1. Biografi
  2. Tokoh

Agus Salim: Seorang Diplomat Ulung dan Ahli Bahasa

Tokoh pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia ada banyak. Masing-masing dari tiap tokoh tersebut memiliki nilai dan keahliannya di bidang masing-masing tak terkecuali seorang diplomat ulung kebanggaan Indonesia. Diplomat ulung tersebut bernama Agus Salim yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Seperti apakah biografi Agus Salim telah Munus rangkum sebagai berikut. 

Biografi Agus Salim

Lelaki yang akrab disapa dengan sebutan Haji Agus Salim ini lahir pada tanggal  8 Oktober 1884 di Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat, Hindia Belanda.Ia lahir dengan nama asli Masyhudul Haq yang memiliki arti “pembela kebenaran”. Dari namanya pun terpancar sebuah sosok yang memang memiliki prinsip teguh atas kebenaran.

Orang tua Salim adalah dari kalangan yang cukup berada. Ayahnya bernama Soetan Salim dengan gelar yang dimilikinya yaitu  Soetan Muhammad Salim. Ayahnya berprofesi sebagai Jaksa Kepala di Pengadilan Riau. Sedangkan ibunya bernama Siti Zainab yang pekerjaan sehari-harinya adalah sebagai seorang ibu rumah tangga. 

Latar Belakang Pendidikan

Pendidikan dasar yang diterima oleh lelaki asal Sumatera Barat adalah di Europeesche Lagere School (ELS). Sekolah ini setara dengan tingkatan sekolah dasar pada zaman ini yang mana diperuntukkan kepada anak-anak Eropa maupun anak pribumi dari kalangan bangsawan dan terpelajar. Ketika telah mencapai kelulusan, ia kemudian meneruskan studinya di “Hoogere Burgerschool” (HBS) di Batavia. Pada saat Salim lulus dari HBS, ia berhasil menjadi seorang lulusan terbaik HBS se-Hindia Belanda.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Perintisan Karir

Setelah kelulusan dari HBS, Salim mulai bekerja sebagai seorang penerjemah dan pembantu notaris di sebuah kongsi pertambangan di indragiri. Selanjutnya, pada tahun 1906 Salim berangkat ke Jeddah, Arab Saudi, dan mulai bekerja sebagai seorang konsulat. Tak menyia-nyiakan kesempatan, Salim langsung mengambil kesempatan untuk belajar ilmu agama dan berguru kepada salah seorang imam Masjidil Haram yakni Syeikh Ahmad Khatib yang tak lain masih merupakan pamannya sendiri.

Setelah itu, Salim mulai terjun ke dunia baru yakni dunia jurnalistik. Ia bergabung di dunia jurnalistik sejak tahun 1915 dengan menjadi Redaktur II di Harian Neratja. Seiring berjalannya waktu, ia kemudian diangkat menjadi ketua redaksi di surat kabar yang sama. Ia kemudian menikahi seorang wanita bernama Zaenatun Nahar dan dikaruniai sejumlah 8 anak.

Lambat laun, kegiatannya di bidang jurnalistik telah berlangsung dalam kurun waktu yang tidak sedikit. Salim mulai membentangkan sayapnya dalam dunia jurnalistik dengan menjabat sebagai Pimpinan Harian Hindian Baroe di Jakarta. Kemudian ia juga mendirikan sebuah surat kabar dengan nama Suratkabar Fadjar Asia. Selanjutnya Salim juga pernah menjabat posisi sebagai Redaktur Harian Moestika di Yogyakarta dan juga membuka sebuah kantor Advies en Informatie Bureau Penerangan Oemoem (AIPO) .  

Baca juga: Sutan Syahrir- “Bung Kecil” Dengan Semangat yang Besar

Keteladanan Agus Salim

gambar-agus-salim-muslimobsession
Agus Salim, Foto Oleh Muslimobsession. com

Banyak cerita yang menggambarkan bahwasanya Salim merupakan sosok yang sangat cerdas dan memegang teguh prinsip hidupnya. Sebagai orang cerdas, ia pun bisa membuktikan kepada setiap orang yang ditemuinya baik dalam acara formal maupun non formal. Berikut keteladanan-keteladanan yang dapat dipelajari dari seorang Haji Agus Salim.

Prinsip Hidup Sederhana

Dengan kemampuannya seperti dapat berdiplomasi dengan baik dan menguasai paling tidak 9 bahasa asing dapat membuatnya menikmati hidup yang nyaman apabila bergabung dan bekerja untuk Belanda. Namun, ia menolak setiap tawaran yang diajukan Belanda untuk membujuknya bekerja untuk Belanda. Ia lebih memilih hidup sederhana dan memegang teguh prinsipnya untuk tidak mengkhianati bangsa.

Diplomat Ulung

Kecerdasan dari Haji Agus Salim dapat dilihat dari ucapan dan tulisannya. Bahkan, seseorang seperti Mohammad Hatta mengakui kehebatannya dalam bersilat lidah dan beradu argumen. Bukti nyata kemampuan berdiplomasinya yaitu pengakuan secara de jure oleh Mesir atas kemerdekaan Indonesia. Hal tersebut terjadi berkat kontribusi dan jasa dari Haji Agus Salim sehingga membuka jalan bagi hubungan internasional.

Menguasai Sembilan Bahasa Dunia

Kemampuan bahasa seorang Haji Agus Salim tidak perlu untuk diragukan lagi. Pasalnya, dari sewaktu masih muda ia telah berhasil menguasai beberapa bahasa dunia secara fasih. Diantara sembilan bahasa yang berhasil ia kuasai dengan fasih yakni bahasa Belanda, Arab, Inggris, Jerman, Prancis, Latin, China, Jepang, hingga Turki. 

Selain bahasa-bahasa dunia, ia juga merupakan tokoh pecinta tanah air yang juga menguasai beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia. Beberapa bahasa daerah yang berhasil dikuasai oleh Haji Agus Salim adalah bahasa daerah Minang, Jawa, dan Sunda. Berkat keahliannya dalam menguasai berbagai bahasa baik bahasa dunia dan bahasa daerah, ia kemudian diangkat menjadi seorang diplomat, penerjemah, juga sebagai konsulat di Jeddah.

Selain untuk berdiplomasi, kemampuan bahasanya yang luar biasa juga digunakan untuk menerjemahkan beberapa buku asing. Tidak heran bahwa ia berhasil menjabat sebagai orang penting di berbagai surat kabar pada zaman dahulu lebih-lebih sebagai seorang redaktur. Bahkan, namanya juga tercatat sebagai salah satu anggota panitia sembilan yang bertugas merancang hukum dasar negara Indonesia.

Kesimpulan

Haji Agus Salim adalah laki-laki kelahiran Sumatera Barat yang memiliki banyak talenta. Ia pandai bersilat lidah dan beradu argumen sehingga membawa karirnya menjadi seorang diplomat besar. Selain itu, ia juga merupakan ahli bahasa yang menguasai berbagai bahasa dunia maupun bahasa daerah.

Baca juga: Biografi Adam Malik Dengan Segudang Prestasinya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Agus Salim: Seorang Diplomat Ulung dan Ahli Bahasa

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]