1. Cerita Rakyat

Keong Mas: Cerita Rakyat dari Jawa Timur

Indonesia tidak hanya terkenal dengan kekayaan ras dan bahasanya,namun juga memiliki banyak cerita rakyat dari berbagai daerah. Salah satu cerita rakyat yang sampai sekarang masih sering kita dengar adalah cerita Keong Mas. kisah ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Candra Kirana yang berubah menjadi seekor keong berwarna emas. Cerita rakyat Keong Mas ini berasal dari daerah Jawa Timur, dan telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Bagaimana kisah Keong Mas selengkapnya? Berikut ini Munus akan menguraikannya dengan lengkap.

Cerita Keong Mas

Cerita Keong Mas berlatarkan sebuah kerajaan yang damai bernama Daha. Kerajaan Daha dipimpin oleh seorang raja yang bijak dan baik hati. Ia memiliki dua orang anak perempuan cantik bernama Dewi Galuh dan Candra Kirana. 

Suatu hari, datanglah seorang pangeran dari Kerajaan Kahuripan bernama Inu Kertapati. Pangeran Inu berniat untuk meminang Candra Kirana sebagai istrinya. Raja Daha menyambut kedatangan sang pangeran dengan suka cita dan memberitahukan kepada putrinya bahwa ada pangeran tampan yang akan melamarnya.

Candra Kirana menemui Pangeran Inu dan keduanya saling jatuh cinta, lamaran tersebut kemudian diterima. Mendengar hal itu, Raja Daha turut berbahagia. Namun, lain halnya dengan Dewi Galuh, ia justru merasa iri dengan saudaranya.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Rasa Iri Dewi Galuh

Pernikahan antara Candra Kirana dan Pangeran Inu sudah direncanakan dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat. hal tersebut membuat rasa iri dalam benak Dewi Galuh semakin berkecamuk. Ia merasa bahwa Pangeran Inu lebih pantas jika bersanding dengan dirinya.

Tanpa berpikir panjang, Dewi Galuh mengunjungi rumah seorang nenek sihir. Ia menjelaskan maksud kedatangannya, yaitu untuk mengubah melenyapkan Candra Kirana sehingga Pangeran Inu tidak jadi menikahinya.

Dengan imbalan besar yang telah dijanjikan oleh Dewi Galuh, si nenek sihir akan mewujudkan keinginannya.

Kutukan Keong Mas

Keesokan harinya, Dewi Galuh bersama nenek sihir bertemu untuk menjalankan rencana mereka. Dewi Galuh mengajak Candra Kirana ke sebuah taman di tepi sungai, karena hubungan mereka yang baik sebelumnya, Candra Kirana langsung mengiyakan ajakan tersebut tanpa mengetahui rencana jahat saudaranya.

Setibanya Candra Kirana di tepi sungai, ia justru melihat Dewi Galuh bersama seorang nenek yang tidak pernah ia temui sebelumnya. Ia menanyakan kepada Dewi Galuh siapa nenek tersebut, namun saudaranya itu tidak menjawab. Tidak perlu waktu lama, nenek tersebut langsung menyihir Candra Kirana menjadi seekor keong, dan mengutuknya bahwa ia akan kembali menjadi manusia normal jika telah bertemu dengan kekasihnya.

Dewi Galuh langsung membuang keong tersebut ke sungai. Candra Kirana yang mengetahui kelakuan saudaranya hanya bisa meratapi nasibnya saat ini.

Nenek yang Baik Hati

Suatu ketika, ada seorang nenek tua sedang menangkap ikan menggunakan jala. Tanpa sengaja, ia menangkap Keong Mas. nenek tersebut terpukau dengan warna keongnya yang sangat cantik. Kemudian ia membawa Keong Mas ke rumahnya. Sang nenek merawat Keong Mas dengna baik. Ia menaruh keong tersebut di dalam sebuah tempat yang kayak.

Esok paginya, nenek tersebut kembali ke sungai untuk mencari ikan dan kembali di sore hari. Setibanya di rumah, ia terkejut karena dirumahnya sudah tersedia berbagai makanan enak yang siap disantap. Nenek tersebut merasa bingung karena ia hanya tinggal seorang diri di rumah itu.

Hari selanjutnya, seperti biasa si nenek berangkat pagi dan kembali di sore hari. Ternyata hal kemarin terulang kembali, banyak makanan yang tersaji setibanya ia di rumah. Karena rasa penasarannya, si nenek berencana untuk pulang lebih awal di keesokan harinya.

