1. Candi
  2. Kerajaan

Yuk Kenali Candi Badut, Bangunan Bersejarah di Malang

Candi badut terletak di kota Malang, persisnya berada di kawasan Tidar bagian barat. Candi tersebut memiliki tatanan yang sangat rapi, sehingga membuat pemandangan menjadi indah. Anak Nusantara juga bisa berfoto dengan latar belakang Candi Badut Malang yang memiliki nilai budaya tinggi.

Keindahan taman di sekitar candi sangat diperhatikan dan dipelihara oleh petugas cagar budaya kota Malang. Selain memiliki pemandangan yang indah kalian dapat memperoleh banyak informasi mengenai candi ini. Selain membacanya dari plang yang disediakan, kalian juga dapat bertanya-tanya kepada petugas yang sedang berjaga di sana.

Candi ini memiliki tiga bagian, yaitu bagian kaki, badan, dan puncak. Bagian kaki disebut dengan bhurloka yang menceritakan tentang alam manusia pada bagian ini diberi alas penyangga yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 14,1 m x 18,9 m. Lalu, bagian badan candi berbentuk persegi dengan ukuran 7,5 meter x 7,4 meter dan tinggi 3,62 meter. Bagian badan ini dinamakan Vimana yang disebut Bwahloka, yang mendefinisikan sebuah gambaran dari alam dan langit. yang mana sering disebut dengan swah loka. Disini berisi lukisan dari kahyangan para dewa, tetapi bagian puncak ini tampak kurang jelas. Hal itu disebabkan saat penggalian pada masa silam beberapa bagian Candi Badut tidak ditemukan.

candi badut malang
Bangunan Bersejarah Candi Badut Malang, oleh Aprilendah/blogspot

Sejarah Candi Badut

Asal usul dari sejarah Candi Badut merupakan salah satu candi peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang terletak di Kota Malang. Candi ini diduga  dibangun atas perintah Raja Gajayana dan Kerajaan Kanjuruhan yang memiliki usia diperkirakan lebih dari 1400 tahun. Jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga, yaitu masa dimulainya pembangunan candi-candi lain di Jawa Timur, dan candi ini merupakan candi tertua.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Maret 12, 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Terbukti dalam catatan sejarah, bahwa keterkaitannya dengan Kerajaan Kanjuruhan memiliki ciri khas yang membedakan sejarah Candi Badut dengan candi-candi lain di Jawa Timur. Seperti Kala Makara pada candi ini dibuat tanpa rahang bawah, mirip dengan Candi Dieng yang berada di Jawa Tengah dalam hal bentuk reliefnya yang simetris.

Candi ini telah ditemukan di tahun 1921 oleh Maureen Brecher. Ia seorang Kontrolir yang berkebangsaan Belanda pada saat ditemukan bentuknya berupa longgokan yang diakibatkan dari reruntuhan batu yang bercampur dengan tanah. P Sekitar tahun 1925 – 1927, Candi Badut dibangun kembali di bawah naungan jawatan purbakala hindia – belanda yang diawasi langsung oleh B De Haan.

Dari hasil penggalian diketahui bahwa bangunan candi tersebut telah runtuh, kecuali bagian kaki yang masih dapat dilihat susunannya. Batu – batu yang ada di sekitar kemudian dikumpulkan menurut jenis dan ukurannya. Pada tahun 1926 seluruh bagian kaki dan tubuh dibangun kembali, kecuali bagian atapnya yang tidak ditemukan.

wisata candi badut di malang
Seni Kontemporer di Candi Badut, oleh Merdeka/Malang

Wisata Candi Badut Malang

Sebagai sebuah situs peninggalan sejarah bangsa, tentu saja wisata sejarah menjadi kegiatan utama di candi ini. Selain itu keunikan desain dari candi ini bisa dijadikan sebagai lokasi swafoto bersama teman maupun keluarga. Kunjungi juga Candi Borobudur, Candi Buddha Terbesar di DUNIA yang tak kalah bagus dan bersejarah untuk pilihan Anak Nusantara.

Lokasi

Lokasi Candi Badut terletak di kota Malang bagian barat . Alamatnya berada di dusun Karang Besuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi candi ini berdekatan dengan Universitas Ma Chung yang mana dapat ditempuh hanya dengan waktu 15 menit ke arah timur jika berjalan kaki.

Rute menuju candi bisa menggunakan mobil, motor, maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Malang, rute yang paling mudah di tempuh jika menggunakan kendaraan pribadi yaitu lewat Jl. Retawu yang berada di sebelah utara museum brawijaya, lurus ke arah barat melewati Jl. Bondowoso-Jl. Raya Tidar-Jl. Puncak Mandala-Jl. Puncak Yamin, Jl. Esberg, lalu belok kanan melewati ujung Jl. Himalaya pangkalan mikrolet trayek Arjosari-Tidar. Dari pangkalan microlet, kamu akan menemui Jl. Candi. Lokasi candi berada di kiri jalan di depan TK Dharma Wanita II Karangbesuki.

Jika menggunakan kendaraan umum, dari kota Malang kamu bisa naik mikrolet jurusan Arjosari-Tidar dan turun pojok Jl. Himalaya. Dari sini, kamu harus jalan kaki ke utara, kurang lebih 300 meter hingga sampai lokasi candi.

Tiket Masuk

Supaya bisa masuk Anak Nusantara harus merogoh kocek.
Berikut daftar harga tiket masuk dan jam buka:

Jam Buka 08.00 – 15.00 WIB
Senin – JumatRp. 10,000
Sabtu – MingguRp. 10,000

Baca Juga : Candi Mendut: Peninggalan Sejarah Bercorak Budha

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk Kenali Candi Badut, Bangunan Bersejarah di Malang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]