1. Biografi
  2. Tokoh

FDK Bosch: Biografi Sang Pencipta Teori Arus Balik

Halo anak nusantara! Kalian tahu tidak apa itu teori arus balik? Teori arus balik yang dikemukakan oleh FDK Bosch adalah salah satu teori penyebaran agama hindu di Indonesia. Frederick David Kan Bosch adalah seorang ilmuwan dan profesor berkebangsaan Belanda. Ia tertarik pada bidang agama, arkeologi serta sejarah seni yang berada di India, Indonesia dan Asia Tenggara. 

FDK Bosch lahir pada tanggal 17 Juni 1887 di Transvaal, Afrika Selatan. Ayah dan kakaknya meninggal dunia dalam Perang Boer. Kemudian tak lama setelah itu, ibunya meninggal. Akhirnya ia pindah ke Amsterdam dan menetap bersama bibinya guna melanjutkan sekolah disana. Tahun 1914, ia menikah dengan A.H Gregor.

FDK Bosch: Riwayat Pendidikan dan Karir

Pada tahun 1906, FDK Bosch mempelajari bahasa dan sastra Belanda serta bahasa Sanskerta di Universitas Leiden. Ia dibimbing oleh Jacob Speyer dan C.C. Uhlenbeck. Pada tahun 1914, ia memperoleh gelar PhD dibawah bimbingan J. Ph. Vogel. Kemudian pada tahun yang sama, ia direkomendasikan menjadi asisten arkeolog pada Oudheidkundige Dienst atau Jawatan Kepurbakalaan di Batavia. Kemudian tahun 1916-1936 ia diangkat menjadi Kepala Jawatan. 

Pada tahun 1938, FDK Bosch memutuskan untuk kembali ke Belanda. Di Belanda, ia menjadi profesor jurusan arkeologi dan sejarah kuno Hindia Belanda tepatnya di Universitas Utrecht sampai tahun 1945. Setelah itu Bosch pindah ke Universitas Leiden dan menjadi profesor jurusan arkeologi dan sejarah kuno Asia Tenggara. Kemudian ia pensiun pada tahun 1957. Selain menjadi profesor, FDK Boschjuga menjadi anggota Lembaga Ilmu Bahasa, Negara dan Antropologi Kerajaan Belanda. Pada tanggal 20 Juli 1967, ia menghembuskan nafas terakhirnya di Leiden. 

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

FDK Bosch: Teori Arus Balik

Teori arus balik menyatakan bahwa orang Indonesia yang berperan aktif dalam penyebaran agama Hindu-Budha, serta aktif dalam mengembangkan kebudayaan agama tersebut. Menurut FDK Bosch, orang India pertama kali datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Hindu-Budha. Lalu pada perkembangan selanjutnya, para tokoh masyarakat pergi ke India untuk belajar agama Hindu-Budha lebih dalam. Kemudian setelah kembali ke Indonesia, mereka mengamalkan ilmu tersebut dan mengajarkannya pada masyarakat di Indonesia. Adanya hubungan timbal balik inilah yang menyebabkan teori arus balik terjadi. 

Kelebihan Teori Arus Balik

Ada bukti nyata yang menguatkan teori ini, yaitu berupa Prasasti Nalanda. Prasasti ini berisi tentang Balaputradewa (Raja Sriwijaya) yang meminta raja India untuk membangun wihara. Wihara digunakan para tokoh Sriwijaya sebagai tempat menimba ilmu. Tujuan mereka belajar ke India juga untuk mencontoh kebudayaan Hindu-Budha agar bisa membangun kekuasaan di Indonesia. 

Kekurangan Teori Arus Balik

Kemungkinan orang Indonesia untuk mempelajari agama Hindu-Budha dan pergi ke India masih diragukan, dikarenakan pada masa itu orang Indonesia masih bersifat pasif. Utusan Brahmana oleh raja raja di Nusantara juga masih diragukan, karena para Brahmana memiliki aturan yang tak boleh dilanggar. Begitulah kisah singkat FDK Bosch sebagai pencetus teori arus balik.

Baca juga: Pangeran Diponegoro: Biografi Sang Pemimpin Perang

Tidak ada komentar

Komentar untuk: FDK Bosch: Biografi Sang Pencipta Teori Arus Balik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]