1. Budaya
  2. Lagu Daerah

Rasa Sayange: Lagu Kasih Sayang dari Maluku – Sejarah & Lirik

“Rasa sayange Rasa sayang sayange Eh lihat nona dari jauh rasa sayang sayange.” Kita sebagai bangsa indonesia pasti tidak asing dengan lirik lagu  tersebut. Bahkan, ketika mendengarnya akan selalu terngiang-ngiang di kepala. Lagu Rasa Sayange adalah lagu khas Nusantara yang dari daerah Maluku. Diciptakan oleh seorang putra daerah Asli Indonesia, kepemilikan lagu ini sempat menjadi kontroversi antara Indonesia dan Malaysia. Simak selengkapnya pembahasan Munus mengenai Lagu Rasa Sayang beserta liriknya di bawah ini.

Sejarah Lagu Rasa Sayange

Rasa Sayange adalah sebuah lagu dari Maluku. Lagu ini seringkali dinyanyikan oleh anak-anak sebagai tanda suka cita yang riang. Lagu ini juga biasa dinyanyikan dalam suatu acara atau saat menyambut tamu.

Lirik lagu rasa sayange
Lirik dan Not , Foto Oleh Seputarmusikal

Alkisah, lagu ini diciptakan oleh Paulus Pea. Paulus Pea merupakan seorang putra daerah asli Indonesia. Pada awalnya ia menciptakan lagu ini sebagai iringan saat sedang mengajar di dalam kelas, kemudian ia juga meminta para guru lainnya untuk menyanyikan lagu tersebut saat didepan kelas. Dari situlah lagu ini mulai diperdengarkan dari telinga ke telinga dan menjadi lagu daerah yang sampai saat ini masih lestari dan sering kita dengar.

lagu ini pertama kali direkam di sebuah studio di daerah Solo pada tahun 1962 menggunakan piringan. Pasalnya lagu ini direkam dengan tujuan sebagai souvenir yang didistribusikan pada saat Asian Games ke-4. Menariknya, hasil rekaman pertama tersebut masih tersimpan dengan rapi di Perum PNRI Cabang Surakarta sampai saat ini.

Artikel Terkait

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on Mei 8, 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Lirik lagu Rasa Sayange

Yang menjadi hal uniknya, di dalam pertengahan lagu ini diselingi dengan sebuah pantun. Saling bersahut Pantun merupakan salah satu kebiasaan dari masyarakat Maluku. Dan terkadang pantun di dalamnya dapat diubah sesuai dengan tujuan lagu tersebut dinyanyikan. Berikut lirik lagunya:

Rasa sayange rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Rasa sayange rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Di sana gunung disini gunung

Tengah tengah bunga melati

Di sana bingung disini bingung

Dua dua teman sejati

(2X)

Rasa sayange  rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Rasa sayange rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Jalan jalan ke Surabaya

Jangan lupa membeli pita

Jangan suka memandang saya

Nanti bisa sakit mata

(2X)

Rasa sayange rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Rasa sayange rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Kalau ada sumur di ladang

Boleh kita menumpang mandi

Kalau ada umur panjang

Boleh kita berjumpa lagi

(2X)

Rasa sayange rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Rasa sayange  rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Rasa sayange rasa sayang sayange

Lihat nona dari jauh rasa sayang sayange

Makna Lagu Rasa Sayange

Meskipun lirik lagu ini hanya didominasi dengan kalimat yang sama, namun lagu tersebut sudah cukup menunjukkan perasaan sayang kepada sesama serta lingkungan secara turun temurun sejak dulu kala.

Pantun pada bait pertama bermakna kasih sayang antara dua teman. Disini tidak harus sebatas dua orang saja, namun dalam arti luas, bait tersebut menggambarkan rasa kasih sayang yang sejati antar sesama.

Pantun pada bait kedua menggambarkan sikap yang centil, jika kita artikan lebih luas sikap tersebut menunjukkan keakraban dan saling canda antar sesama.

Pantun pada bait ketiga bermakna harapan perjumpaan kembali. Sebagai seorang teman yang saling menyayangi hendaknya harapan akan bertemu lagi selalu ada. Bait tersebut juga berisi sebuah doa agar kita selalu diberi umur panjang.

Ketika kita mendengarkan lagu ini bersorai, kita akan merasakan perasaan bahagia disayang dan disambut dengan baik. Energi ceria dari lagu tersebut akan mampu membuat siapapun yang mendengarkan menjadi semangat dan tersenyum.

Kontroversi dengan Malaysia

Memang tidak jarang kita mendengar perseteruan antar Indonesia dan Malaysia terkait klaim budaya. Rupanya lagu ini merupakan salah satu lagu yang pernah diperdebatkan kepemilikannya oleh kedua pihak.

lagu rasa sayange
Indonesia dan Malaysia sempat mengalami perang klaim terhadap lagu Rasa Sayange, Foto Oleh Boombastis

Kasus ini terjadi pada tahun 2007. Saat itu Departemen Pariwisata malaysia menggunakan lagu tersebut untuk mempromosikan destinasi wisata di Malaysia. Hal itu sontak terdengar oleh Indonesia, Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu melakukan protes dan mengatakan bahwa lagu tersebut milik Indonesia dan telah membudaya di Maluku turun temurun sejak dulu. Sementara, Menteri Pariwisata Malaysia adnan Tengku Mansor juga bersikeras mengklaim bahwa lagu itu berasal dari Kepulauan Nusantara (Malay Archipelago). Perseteruan ini sempat berakhir ketika Indonesia berhasil membuktikan bahwa lagu tersebut pertama kali di rekam di Indonesia pada tahun 1962. Pada tanggal 11 November 2007, Menteri Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Budaya Malaysia mengakui bahwa lagu itu merupakan lagu milik Indonesia.

namun , tidak hanya sampai disitu. Baru-baru ini di tahun 2019 lagu tersebut kembali dinyanyikan oleh PM Malaysia Mahatir Mohammad sembari bergandengan dengan siswa asal Jepang saat berada di gedung Fukuoka, Jepang. Kejadian ini tidak berkelanjutan karena Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta menolak untuk melakukan klarifikasi karena tidak ada perwakilan dari mereka di lokasi tersebut.

Kesimpulan 

Lagu ini merupakan lagu Nusantara yang berasal dari Maluku dan berbahasa asli Maluku. Lagu ini menyimbolkan rasa kasih sayang antar sesama dan juga lingkungan, dimana kita sebagai sesama bangsa Indonesia harus hidup berdampingan dengan rasa kasih sayang. Sempat mengalami perang klaim dengan Malaysia, sudah tugas kita sebagai generasi penerus untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya kita dari leluhur. Karena dari situlah kekayaan Indonesia berasal.

Baca juga: Manuk Dadali: Lagu Daerah dari Jawa Barat – Sejarah & Lirik

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rasa Sayange: Lagu Kasih Sayang dari Maluku – Sejarah & Lirik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]