Benar saja, ketika ia telah pulang lebih awal ternyata dirumahnya ada seorang gadis cantik yang sedang memasak. Si nenek mendekati gadis tersebut. Gadis itu adalah Candra Kirana, seekor keong yang ditemukannya di sungai. Candra Kirana menceritakan kejadiannya mulai dari awal kepada sang nenek. Dan nenek tersebut mengizinkan Candra Kirana tinggal dirumahnya sampai sang kekasih berhasil menemukannya.

Bertemu Sang Pangeran

Hilangnya sang putri kerajaan membuat heboh dan telah terdengar oleh Pangeran Inu. pangeran Inu tidak tinggal diam, ia langsung bergegas mencari sang pujaan hati

Melihat hal itu, Dewi Galuh panik dan menemui nenek sihir untuk memberitahukan bahwa Pangeran Inu sedang mencari Candra Kirana.

Nenek sihir menyamar menjadi seorang burung gagak dan menemui pangeran Inu, ia mengelabui pangeran dengan berkata akan menunjukkan arah untuk menemukan kekasihnya. Tanpa berpikir macam-macam, Pangeran Inu mengikuti burung gagak tersebut, padahal burung tersebut adalah jelmaan nenek sihir yang sengaja menunjukkan arah yang salah.

Dalam perjalannya, Pangeran Inu bertemu dengan seorang kakek tua yang terlihat lemas dan kelaparan. Sembari beristirahat, pangeran berbagi makanan dengan kakek tersebut dan menceritakan tujuan perjalannya. Ia juga menceritakan tentang burunggagak yang menunjukkannya arah.

Tiba-tiba kakek tersebut mengarahkan tongkat ke burung gagak dan berubahlah burung tersebut menjadi seorang nenek sihir. Pangeran terkejut melihat peristiwa tersebut. Sang kakek menjelaskan kepada pangeran bahwa burung itu merupakan jelmaan penjahat yang sengaja menyesatkan pangeran. Kemudian kekak itu mengarahkan pangeran pergi ke Desa Dadapan, disana ia akan menemukan apa yang dicari.

Sesaat setelahnya, Pangeran Inu melanjutkan perjalannya dan sesampainya di Desa Dadapan ia mengunjungi sebuah rumah untuk meminta air minum. Tak disangka ternyata rumah itu adalah rumah nenek yang ditinggali Candra Kirana. Akhirnya Candra Kirana bertemu dengan Pangeran Inu, pangeran segera membawa sang kekasih kembali ke istana.

Setelah sang putri kembali ke istana, ia menceritakan semuanya kepada sang raja bahwa saudaranya telah bekerja sama dengan nenek sihir untuk merubahnya menjadi seekor Keong Mas. Mendengar cerita itu, raja sangat kecewa dengan Dewi Galuh. Karena takut dihukum, Dewi Galuh kabur dari istana ke dalam hutan. 

Hari bahagia yang ditunggu tiba, Canda Kirana dan Pangeran Inu akhirnya dapat melangsungkan pernikahan mereka dan hidup bahagia selamanya.

Baca juga: Legenda Batu Menangis: Cerita Rakyat Kalimantan Barat

Pesan Moral Keong Mas

pesan moral cerita keong mas
Ilustrasi Keong Mas, Foto Oleh Poskata

Dalam kisah Keong Mas ini, kita dapat mengambil sebuah pesan bahwa sepintar-pintarnya seseorang menyembunyikan kejahatan pasti akan terbongkar juga. Dari Dewi Galuh kita harus belajar untuk saling menyayangi dan menghargai sesama saudara.

Perkembangan Cerita Keong Mas

Cerita rakyat Keong Mas saat ini bukan hanya sekedar sebuah dongen menjelang tidur. Kisah ini sudah banyak dikembangan dalam sebuah film dan pementasan. Bahkan, kisah Keong Mas juga sudah diterjemahkan dan diadaptasi di beberapa negara.

Kesimpulan

Keong Mas merupakan salah satu cerita rakyat Nusantara yang berasal dari Jawa Timur. Kisah yang menceritakan tentang rasa dengki seorang saudara perempuan hingga tega mengutuk saudaranya menjadi seekor keong ini memiliki pesan moral yang sangat baik yaitu harus saling menghargai dengan sesama saudara.

Baca juga: Cerita Sangkuriang: Romantisme Buta & Gunung Tangkuban Perahu

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Keong Mas: Cerita Rakyat dari Jawa Timur

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]