7 Tempat Yang Bisa Jadi Tujuan Wisata di Hari Kemerdekaan

Tugu Proklamasi
Bagi kamu yang berencana berwisata di hari libur kemerdekaan, berikut 7 rekomendasi tempat wisata bersejarah yang wajib kamu kunjungi.
Daftar isi

Tak terasa tinggal menghitung hari untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-75. Berbagai aktivitas bisa dilakukan untuk memeriahkan HUT RI pada tanggal 17 Agustus mendatang, seperti memasang bendera merah putih di depan rumah, memasang umbul-umbul, menghias jalanan kompleks rumah, dan masih banyak lagi.

Mengisi waktu berlibur saat tanggal 17 Agustus juga bisa menjadi alternatif berkegiatan kamu bersama keluarga lho! Museum Nusantara beri rekomendasi beberapa tempat tujuan berwisata di hari libur kemerdekaan. Baca lengkap artikel di bawah ini ya!

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional yang lebih akrab dengan sebutan Monas ini menjadi ikon kebanggaan Indonesia. Monumen yang berada di tengah Jakarta ini sangat strategis untuk dicari. Ketika kalian sedang berlibur ke Jakarta, tak afdol rasanya jika belum berkunjung ke monumen ini.

Selain menjadi tempat wisata, Monas juga cocok menjadi sarana edukasi anak-anak dan pelajar. Monas sangat direkomendasikan untuk Anak Nusantara kunjungi saat berwisata di hari libur Kemerdekaan.

Sejarah Berdirinya Monas

Latar belakang dibangunnya Monumen Nasional yaitu untuk mengenang dan mengabadikan jasa pahlawan dan segenap rakyat Indonesia lainnya yang berjuang dalam merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial Hindia Belanda serta sebagai pembangkit semangat untuk pemuda Indonesia. Monas menjadi tugu kebanggaan Bangsa Indonesia yang memiliki tinggi 132 meter.

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Pada tahun 1955 diadakan sayembara perancangan Monumen Nasional. Dari sayembara tersebut, terpilih 2 arsitek untuk merancang bangunan Monumen Nasional, yaitu Frederich Silaban dan R. M. Soedarsono. Pembangunan ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961.  Monas dibangun melalui 3 tahapan, yaitu :

  1. Tahap Pertama (1961/1962-1964/1965)
  2. Tahap pertama ini diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno secara seremonial dengan menancapkan pasak beton pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Monas.
  3. Tahap Kedua (1966-1968)
  4. Pada tahap kedua proses pembangunannya sempat tertunda. Hal ini disebabkan oleh peristiwa Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal dengan G 30S/PKI.
  5. Tahap Ketiga (1969-1975)
  6. Pada tahap ketiga dilakukan dengan menambahkan diorama. Diorama merupakan sebuah miniatur 3 dimensi. Meskipun pada saat itu pembangunannya telah rampung, namun masih dijumpai beberapa masalah yang terjadi, seperti kebocoran air yang menyebabkan tergenangnya museum di Monas.

Monas dibangun di atas lahan yang tercatat sudah 5 kali mengalami pergantian nama lokasi pembangunan. Yang pertama, lokasi pembangunan ini dinamakan Lapangan Gambir, lalu berganti menjadi Lapangan IKADA, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan terakhir menjadi Taman Monas.

