1. Peninggalan Sejarah

Sejarah Benteng Van der Wijck, Benteng Pertahanan Selatan Jawa

Benteng Van der Wijck adalah salah satu benteng terkenal yang merupakan salah satu bangunan yang dibangun Belanda. Dalam perkembangannya, bangunan ini telah beberapa kali mengalami perubahan fungsi. Yuk kita pelajari secara lengkap mengenai sejarah Benteng Van der Wijck, penggunaannya, fasilitas, dan harga tiket masuk. 

Baca juga: Benteng Vastenburg, Bukti Peninggalan Sejarah Belanda

Sejarah Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck merupakan benteng peninggalan Belanda yang terletak di Kota Gembong. Benteng ini merupakan bangunan yang dibuat sebagai tempat pertahanan yang tertutup dengan ketinggian yang berada di dekat pantai. Tujuan pembangunannya yang tinggi adalah agar mempermudah memantau musuh dari kejauhan.

Awal mula pembangunan benteng ini diusung oleh Jenderal Van den Bosch, beliau menjadikan bangunan ini sebagai kantor VOC. Seiring berjalannya waktu maka kantor tersebut diubah menjadi benteng pertahanan untuk melawan pejuang di Yogyakarta. 

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Maret 12, 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Sebelum dinamakan sebagai Benteng Van der Wijck, nama benteng ini adalah Forth Cochius. Nama ini diambil dari seorang pemimpin perang Belanda bernama David Cochius yang bertugas di daerah Kedu. 

Berdasarkan buku dari Pengantar Ilmu Perang (2008) menjelaskan bahwa Benteng Van der Wijck diambil dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda Carel Herman Aart Van der Wijck yang pada saat itu bertugas di daerah Jawa.

Seiring perkembangan waktu bangunan tersebut dialihkan menjadi sekolah khusus anak-anak Eropa dengan nama Pupillen School yang merupakan calon militer. Sekolah ini telah membuat perubahan suasana dan berkembang menjadi pemukiman militer. Sehingga bergantilah nama bangunan tersebut menjadi benteng Van der Wijck yang berasal dari nama komandan cerdas yang memiliki karir baik dalam melawan dan membungkam perlawanan rakyat Aceh.

Penggunaan Bangunan Benteng van Der Wijck

Bangunan Benteng Van der Wijck
Bangunan Benteng Van der Wijck (sumber: Wikimedia Commons)

Setelah Belanda pergi meninggalkan Indonesia, maka tempat ini berkembang menjadi kompleks benteng yang digunakan oleh TNI Angkatan Darat. Pemerintah juga bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengambangkan benteng tersebut sebagai daya tarik wisata.

Berdasarkan sumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Benteng van Der Wijck telah digunakan secara resmi oleh pemerintah sebagai tempat area bermain. Bangunan ini cukup luas dan memiliki 32 kamar yang luas. Secara total, luas benteng tersebut adalah 3.606 meter persegi dengan tinggi hampir 10 meter.

Tiket Masuk Benteng Van der Wijck

Bagi kamu yang ingin menikmati wisata sejarah maka benteng ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Kamu dapat berkunjung ke sini pada saat libur tiba dan menikmati eksplorasi peninggalan bersejarah ini.

Harga tiket masuk Benteng Van der Wijck adalah Rp25.000/orang dan dibuka setiap hari. Untuk jam operasionalnya dimulai pukul 08.00-16.00 WIB. Tergolong cukup murah kan?

Fasilan Wisata Bersejarah Benteng Van der Wijck

Ketika kamu menikmati liburan di benteng bersejarah ini, maka akan mendapatkan banyak fasilitas diantara adalah:

  • Warung wisata
  • Spot foto untuk kamu yang suka foto
  • Wahanan permainan
  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Kunjungan ke ruang koleksi

Baca juga: Museum Benteng Vredeburg: Sejarah, Jam Buka, & Tiket Masuk

Nah itu tadi sejarah lengkap Benteng Van der Wijck yang dapat menjadi list salah satu liburan bersejarah kamu. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan mengikuti peraturan untuk menjaga bangunan bersejarah ini ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sejarah Benteng Van der Wijck, Benteng Pertahanan Selatan Jawa

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]