1. Alat Musik Tradisional
  2. Budaya

Alat Musik Tifa: Produk Asli Kebudayaan Indonesia Timur

Budaya kesenian tradisional sangat beragam di Indonesia, salah satu cabangnya yaitu pada bidang musik. Musik tersebut dimainkan menggunakan alat musik tradisional yang menjadi identitas dari suatu daerah. Satu diantara alat musik tradisional yang ada di Indonesia adalah Tifa. Kali ini Munus akan membahas mengenai sejarah hingga cara memainkan Alat Musik Tifa.

Sejarah Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa berasal dari Indonesia Timur, yaitu daerah Papua dan Maluku. Banyak versi sejarah dari ditemukannya alat musik Tifa. Sejarah tersebut beragam tergantung dari tiap daerahnya. Namun, terdapat satu sejarah ditemukannya Tifa yang sangat terkenal, yaitu di daerah Biak. Berbentuk seperti cerita rakyat yang masih erat kaitannya dengan mitos, cerita tersebut dipercaya oleh masyarakat setempat.

Diceritakan di suatu daerah bernama Maryendi hidup dua orang lelaki bersaudara. Dua bersaudara tersebut bernama Fraimun dan Sarenbeyar. Nama-nama tersebut memiliki arti yang sangat bagus. Fraimun memiliki arti perangkat perang yang gagangnya dapat membunuh, sedangkan Sarenbeyar yang terdiri dari dua kata yaitu Saren yang berarti busur dan Beyar yang bermakna anak panah yang terpasang pada busur. 

gambar-alat-musik-tifa-travel.detik
Gambar Alat Musik Tifa, foto oleh Travel.detik. com

Fraimun dan Sarenbeyar pergi dari daerah asalnya, Maryendi, dikarenakan desa tersebut telah tenggelam. Mereka kemudian berkelana untuk mencari daerah baru yang dapat ditinggali hingga kemudian menemukan suatu daerah di Biak Utara bernama Wampember. Mereka kemudian tinggal dan menetap di sana. 

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Pada saat mereka berburu di malam hari, mereka melihat sebatang pohon bernama opsur. Pohon ini adalah pohon yang mengeluarkan bunyi di tengah hutan. Dikarenakan sudah sangat larut, dua bersaudara ini pulang dan kembali ke tempat yang sama di keesokan harinya. Ketika sampai di titik yang sama dimana opsur itu berada, mereka menemukan bahwasanya terdapat beberapa hewan yang tinggal di sana seperti lebah madu, soa-soa, biawak, dan hewan lainnya.

Karena penasaran, dua lelaki tersebut pun menebang pohon itu kemudian mengeruk bagian dalam dari kayu hingga bolong berbentuk seperti pipa. Alat yang digunakan untuk mengeruk adalah nibong, yaitu semacam besi panjang yang ujungnya sangat tajam. Setelah selesai dikeruk, bagian tengahnya dibakar dengan tujuan agar lebih apik.

gambar-alat-musik-tifa-taldebrooklyn
Gambar Alat Musik Tifa, foto oleh Taldebrooklyn. com

Sesudah kayu berbentuk tabung tersebut yang apik, Fraimun dan Sarenbeyar berniat menutupi salah satu lubang dengan menggunakan kulit paha sang kakak. Akan tetapi, karena dirasa akan sangat menyakitkan, maka niatan tersebut diurungkan. Mereka kemudian berunding dan menemukan ide untuk menggunakan kulit hewan sebagai penutupnya.

Kulit hewan yang digunakan yaitu soa-soa. Mereka memanggil soa-soa tersebut menggunakan bahasa Biak yang berbunyi “Hei, Napiro Bo..” secara berulang-ulang hingga mereka merasa bahwa hewan tersebut mengerti apa yang mereka bicarakan. Soa-soa itu kemudian pasrah dan menyerahkan diri hingga akhirnya dikuliti. Kulit tersebut pada akhirnya dipasang pada salah satu lubang dengan menggunakan rotan sebagai pengikatnya. 

Baca juga: Alat Musik Tradisional Sasando: Kebudayaan Asli NTT

Bahan Untuk Membuat Alat Musik Tifa

Tifa terbuat dari kayu berkualitas terbaik di daerah Papua, yaitu kayu lenggua. Kayu lenggua terkenal kuat dan tebal sehingga dikategorikan sebagai kayu nomor satu yang cocok digunakan untuk membuat instrumen musik. Kayu tersebut nantinya akan dikeruk bagian tengahnya sehingga menyerupai pipa.

Untuk menutupi salah satu bagian yang berlubang, bahan yang dipakai adalah kulit hewan. Hewan yang biasanya digunakan yaitu biawak, soa-soa, dan rusa. Sesudah kulit hewan tersebut dikuliti, maka dilanjutkan dengan menjemurnya hingga kering, semakin kering kulit tersebut maka suara yang dihasilkan juga semakin khas. Rotan dipakai untuk menyatukan antara kayu yang telah berbentuk tabung dengan kulit yang sudah kering. 

gambar-alat-musik-tifa-indonesiakaya
Gambar Alat Musik Tifa, foto oleh Indonesiakaya. com

Selain itu juga terdapat ukiran bermotif khas pada bagian kayu tersebut. Ukiran tersebut memiliki fungsi untuk menunjukkan hal-hal seputar kegiatan sehari-hari serta rasa syukur dari si pembuat. Selain itu, motif tersebut menunjukkan kedudukan apakah orang tersebut merupakan pakas anem (kepala suku) atau hanya masyarakat biasa.

Terdapat perbedaan mendasar pada Tifa yang berasal dari Papua dan Maluku. Tifa dari Papua memiliki pegangan di sisinya serta memiliki bentuk yang lebih ramping, sedangkan Tifa Maluku hanya terdapat tabung tanpa pegangan dan berukuran lebih lebar. Tifa sendiri memiliki beberapa jenis yang ditentukan oleh daerah asal dan juga bunyi yang dihasilkan, diantaranya Tifa Jekir, Tifa Potong, Tifa Dasar, serta Tifa Bas.

Fungsi Alat Musik Tifa

Tifa memiliki fungsi untuk dimainkan pada saat upacara-upacara besar dan peringatan tertentu. Selain itu, instrumen musik ini biasa dimainkan untuk mengiringi tarian-tarian tradisional seperti Tari Gatsi, Tari Asmat, dan tari tradisional yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan bentuk dan suara yang dihasilkan masih sangat tradisional dan cocok untuk kegiatan tradisional lainnya. Meski begitu, alat musik Tifa ini sudah terkenal ke penjuru tanah air bahkan hingga tingkat global.

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

gambar-alat-musik-tifa-selam,ukm,ugm,ac,id
Gambar Alat Musik Tifa, foto oleh Selam.ukm.ugm.ac. id

Selayaknya gendang yang merupakan instrumen khas Jawa, Alat Musik Tifa dimainkan dengan cara dipukul / ditabuh. Karena memiliki bentuk yang lebih ramping dan tidak terlalu berat, suara yang dihasilkan oleh Tifa menjadi lebih ringan, tidak berat dan berdengung seperti gendang. Orang yang memainkan biasanya adalah seorang laki-laki dewasa dengan tangan kosong.

Kesimpulan

Alat musik Tifa yang berasal dari Indonesia Timur ini merupakan instrumen tradisional yang dipakai untuk kegiatan adat berupa upacara-upacara besar. Suara yang dihasilkan pun sangat cocok untuk mengiringi berbagai kegiatan adat dan memiliki bentuk yang merepresentasikan nilai adat suatu daerah. Kekayaan kebudayaan ini patut untuk dilestarikan sehingga akan bertahan lama hingga anak cucu kita nanti.

Baca juga: Alat Musik Angklung: Warisan Budaya Dunia Dari Sunda

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Alat Musik Tifa: Produk Asli Kebudayaan Indonesia Timur

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]