Museum Angkut, Museum Dengan Tempat – Tempat yang Instagramable

3 min read

Museum Angkut Malang

Last Updated on September 21, 2020 by magang cmlabs

Pesona dari Kota Wisata Batu (KWB) tentunya tidak perlu untuk diragukan lagi. Beragam tempat wisata yang dikelola dengan baik serta suhu dingin akibat pengaruh letak geografis dataran tinggi menjadi faktor yang menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung. Tentunya anak nusantara pernah mendengar destinasi Museum Angkut bukan? Museum Angkut menjadi salah satu destinasi primadona para wisatawan yang tidak pernah terlewatkan.

Sejarah Singkat Museum Angkut

Museum yang mengangkat unsur otomotif sebagai tema utama ini diresmikan pada tanggal 9 Maret 2014 dan resmi tercatat sebagai museum moda transportasi pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Museum Angkut merupakan bagian dari Jawa Timur Park (JTP) Group. Dengan 11 zona menarik dilengkapi desain interior yang disesuaikan dengan kondisi zaman aslinya, pengunjung dapat merasakan sensasi melakukan perjalanan wisata keliling dunia antar masa ke masa. Anak nusantara dapat melihat secara langsung 300 koleksi kendaraan tradisional hingga modern yang tersebar di lahan dengan luas 3,8 hektar. Selain itu, pertunjukan hiburan unik dan menarik yang setiap hari ditampilkan telah menjadi ciri khas dari museum ini.

11 Zona Koleksi Museum Angkut 

Munus telah merangkum dengan singkat mengenai 11 zona koleksi menarik yang ada disini.

Area Aula Utama

Di area ini terdapat koleksi beberapa moda transportasi seperti sepeda motor, mobil, helikopter, sepeda, kereta angkut, mobil ford, bahkan koleksi miniatur transportasi. Terdapat juga permainan video simulator dari berbagai jenis moda transportasi yang patut untuk dicoba.

Area Garbarata

Area ini menampilkan moda transportasi tradisional hingga masa depan. Terdapat karapan sapi, becak, kereta uap dan kereta api, kapal dan perahu, mobil dan energi, serta replika kendaraan. Bioskop sejarah alat angkut dan apollo view juga menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan.

Area Runway 27 Airport

Anak nusantara dapat berfoto di dalam cockpit dari Pesawat Terbang RI-1 yang merupakan pesawat terbang kepresidenan era Presiden Soekarno, menarik bukan? Selain itu, terdapat pesawat helipad dan juga flight simulation games.

Zona Pecinan

Sesuai dengan namanya, zona ini menampilkan berbagai macam unsur budaya suku Tionghoa yang dapat dilihat secara langsung melalui moda transportasi maupun arsitektur.

Zona Batavia

Di zona ini terdapat motor legenda produksi Birmingham Small Arms (BSA) yang menjadi ikon khas batavia. Mobil antik station wagon dan juga kendaraan antik Jepang terdapat di area ini.

Zona Amerika

Gangster Town dan Broadway Theatre and Stage menjadi objek foto menarik yang unik dan instagrammable. Pengunjung dapat berfoto dengan koleksi mobil kuno seperti Cadillac, Mustang, Impala, Pontiac, dan sebagainya. Parade dan pertunjukan juga rutin digelar di area ini pada weekday maupun weekend.

Zona Eropa

Pada zona eropa ini dibagi menjadi beberapa area yakni Italia, Perancis, Jerman, dan Inggris. Terdapat replika ikon-ikon khas area tersebut yang sering menjadi objek foto. 

Area Buckingham Palace

Pengunjung dapat merasakan sensasi seperti hidup sebagai keluarga kerajaan di area ini. Taman Istana Buckingham dan kereta Buckingham menjadi idola khas di area ini.

Area Las Vegas

Ingin mengunjungi pusat hiburan dunia? Area Las Vegas menjadi pilihan utama yang wajib untuk dikunjungi. Pengunjung juga dapat melihat replika dari Luxor Resort dan Casino

Area Hollywood

Tentu anak nusantara tidak asing mendengar kata Hollywood. Rasakan sensasi bagaikan aktor maupun aktris ternama dengan mengunjungi area ini. Terdapat Bat Mobile VR Ride, Action Star Instant Studio, serta Dyno Power.

