1. Peninggalan Sejarah

Monumen Nasional, Simbol Semangat Perjuangan Bangsa Indonesia

Tugu Monumen Nasional yang terletak di jantung ibukota Jakarta adalah bagian dari salah satu landmark Indonesia. Disebut dengan Monas yang adalah monumen peringatan, didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan seluruh rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Daya semangat juang yang tinggi dengan kekuatan, kegigihan, serta kesetiaan sebagai kuncinya dalam mereka merebut kemerdekaan Indonesia dari jajahan pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah pemerintahan presiden Soekarno. Pada tanggal 12 Juli 1975 monumen ini resmi dibuka hingga saat ini. Dengan gambaran tugu yang dimahkotai lidah api dengan lapisan emas, melambangkan semangat perjuangan yang terus berkobar.

Tugu yang berdiri di atas lahan seluas 80 hektar berseberangan dengan Istana Negara ini menerima rancangan awal dari Silaban. Namun kemudian, Soekarno pada saat itu menunjuk seorang arsitek bernama R.M. Soedarsono untuk melanjutkan dan melaksanakan desain tersebut dan diselaraskan seperti keinginan sang presiden. Soedarsono telah paham bahwa Soekarno sangat menyukai filosofi, maka dari itu ia kemudian menyertakan angka 17-8-45 dalam rancangan baru itu yang mana angka tersebut merujuk pada momen kemerdekaan RI. Susunan angka-angka tersebut diwujudkan dalam rencana pembangunannya sebagai, tinggi cawan dari dasar 17 meter, lebar dasar monumen 8 meter, dan lebar halaman cawan 45 x 45 meter.

Lingga dan Yoni

Sesuai dengan keinginan Soekarno, Monumen Nasional dibangun berdasarkan tema dari Lingga-Yoni. Sebuah tugu yang tegak berdiri dan cawan dibagian bawahnya sebagai wadah. Tema itu adalah simbol hubungan yang sakral antara laki-laki dan perempuan, dimana banyak ditemukan sebagai salah satu unsur khas pada kebanyakan peninggalan candi di Indonesia.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Bung Karno sendiri mengakui bahwa dirinya terinspirasi akan itu dari Candi Sukuh yang terletak di Karanganyar daerah Jawa Tengah. Lingga adalah simbol dari salah satu dewa tertinggi dalam ajaran Hindu (Syiwa) dengan bentuk alat kelamin laki-laki. Yoni adalah lambang kesuburan yang merupakan simbol dari alat reproduksi perempuan.

Lingga dan Yoni di Candi Sukuh
Lingga dan Yoni di Candi Sukuh, Foto Oleh Linimasa Com

Selain sebagai lambang kesuburan pria dan wanita, bentuk Monas yang berupa Lingga-Yoni juga melambangkan alu dan cawan, ini adalah alat tradisional yang sangat umum bagi rakyat Indonesia, terlebih di pedesaan. Jadi bukan hanya selalu dimaknai dengan konotasi yang dianggap vulgar namun juga dapat dimaknai dengan lambang dua sisi yang selalu ada di dunia misalnya siang-malam, kanan-kiri, dan seterusnya.

Baca juga : Monumen Jogja Kembali

Api Nan Tak Kunjung Padam

Di puncak Monumen Nasional terdapat cawan yang ukurannya merupakan angka kemerdekaan Indonesia, menopang nyala lampu perunggu berbentuk lidah api yang beratnya mencapai 14,5 ton dengan lapisan emas 50 kilogram. Puncak tugu ini menggambar sebuah api yang tidak akan pernah padam, dengan memaknai bahwa bangsa Indonesia selalu memiliki semangat yang terus menyala dalam berjuang untuk tanah air tercinta.

 Puncak Tugu Monas
Puncak Tugu Monas, Foto oleh Rentacr Yasmincorp Com

Ruang Kemerdekaan

Di dalam cawan dari Monas ini terdapat Ruang Kemerdekaan yang berbentuk amphitheatre. Sebuah ruangan yang menyimpan simbol kenegaraan dan juga kemerdekaan Republik Indonesia. Naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ada di dalam sebuah kotak kaca yang berada di dalam pintu gerbang berlapis emas. Pintu tersebut terbuat dari perunggu yang dilapisi emas dan terdapat hiasan bunga Wijaya Kusuma dan bunga Teratai, melambangkan keabadian dan kesucian.

Ruangan ini biasa digunakan sebagai ruang tenang untuk mengheningkan cipta, mengenang kemerdekaan dan perjuangan pergerakan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Memperdengarkan pula lagu Padamu Negeri yang setelahnya diperdengarkan rekaman suara Soekarno saat membacakan naskah proklamasi pada 17 Agustus 1945.

Terdapat pula patung lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila yang dibuat dari perunggu dan juga berlapis emas. Lalu pada bagian sisi timur terdapat tulisan naskah proklamasi dengan huruf perunggu yang seharusnya terdapat pula bendera asli Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pada hari kemerdekaan Indonesia. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan bendera suci ini untuk dipamerkan. Pada sisi dinding marmer dengan warna hitam terdapat gambaran kepulauan Nusantara yang pula juga dilapisi emas, dimana kepulauan tersebut adalah lokasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ruang Kemerdekaan at Tugu Monumen Nasional
Ruang Kemerdekaan at Tugu Monumen Nasional, Foto oleh Wikipedia Com

Lokasi Monumen Nasional

Dimana letaknya tugu Monumen Nasional ini? Tentunya ada di pusat Ibu Kota Jakarta. Lokasi yang menjadi tempat yang selalu dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Tepatnya Monas berada di Lapangan Merdeka, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Waktu dan Harga Tiket

(data ter-update 2019)

Namun, untuk bisa masuk ke dalam tugu Monas atau cawan Monas harus merogoh kocek senilai Rp 2.000 untuk anak-anak; Rp 3.000 untuk mahasiswa; dan Rp 5.000 untuk orang dewasa. Namun beda lagi jika ingin naik ke puncak Monas, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp 2.000 untuk anak-anak; Rp 5.000 untuk mahasiswa; dan Rp 10.000 untuk orang dewasa. Waktu operasional Monas yang dipasang di dekat loket tiket masuk ke tugu monumen ini adalah sebagai berikut;

Hari Buka Selasa – Minggu
Jam 08.00 – 22.00 WIB
Puncak 08.00 – 16.00 (maks. 2000 orang)
19.00 – 22.00 WIB (maks. 500 orang)

Letak loket tiket masuk ke dalam tugu Monas berada di dekat Halte Tugu Monas yang letaknya di sebelah utara. Pengunjung yang masuk ke area Monas tidak akan dipungut biaya atau GRATIS selama tidak masuk ke dalam tugu Monas.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Monumen Nasional, Simbol Semangat Perjuangan Bangsa Indonesia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]