat pandemi lho! Sama serunya dengan lomba panjat pinang atau tali tambang, berikut ini Munus rekomendasikan 7 lomba di tengah pandemi yang bisa kamu coba.

1. Turnamen Game E-Sport

Turnamen esport
Ilustrasi turnamen e-sport, foto oleh JESHOOTS,COM on unsplash,com

Salah satu lomba 17 agustus yang tetap seru untuk dimainkan adalah turnamen game E-Sport. E-Sport mulai populer sejak menjadi salah satu jenis olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 di Filipina. Hal ini mengingat banyak kalangan terutama pemuda gemar bermain game online. Beberapa macam game online yang bisa dimainkan sebagai lomba agustusan saat pandemi adalah sebagai berikut.

  1. Mobile Legends : Bang Bang
  2. PUBG
  3. DOTA 2
  4. Counter Strike : Global Offensive
  5. PES
  6. Point Blank

Turnamen E-Sport bakal menjadi salah satu jenis lomba agustusan yang banyak diminati kalangan muda, apalagi ada iming-iming hadiah untuk pemenangnya. Dijamin seru dan menyenangkan!

2. Lomba TikTok Tema Kemerdekaan

Ketenaran TikTok sebagai platform berbagi video asal China semakin meroket di tengah pandemi seperti sekarang. Banyak warga Indonesia dari berbagai kalangan usia pasti pernah mencoba menggunakan TikTok untuk mengisi waktu luang selama di rumah. Sejak pertama kali kemunculannya di tengah kecanggihan teknologi, TikTok melahirkan banyak tren yang tak sedikit diikuti oleh masyarakat.

Memanfaatkan TikTok untuk memeriahkan hari ulang tahun Indonesia? Bisa banget lho! Hingga kini sudah banyak masyarakat Indonesia yang membuat video TikTok bertemakan hari kemerdekaan sebagai salah satu lomba agustusan yang kreatif.

Anda juga bisa berpartisipasi dalam salah satu lombanya, diantaranya Lomba Joget Kemerdekaan, Lomba Dandan dengan busana adat tradisional Indonesia, Lomba Menyanyi lagu tradisional Indonesia, dan lain sebagainya. Jika anda mencari referensi macam-macam lomba yang cocok saat pandemi, lomba TikTok bisa menjadi pilihannya. 

3. Kuis Online

Jenis lomba 17 Agustus yang tak kalah seru dimainkan adalah kuis. Lomba kuis dengan berbagai macam pertanyaan selalu menjadi pilihan lomba yang seru dimainkan oleh berbagai kalangan usia. Namun di tengah pandemi seperti ini lomba kuis juga tetap bisa diselenggarakan dengan bantuan kecanggihan teknologi. Anda bisa mencoba kuis online.

Berbagai macam platform kuis online bisa anda gunakan, mulai dari Kahoot, Quizizz, hingga Gartic.io. Jika Kahoot dan Quizizz menerapkan konsep kuis online dengan menanyakan beberapa pertanyaan dalam waktu yang terbatas, lain halnya dengan Gartic.io.

Gartic.io menerapkan konsep kuis dengan adu kecepatan menebak gambar yang digambar oleh peserta lainnya dalam waktu yang terbatas. Gambar juga harus sesuai dengan kata kunci yang diberikan oleh aplikasi. 

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Hari Libur Kemerdekaan

4. Lomba Foto Tema Kemerdekaan

Punya hobi fotografi? Lomba agustusan yang kreatif selanjutnya mungkin cocok untuk anda yang memiliki hobi tersebut, lomba foto bertemakan kemerdekaan. Banyak pihak menyelenggarakan lomba foto tersebut, mulai dari PT PERTAMINA, beberapa kementerian negara hingga Bapak Presiden Joko Widodo. Beberapa kategori dan persyaratan juga dicantumkan sebagai kualifikasi mengikuti lomba yang berhadiah total jutaan rupiah. 