Lokasi dan Rute Menuju Monas

Monas berada di tengah-tengah lapangan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen ini terletak di Gambir, sangat dekat dengan stasiun Gambir. Untuk menuju ke tempat wisata ini, bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Naik MRT
  2. MRT bisa kalian jumpai di setiap stasiun pemberhentian Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Rute MRT ini dimulai dari arah Lebak Bulus – Fatmawati – Senayan – Sudirman – Bundaran HI. Setelah sampai HI, silahkan beralih dengan menggunakan bus tingkat yang berlalu lalang di sekitaran Bundaran HI.
  3. Bus Tingkat
  4. Untuk naik bus tingkat ini tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis. Bus tingkat ini tentunya memiliki rutenya sendiri, yaitu dimulai dari Taman Kalijodo – Makam Mbah Priok – Senayan – Harmoni – Tosari – Sarinah – Juanda – Museum Gajah.
  5. KRL
  6. Jika kalian menggunakan transportasi KRL, silahkan naik kereta yang memiliki rute dari Bogor atau Depok menuju Jakarta. Silahkan turun di stasiun Gondangdia. Jika ditempuh dari Bekasi, Cikarang, dan Tanah Abang, maka kalian perlu transit terlebih dahulu di Stasiun Manggarai.
  7. TransJakarta
  8. Ketika naik busway, kalian dapat mengakhiri perjalanan di Halte Balai Kota, kemudian tinggal menyebrang saja untuk menuju lokasi tersebut.
  9. Kendaraan Pribadi
    • Dari Arah Bandara Soekarno – Hatta
    • Bandara – Tol Bandara – Tol Dalam Kota – Exit Slipi – Jl. Letjed. S. Parman – Jl. Brigjend Katamso – Flyover Stasiun Tanah Abang – Jatibaru – Jl. Abdul Muis – Budi Kemuliaan – Medan Merdeka Selatan – Monas.
    • Dari Arah Bandung
    • Bandung – Tol Purbaleunyi – Tol Jakarta Cikampek – Tol Dalam Kota – Exit Semanggi – Jl. Jend. Gatot Subroto – Flyover Semanggi – Jl. Jend. Sudirman – M. H. Thamrin – Bundaran HI – M. H. Thamrin – Medan Merdeka Barat – Putar Balik – Medan Merdeka Barat – Medan Merdeka Selatan – Monas.
    • Dari Arah Bekasi
    • Bekasi – Tol Jakarta Cikampek – Tol Dalam Kota – Exit Semanggi – Jl. Jend. Gatot Subroto – Flyover Semanggi – Jl. Jend. Sudirman – M. H. Thamrin – Bundaran HI – M. H. Thamrin – Medan Merdeka Barat – Putar Balik – Medan Merdeka Barat – Medan Merdeka Selatan – Monas.
    • Dari Arah Bogor
    • Bogor – Tol Jagorawi – Tol Dalam Kota – Exit Semanggi – Jl. Jend. Gatot Subroto – Flyover Semanggi – Jl. Jend. Sudirman – M. H. Thamrin – Bundaran HI – M. H. Thamrin – Medan Merdeka Barat – Putar Balik – Medan Merdeka Barat – Medan Merdeka Selatan – Monas.
    • Dari Arah Tanjung Priok
    • Tanjung Priok – R. E. Martadinata – Gunung Sahari Raya – Dr. Soetomo – Gedung Kesenian – Lapangan Banteng Utara – Katedral – Veteran – Veteran 3 – Medan Merdeka Utara – Medan Merdeka Barat – Medan Merdeka Selatan – Monas

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Monas

Waktu (Selasa – Minggu)Jam Buka
Sesi 108.00 – 16.00 WIB
Sesi 219.00 – 22.00 WIB
Area Taman Monas07.00 – 00.00 WIB
Harga Tiket Masuk per orang
Jenis TiketPuncak MonasCawan & Museum
DewasaRp15.000Rp5.000
PelajarRp8.000Rp3.000
Anak-anakRp4.000Rp2.000
Jack CardRp15.000Rp15.000

2. Makam Bung Karno

gambar makam bung karno
Tempat Berwisata di Hari Libur Kemerdekaan, Makam Bung Karno, foto oleh indonesiatraveler,id

Ketika berkunjung ke Kota Patria alias Kota Blitar, tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke makam Sang Proklamator Bung Karno. Makam Bung Karno menjadi salah satu situs bersejarah terkenal di Kota Blitar. Makam Bung Karno atau yang lebih dikenal dengan MBK ini tak hanya sebagai tempat ziarah saja, tetapi juga sebagai tempat wisata sejarah sekaligus lokasi favorit hunting foto.

Sejarah Makam Bung Karno

Ir. Soekarno wafat di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970 di era pemerintahan Soeharto. Beliau dimakamkan di Kota Blitar atas mandat Soeharto kala itu. Sempat mendapatkan banyak penolakan, terutama dari keluarga Soekarno, Soeharto tetap teguh untuk memakamkan Ir. Soekarno di Kota Blitar.

Alasan terbesar Soeharto kala itu dikarenakan Bung Karno merupakan sosok yang sangat patuh dan berbakti kepada orang tuanya. Ketika Ir. Soekarno akan bepergian, ia akan mendatangi ibunya untuk sungkem dan memohon doa restu. Maka dari itu, Soeharto memakamkan Bung Karno di Blitar agar pusara beliau berdekatan dengan pusara ibunya.

Lokasi Makam Bung Karno

Makam Bung Karno atau yang lebih dikenal dengan MBK ini berada di Jalan Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Makam beliau berada di samping  makam ibunya yang berada di sebuah bangunan Joglo khas adat Jawa. Di makamnya terdapat sebuah nisan yang terbuat dari batu dan bertuliskan, “Disini dimakamkan Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Penyambung Lidah Rakyat”. Di bagian depan, terdapat sebuah gong yang besar. Gong ini bernama “Gong Perdamaian Dunia” yang berwarna kuning keemasan.

Rute Menuju Makam Bung Karno

  1. Stasiun Kota Blitar
  2. Dari stasiun, kalian bisa menyewa angkutan desa untuk menuju ke MBK. Kendaraan angkutan desa menyerupai bajaj. Begitu kalian keluar dari stasiun, sudah berjajar rapi beberapa angkutan desa maupun ojek pangkalan disana.
  3. Terminal Patria
  4. Ketika sampai di terminal, disana juga ada beberapa ojek pangkalan. Kalian bisa menggunakan jasa mereka.
  5. Dari Arah Malang
  6. Silahkan mengambil jalan jurusan Kota Blitar. Setelah melewati perbatasan Malang – Blitar yang berada di Karangkates, tetap jalan menuju Kota Blitar hingga kalian sampai di pertigaan Herlingga yang mana ditandai dengan adanya patung Ir. Soekarno. Lalu, silahkan jalan lurus ke arah barat hingga melewati 2 kali perempatan lampu merah. Ketika sampai di perempatan kedua, silahkan belok ke kanan atau ke utara menuju Jalan Ir. Soekarno, kurang lebih sejauh 2 km maka kalian telah sampai tujuan.
  7. Dari Arah Kediri
  8. Kediri – Blabak – Pagu – Wates – Bedali – Patok – Sidorejo – Candirejo – Rejoso – Karangbendo – Bangsri – Ngadirejo – Jl. D. I. Panjaitan – Jl. Ir. Soekarno – MBK.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Makam Bung Karno

Setiap Hari (Senin – Minggu)Jam Buka
Makam, Perpustakaan, dan Museum07.00 – 17.00 WIB
Sekitar Kompleks Makam24 Jam
KategoriHarga Tiket
Parkir MotorRp2.000
Parkir Mobil dan Kendaraan Besar (Bus & Truk)Rp5.000 – Rp10.000

3. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi merupakan sebuah kompleks taman yang berada di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Disana bukan hanya berupa sebagai taman, melainkan anda akan melihat patung Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta yang berdiri dengan gagah dengan berlatar belakang 17 pilar. Selain itu, antara patung tokoh Proklamator yang berdiri gagah, anda juga akan diperlihatkan isi dari naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Sejarah Dibangunnya Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi
Tempat Berwisata di Hari Libur Kemerdekaan, Tugu Proklamasi, foto oleh destinasiku,com

Soekarno dan Mohammad Hatta membacakan teks proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945. Pembacaan naskah tersebut berlangsung di kediaman Soekarno yang berada di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat. 

Sebagai bentuk mengenang jasa para Proklamator dalam memperjuangkan kemerdekaan RI, maka dibangunlah patung Soekarno dan Moh. Hatta dengan berbahan dasar marmer hitam yang berdiri dengan gagah. Di antara dua patung tersebut, juga dipamerkan isi dari Naskah Proklamasi yang ditulis juga di batu marmer hitam. 

Lokasi Tugu Proklamasi

Monumen ini dibangun di kediaman Soekarno dulu tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat yang kini telah berganti alamat menjadi Jalan Proklamasi No. 10, Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Tugu Proklamasi

Untuk berkunjung ke tempat ini, kalian tak dikenakan biaya operasional, alias gratis. Anda bisa mengunjungi monumen tersebut setiap hari pada pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

4. Museum Kebangkitan Nasional

Seperti yang diketahui bersama bahwa Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada tanggal 20 Mei yang setiap tahunnya selalu diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Dikarenakan memiliki kisah sejarah yang menarik, maka didirikanlah sebuah museum bernama Museum Kebangkitan Nasional yang berlokasikan di Jakarta.

Sejarah Berdirinya Museum Kebangkitan Nasional

Sebelum menjadi museum, bangunan tersebut merupakan gedung sekolah STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen) yang dibangun pada tahun 1899-1901 dan diresmikan pada Maret 1902. STOVIA sendiri merupakan sekolah kedokteran yang dilengkapi dengan asrama untuk para pelajar. 

Pada tahun 1920, gedung STOVIA dipindahkan ke gedung baru secara bertahap. Pada tahun 1925, gedung STOVIA ini beralih fungsi untuk pendidikan MULO yang sederajat dengan SMP, AMS yang sederajat dengan SMA, dan Sekolah Asisten Apoteker yang berlangsung hingga tahun 1942.

Mengapa gedung bekas STOVIA ini menjadi bersejarah? Hal ini dikarenakan pada tanggal 20 Mei 1908 telah terjadi sebuah pertemuan oleh para pejuang kemerdekaan dan melahirkan sebuah organisasi paling berpengaruh bernama Budi Utomo.Sehingga pada April 1973 Pemerintah DKI Jakarta melakukan pemugaran gedung tersebut dan seluruh penghuninya dipindahkan. Hingga akhirnya pada tanggal 20 Mei 1974 gedung ini diresmikan oleh Presiden Soeharto dengan nama Gedung Kebangkitan Nasional.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional berada di Jalan Dr. Abdul Rachman Saleh No. 26, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat. Adapun rute terbaik menuju Museum Kebangkitan Nasional adalah sebagai berikut.

Busway TransJakarta

  • Rute Harmoni – Pulogadung
  • Silahkan naik busway tersebut dengan rute Harmoni – Pulogadung, lalu turun di pemberhentian Kwitang dan jalan beberapa meter saja ke sebelah kiri untuk memasuki Jalan Abdul Rahman Saleh.
  • Rute Pulogadung – Harmoni
  • Jika dengan busway yang memiliki rute Pulogadung – Harmoni, maka pemberhentiannya berada di halte Senen.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Museum Kebangkitan Nasional

HariJam Buka
Selasa – Sabtu07.30 – 16.00 WIB
Senin & Hari Libur NasionalTUTUP
KategoriHarga Tiket per orang
Tiket Perorangan
Anak-anakRp1.000
DewasaRp2.000
Wisatawan AsingRp10.000
Tiket Rombongan
Anak-anakRp500
DewasaRp1.000

5. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang akrab dipanggil dengan sebutan Munasprol merupakan gedung yang dibangun untuk mengenang peristiwa penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Gedung ini didirikan di atas tanah seluas 3.914 meter persegi dengan total luas bangunan 1.138 meter persegi.

Sejarah Berdirinya Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Pada masa kependudukan Jepang di Indonesia, gedung ini merupakan kediaman Laksamana Maeda, Kepala Kantor Penghubung antara AL dengan AD. Laksamana Maeda juga berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan mempersilahkan para pejuang Proklamator untuk merumuskan naskah teks proklamasi di rumahnya. 

Pada tahun 1982, gedung ini juga sempat digunakan sebagai Perpustakaan Nasional. Pada tahun 1984, Mendikbud Profesor Nugroho Notosusanto, memberikan instruksi kepada Direktorat Permuseuman agar menjadikan gedung bekas kediaman Laksamana Maeda sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum ini berada di Jalan Imam Bonjol No. 1, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Adapun rute terbaik menuju Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah sebagai berikut.

  1. Dengan Bus TransJakarta
  2. Jika menggunakan bus TransJakarta dari Cawang ke Harmoni atau arah Senin, maka kalian akan turun di halte Slamet Riyadi. Lalu berjalan menuju halte Slamet Riyadi 1 untuk menaiki bus TransJakarta atau Kopaja dengan jurusan Tanah Abang. Anda bisa turun di Cik Ditiro 2, lalu silahkan berjalan kaki untuk menuju museum.
  3. Dengan Kendaraan Pribadi
  4. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi dari arah Cawang, Kalibata, ataupun Tebet, bisa langsung menuju ke Manggarai ke arah Jalan Sultan Agung. Lalu belok menuju Jalan Teuku Cik Ditiro dan belok kiri menuju Jalan Pangeran Diponegoro. Telusuri jalan tersebut hingga menemukan museum.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Museum Perumusan Naskah Proklamasi

HariJam Buka
Selasa – Minggu08.00 – 16.00 WIB
Senin & Hari Libur NasionalTUTUP
KategoriHarga Tiket per Orang
Tiket Perorangan
Semua kalangan usiaRp2.000
Tiket Rombongan (min. 20 orang)
Semua kalangan usiaRp1.000

6. Museum Joang ‘45

Museum Joang '45
Tempat Berwisata di Hari Libur Kemerdekaan, Gedung Joang ’45, foto oleh TripAdvisor,com

Jika kalian tertarik untuk merasakan berwisata sejarah, maka Museum Joang ‘45 cocok menjadi destinasi wisata anda. Di museum ini terdapat sejumlah lukisan yang menceritakan peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga terdapat beberapa diorama, arsip dokumentasi serta foto-foto dan patung dada dari sejumlah tokoh berpengaruh pada era proklamasi. 

Sejarah Berdirinya Museum Joang ‘45

Sebelum dijadikan sebuah museum, gedung ini awalnya digunakan sebagai hotel. Namun saat pendudukan Jepang, gedung ini diambil alih oleh Gunseikanbu Sendenbu atau Departemen Propaganda yang kemudian lebih dikenal sebagai Gedung Menteng 31. Pada saat itu, gedung ini berfungsi sebagai markas program pendidikan politik.

Menjelang proklamasi kemerdekaan, para pemuda berkumpul di Gedung Menteng 31 guna menyusun sebuah rencana. Mereka memutuskan untuk membawa Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok untuk mendesak agar segera melakukan proklamasi. Hingga akhirnya pada tahun 1974 gedung ini diresmikan sebagai Museum Joang ‘45 yang memiliki cerita sejarah yang panjang.

Lokasi dan Rute Menuju Gedung Joang ’45

Museum ini berada di Jalan Menteng Raya No. 31, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Adapun rute terbaik menuju Gedung Joang ’45 adalah sebagai berikut.

  1. Dengan Bus TransJakarta
  2. Untuk sampai ke museum tersebut, anda bisa menggunakan bus dengan rute Tanah Abang – Kampung Melayu. Lalu turun di Gedung Joang 45 atau dengan bus yang memiliki rute Senen – Lebak Bulus dan turun di halte Canesius.
  3. Dengan Kereta Api
  4. Jika menggunakan kereta, silahkan ambil pilihan kereta yang melewati atau yang memiliki rute ke stasiun Gondangdia.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Gedung Joang ’45

HariJam Buka
Selasa – Minggu09.00 – 16.00 WIB
Senin & Hari Libur NasionalTUTUP
KategoriHarga Tiket per Orang
Anak-anak & PelajarRp2.000
MahasiswaRp3.000
DewasaRp5.000

7. Rumah Rengasdengklok

Rumah Rengasdengklok merupakan rumah seorang petani keturunan Tionghoa yang bernama Djiaw Kie Siong. Sebagai tempat yang memiliki nilai sejarah, tempat ini juga selalu dikenang dan patut dikunjungi. Di tempat inilah Soekarno dan Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Rumah Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok berperan penting dalam terlaksananya proklamasi kemerdekaan. Saat itu, Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta diculik oleh sejumlah pemuda perkumpulan dari Menteng 31. Mereka beranggotakan Soekarni, Wikana, Aidit, dan Chaerul Saleh. Peristiwa penculikan terjadi padal 16 Agustus 1945 di jam 03.00 WIB. Tujuan dilakukannya penculikan tersebut agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah sampai di Karawang, dipilihlah rumah milik petani keturunan Tionghoa  untuk menjadi tempat persinggahan saat Soekarno dan Mohammad Hatta diculik karena kondisi rumah yang sederhana dan tidak mencolok. 

Lokasi Rumah Rengasdengklok

Rumah Rengasdengklok berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 33, Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Lokasi ini berjarak sekitar 15 kilometer dari jalan utama Pantura. 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Rumah Rengasdengklok

HariJam Buka
Selasa – Minggu08.00 – 16.00 WIB
Senin & Hari Libur NasionalTUTUP

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *