1. Budaya
  2. Lagu Daerah

Manuk Dadali: Asal Daerah, Sejarah, Lirik & Tarian

Jika membicarakan tentang betapa kayanya budaya Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Mulai dari bahasa, adat istiadat, tarian, bahkan lagu. Lagu daerah di setiap sudut Nusantara memiliki bahasa yang khas dan unik. Salah satunya adalah lagu berjudul Manuk Dadali. Didendangkan dengan bahasa dan irama khas Sunda, lagu ini juga memiliki makna kecintaan terhadap Tanah Air kita. Dibawah ini Munus menguraikan lirik lagu Manuk Dadali beserta maknanya.

Lagu Manuk Dadali

Siapa yang tak pernah mendengar lagu ini? Kita semua pasti pernah mendengarnya sekali, setidaknya saat berada di sekolah dasar. Lagu ini berasal dari Jawa Barat dan berbahasa Sunda. Lagu ini merupakan salah satu lagu daerah Jawa Barat yang telah terkenal seantero Nusantara. 

Lagu manuk dadali
Sambas Mangundikarta, Foto oleh Nokenstudio

Lagu berbahasa Sunda ini diciptakan oleh Sambas Mangundikarta dan populer pada tahun 1960-an. Pada masa itu, lagu ini berhasil memuncaki tangga musik di RRI Bandung dimana pada saat itu RRI merupakan radio yang paling populer di awal kemerdekaan Indonesia.

Judul lagu ini memiliki arti “Burung Garuda” yang berarti lagu ini menceritakan tentang seekor burung yang gagah dan perkasa sebagai simbol dari Negara Indonesia. Lirik lagunya menggambarkan kebesaran serta kebanggaan Bangsa Indonesia terhadap Negaranya.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Maret 12, 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Lirik Lagu Manuk Dadali

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang

Mébérkeun jangjangna bangun taya karingrang

Kukuna ranggoas reujeung pamatukna ngeluk

Ngepak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul kana tandangna

Gandang jeung perténtang taya bandingannana

Dipikagimir dipikasérab ku sasama

Taya karempan kasieun lébér wawanénna

Manuk dadali manuk panggagahna

Perlambang sakti Indonesia Jaya

Manuk dadali pangkakoncarana

Resep ngahiji rukun sakabéhna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri

Silih pikanyaah teu inggis béla pati

Manuk dadali ngandung siloka sinatria

Keur sakumna Bangsa di Nagara Indonesia

Terjemahan Bahasa Indonesia

Terbang melesat tinggi, jauh di awang-awang

Merentangkan sayapnya, tampil tanpa keraguan

Kakinya panjang dan paruhnya melengkung

Menyongsong awan sambil terbang dengan cepat

Siapa yang bisa menyaingi keberaniannya

Gagah perkasa tanpa tandingan

Disegani dan disayangi oleh sesama

Tanpa ragu tanpa takut, besar nyalinya

Burung garuda, burung paling gagah

Lambang sakti Indonesia jaya

Burung garuda, yang paling tersohor

Senang bersatu, rukun semuanya

Hidup berhimpun tanpa saling iri

Saling menyayangi, tak sungkan mengorbankan nyawa

Burung garuda adalah lambang kesatriaan

Untuk seluruh bangsa di Negara Indonesia

Makna Lagu Manuk Dadali

Setelah kita meresapi setiap baris dalam setiap bait lirik lagu ini, akan semakin terasa betapa lagu ini memiliki makna kecintaan yang sangat kuat pada bangsa dan negara. Tidak hanya itu, kegagahan burung garuda yang digambarkan dalam lagu tersebut menunjukkan betapa besar, berani, dan kuatnya bangsa Indonesia.

Pada bait pertama lagu tersebut terdapat lirik yang berbunyi, “Meberkeun janjangna wangun taya karingrang” yang jika diterjemahkan memiliki arti “merentangkan sayapnya tampil tanpa keraguan.” Baris tersebut memiliki makna bahwa Burung Garuda memiliki karakter yang berani.

Pada bait keduanya terdapat lirik yang berbunyi “Dipikagimir dipikaserab ku sasama” yang jika diterjemahkan memiliki arti “Disegani dan disayangi oleh sesama.” Baris tersebut memilik makna bahwa Burung Garuda memiliki karakter yang tegas dan dihormati serta disayangi.

Di bait ketiganya terdapat lirik yang berbunyi “Resep ngahiji rukun sakabehna” yang jika diterjemahkan memiliki arti “Senang bersatu, rukun semuanya.” Baris tersebut memiliki makna bahwa Indonesia adalah bangsa yang bersatu dan hidup damai berdampingan.

Sedangkan pada bait keempat lirik menggambarkan tentang karakter Bangsa Indonesia yang hidup berdampingan dengan saling menghargai, saling menyayangi, tolong menolong dan tanpa rasa isi.

Pada makna lagu tersebut, Burung Garuda merupakan perlambangan dari Bangsa Indonesia itu sendiri. Karena itu, kita sebagai bangsa yang baik hendaknya mewujudkan karakter-karakter tersebut dan kita tanamkan dalam diri masing-masing.

Perkembangan Lagu Manuk Dadali

Manuk Dadali bukan hanya sekedar lagu berupa audio yang hanya dapat kita dengarkan. Namun, saat ini lagu tersebut telah dikombinasikan dengan tarian. Tari Manuk Dadali adalah tarian yang merupakan kreasi dari lagu asal Jawa Barat ini. Tarian ini biasanya diiringi menggunakan lagu Manuk Dadali dan alat musik dari Jawa Barat.

Juma David Saat Menyanyikan Lagu Manuk Dadali
Juma David Saat Menyanyikan Lagu Manuk Dadali, Foto Oleh Cirebon-pikiranrakyat

Bukan hanya dikreasikan menjadi sebuah tari, ternyata lagu ini juga cukup menarik perhatian mata Internasional. Baru-baru ini lagu Manuk Dadali dinyanyikan oleh salah satu warga negara Afrika bernama Juma David. Video peristiwa tersebut diunggah oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dar es Salaam, Tanzania. Dalam video tersebut nampak David menyanyikan lagu tersebut dengan cekatan dan fasih.

Kesimpulan

Lagu Manuk Dadali merupakan lagu daerah Nusantara yang melambangkan karakter serta sikap bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berani, dihormati, hidup rukun saling menyayangi dan bersama-sama membangun bangsa yang bersatu tanpa rasa iri. Lagu ini tak akan lekang oleh zaman sampai kapanpun, tugas kita sebagai generasi masa kini harus mampu menjaganya agar tetap lestari serta berusaha mewujudkan karakter bangsa yang digambarkan pada lagu tersebut.

Baca juga: Bungong Jeumpa: Wajah Baru yang “Meugah” di Aceh

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Manuk Dadali: Asal Daerah, Sejarah, Lirik & Tarian

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]