Lomba foto yang diadakan beberapa instansi pemerintahan di atas bisa diikuti oleh berbagai profesi, mulai dari masyarakat umum, guru, dosen, wartawan, fotografer, dan lain sebagainya.

Jadi tak perlu khawatir tidak bisa mengikuti lomba yang cukup menggiurkan. Lomba yang dilakukan secara online ini merupakan lomba agustusan saat pandemi yang digalakkan oleh pemerintah Indonesia agar masyarakat Indonesia tetap bisa kreatif dan produktif meskipun dari rumah. 

5. Lomba Menghias Masker

Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, masker menjadi barang wajib yang harus dimiliki dan digunakan oleh semua orang. Pada umumnya masyarakat menggunakan masker dengan desain yang sederhana karena hal terpenting dari sebuah masker adalah fungsinya sebagai pelindung dari virus COVID-19.

Masker
Ilustrasi masker, foto oleh Bara Buri on unsplash,com

Namun seiring berjalannya waktu, kreatifitas orang dalam memanfaatkan pandemi sebagai momen berinovasi yang positif semakin tinggi. Salah satunya adalah menghias masker agar terlihat unik dan fashionable.

Anda juga bisa memanfaatkan ide menghias masker sebagai salah satu lomba 17 agustus yang unik dan kreatif. Lomba menghias masker bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Masker dapat dihias dengan berbagai pernak-pernik dan cat yang aman untuk anak-anak. Sehingga lomba dapat diselenggarakan dengan aman dan tetap seru. Budget yang dikeluarkan pun juga tak banyak, jadi tak perlu khawatir ya!

6. Lomba Video Kreatif

Serupa tapi tak sama dengan lomba TikTok di atas, Anak Nusantara juga bisa mengadakan lomba video kreatif secara sederhana. Lomba agustusan ini juga tergolong murah dan tak perlu banyak interaksi dengan banyak orang.

Lomba video kreatif
Ilustrasi pengambilan video, foto oleh Jakob Owens on Unsplash,com

Berbagai kriteria perlombaan bisa anda tentukan, mulai dari sekedar ucapan selamat ulang tahun Indonesia dengan cara yang unik, video gambaran merayakan kemerdekaan di suasana pandemi, peragaan busana online dan lain sebagainya.

Berbeda dengan lomba TikTok, lomba video ini tergolong lebih fleksibel dimana video buatan peserta bisa di unggah ke berbagai media sosial sebagai syarat penilaian nantinya contohnya diunggah ke Instagram atau Youtube.

7. Lomba Menulis Tema Kemerdekaan

Sebelum pandemi menyerang, lomba menulis umumnya dilakukan untuk kalangan anak-anak. Namun kali ini anda juga bisa mengadakan lomba menulis bertemakan kemerdekaan sebagai lomba 17 Agustus yang seru. Lomba menulis juga cocok menjadi sarana meluapkan isi pikiran dan melatih kreatifitas anda dalam kepenulisan.

Lomba menulis
Ilustrasi menulis, foto oleh NeONBRAND on Unsplash,com

Anda dapat menentukan tema penulisan yang berkaitan dengan kemerdekaan dan sejarah Indonesia secara umum. Tak hanya itu, lomba menulis juga bisa diikuti oleh berbagai kalangan dan usia lho! Jadi dijamin seru dan bermanfaat bagi sesama.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba berbagai jenis lomba di atas sebagai alternatif lomba agustusan saat pandemi? Cara merayakan ulang tahun negara tercinta boleh berbeda, namun rasa kekeluargaan dan cinta tanah air harus tetap dijunjung tinggi ya!

Last Updated on Agustus 24, 2020

Ken Arok: Asal-usul, Sejarah, Hingga Kematiannya

Tidak hanya kisah cintanya dengan Ken Dedes yang sampai saat ini menjadi sejarah yang tak terlupakan, namun ia juga dikenal sebagai sosok yang keras...
Lovely Fida Nurfaiziah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll up