1. Museum
  2. Museum Sejarah

Museum Tsunami Aceh: Mengenang Tragedi 26 Desember 2004

Halo anak nusantara! Apakah kalian pernah mendengar berita tentang tsunami aceh tahun 2004? Wah mengerikan sekali bencana alam itu. Gempa yang terjadi di Aceh kemudian disusul tsunami pada tahun tersebut menghebohkan seluruh dunia. Bagaimana tidak? Tsunami yang berpusat di Aceh tak hanya memporak-porandakan Aceh, tetapi juga negara tetangga seperti India, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan lainnya. Tercatat ada 14 negara yang mengalami kerugian akibat bencana yang terjadi. Ratusan ribu nyawa juga menjadi korban pada tragedi tersebut. Kali ini munus akan membahas tentang Museum Tsunami Aceh yang didirikan untuk mengenang peristiwa bencana dahsyat tersebut.

Sejarah Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami diresmikan pada tahun 2009 oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden Indonesia saat itu. Museum ini memiliki lahan seluas 2.500 meter persegi. Berlatar belakang bencana tsunami yang menimpa Aceh, museum ini dibangun dengan konsep Rumoh Aceh on escape hill. Pembangunan museum menghabiskan dana sebesar 140 Miliar. Museum ini telah direncanakan sejak lama sebagai warisan dunia dalam mengingat tragedi tsunami Aceh. Lalu, ada Ikatan Arsitek Indonesia yang membantu mengadakan sayembara untuk perancangan museum.

Arsitektur Museum Tsunami Aceh 

Arsitek Museum Tsunami Aceh adalah Ridwan Kamil. Ridwan Kamil adalah seorang dosen arsitek Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Ia memenangkan sayembara  yang diadakan oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD dan Ikatan Arsitek Indonesia. Sayembara tersebut merupakan ajang tingkat internasional.

Konsep yang dirancang oleh arsitek Museum Tsunami Aceh ini sangat mengagumkan. Desain yang diterapkan memadukan rumah tradisional Aceh dan bencana alam yang terjadi. Terlihat juga bangunan ini memiliki dua perspektif. Dilihat dari bagian atas, bangunan ini tampak seperti gelombang tsunami. Namun jika dilihat dari tampak depan, bangunan ini seperti kapal besar dengan geladak yang luas. Atap bangunan dibuat terbuka yang bisa digunakan sebagai tempat evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana serupa. Jadi, selain untuk wisata, museum ini juga digunakan sebagai titik evakuasi dari bencana alam.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Konsep Bangunan Museum Tsunami Aceh

Bangunan ini terdiri pada 4 ruangan. Lantai 1 adalah ruang terbuka, mirip dengan rumah Aceh. selain digunakan sebagai ruangan terbuka untuk publik, jika terjadi tsunami kembali laju air tidak lagi terhalang oleh bangunan sehingga bangunan dapat kokoh dan cocok untuk tempat evakuasi.

Memasuki museum, terdapat ruangan yang disebut sebagai ruang renungan. Ruang renungan berupa lorong sempit dengan penerangan yang remang. Di sisi dinding lorong terdapat air mengalir di sisi kanan dan kiri, suara air itu diibaratkan sebagai suara gemuruh tsunami. Kemudian ada ruangan kaca yang disebut “Memorial Hill”. Ruangan ini dilengkapi dengan monitor yang menayangkan foto-foto kondisi Aceh yang hancur setelah tsunami berakhir.

Setelah lorong, ruangan berikutnya adalah ruangan berbentuk sumur silinder yang menyorotkan cahaya ke atas dengan tulisan lafadz Allah di atasnya. Ruangan yang disebut sebagai “The Light of God” ini berisi nama-nama korban yang meninggal dunia pada bencana tsunami. Selanjutnya ada ruang yang disebut Jembatan Harapan, jalannya memutar yang diibaratkan sebagai perjuangan warga Aceh untuk selamat dari bencana tsunami. Di ruangan ini juga terdapat 25 bendera negara yang telah membantu memulihkan Aceh pasca tsunami.

Kemudian di lantai berikutnya tersedia beberapa fasilitas, seperti perpustakaan, ruang geologi, mushola, dan tempat souvenir. Lalu di lantai paling atas museum, terdapat bukit dengan tanaman yang difungsikan sebagai tempat penyelamatan darurat. Tempat ini disebut dengan escape building. Lantai ini tidak dibuka untuk publik untuk menjaga kesterilan tempat agar dapat dipakai sewaktu waktu keadaan darurat. 

Alamat Museum

Untuk menuju museum ini, jalan yang ditempuh cukup mudah. Museum ini terletak di pusat kota Aceh, tepat nya di Jalan Iskandar Muda. Posisi nya sangat dekat dengan Masjid Baiturrohman dan Lapangan Blang Padang. 

Penampakan Museum Tsunami Aceh dari kejauhan
Museum Tsunami Aceh, foto oleh ksmtour

Harga Tiket Masuk

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, tidak perlu khawatir biaya yang dikenakan akan mahal. Ada beberapa tarif yang berlaku, untuk anak anak, pelajar dan mahasiswa dikenakan biaya sebesar 2000 rupiah. Untuk orang dewasa dikenakan biaya sebesar 3000 rupiah. Lalu untuk turis mancanegara, dikenakan biaya sebesar 10.000 rupiah. Bagaimana? Murah bukan. Museum ini juga buka setiap hari, dari jam 09.00 sampai 16.00

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Museum Tsunami Aceh: Mengenang Tragedi 26 Desember 2004

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]