Area Pasar Apung

Pengunjung dapat melihat pasar terapung nusantara secara langsung di museum ini. Di area ini juga terdapat pojok seni dan juga D’Topeng Kingdom Museum. Apakah D’Topeng Museum Angkut itu? Sesuai dengan namanya, terdapat berbagai macam topeng khas nusantara dan koleksi benda-benda kuno seperti keris, patung, kitab dan sebagainya.

Museum Angkut: Fasilitas

Selain itu, museum ini juga dilengkapi fasilitas yang baik dan terawat. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung. Berikut daftar fasilitas yang tersedia:

WiFi GratisFood CourtToiletToilet Difabel
ATM CentreVending MachineMusholaRuang Ibu dan Anak
SwalayanToko Souvenir KhasCharging StationArea Parkir Luas
Pusat InformasiSnack StallsLoker Penitipan BarangPos Keamanan
Fasilitas

Jam Buka Museum Angkut

Museum ini telah resmi dibuka lagi sejak 15 Juli 2020 pada era new normal dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan standar pemerintah. Pihak dari museum juga telah menyiapkan mobil dan petugas kesehatan bagi para pengunjung yang tidak memenuhi standar protokol. Museum ini beroperasi setiap hari pukul 11.00 – 19.00.

Harga Tiket Museum Angkut

Harga tiket masuk museum tergolong terjangkau. Pengunjung dapat membeli tiket hanya dengan harga Rp. 80.000 baik pada weekday maupun weekend. Terdapat biaya tambahan apabila pengunjung membawa kamera profesional. Munus sarankan untuk melakukan pembelian tiket melalui situs resmi Jatim Park Group karena terdapat kuota maksimal kunjungan setiap harinya.

Alamat dan Rute Perjalanan

Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik
Kecamatan Batu, Kota Batu
Jawa Timur 65314

Perjalanan menuju ke lokasi dari pusat kota Malang memakan waktu sekitar 30-60 menit (sesuai dengan kepadatan lalu lintas) dengan menggunakan kendaraan pribadi. Terdapat dua opsi rute yang dapat ditempuh dari titik lokasi awal kota Malang.

  •  Rute 1 yang disarankan untuk dilewati: Jl. Tlogomas Malang – Jl. Dadaprejo Batu – Jl. Mojorejo Batu – Jl. Patimura Batu – Jl. Sultan Agung Batu (tujuan akhir). 
  •  Rute 2 yang disarankan untuk dilewati: Jl. Raya Mondoroko Malang, Jl. Perusahaan Raya Malang – Jl. Raya Kepuharjo Malang – Jl. Panglima Sudirman Batu – Jl. Drs. Moh Hatta Batu – Jl. Ir. Soekarno Batu – Jl. Raya Mojorejo Batu – Jl. Raya Beji – Jl.Patimura Batu – Jl. Sultan Agung Batu (tujuan akhir). 

Apabila anak nusantara datang dari kota Surabaya, akan lebih efisien apabila menempuh rute yang kedua.

Rekomendasi Hotel Disekitar Museum Angkut Batu

Aston Inn Batu (0.57 km)

Jl. Abdul Gani Atas 44
Rp. 500.000 – Rp. 700.000*

Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel (0.70 km)

Jl. Abdul Gani Atas 36
Rp. 500.000 – Rp. 600.000*

Hotel Batu Wonderland (1.57 km)

Jl. Imam Bonjol 17
Rp. 300.000 – Rp. 600.000*

Grand Batu Inn Hotel (1.62 km)

Jl. Oro Oro Ombo 1A
Rp. 250.000 – Rp. 450.000*

“Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Kontak Resmi

Berikut kontak resmi yang dapat dihubungi:

  • WhatsApp: 0811-3115-0077
  • Instagram: @museumangkut

Baca juga artikel terkait dengan museum transportasi lainnya: Ayo Naik Kereta Wisata di Museum Kereta Ambarawa!

Rahadian Dimas Dody

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll up