1. Blog

Contoh Ancaman di Bidang Ekonomi & Cara Mengatasinya

Ancaman di bidang ekonomi merupakan terancamnya kedaulatan perekonomian suatu negara melalui segala jenis usaha dan kegiatan, baik yang berasal dari luar maupun dalam negeri, yang dianggap dapat membahayakan keamanan finansial, serta pertumbuhan ekonomi nasional bangsa.Berikut penjelasan dan contoh ancaman di bidang ekonomi Indonesia yang perlu diperhatikan:

Contoh Ancaman di Bidang Ekonomi

1. Persaingan antar Produk Lokal dan Impor

Jika dihadapkan pada dua barang dengan kualitas yang hampir mirip, tentu kita akan memilih barang dengan harga yang lebih murah. Perbandingan ini sama halnya dengan barang impor dan barang lokal. Kualitas produk lokal umumnya tidak kalah dengan kualitas produk impor. Namun, produk impor memiliki pola subsidi tertentu sehingga harganya cenderung bisa lebih murah dibanding produk lokal. 

2. Kesenjangan Sosial

Globalisasi yang terjadi saat ini berdampak pada majunya teknologi yang dapat memudahkan segala akses pekerjaan manusia. Di sisi lain, globalisasi dapat memicu kesenjangan sosial pada masyarakat yang tidak mampu beradaptasi dan tidak dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik.

Dalam hal ekonomi, kesenjangan juga dapat terjadi antara produsen dalam negeri dengan produsen luar negeri atau dengan pebisnis dalam negeri sendiri akibat adanya pasar bebas. 

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on April 4, 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

3. Sumber Daya Manusia tidak Terserap Maksimal

Sumber daya manusia menjadi modal dasar yang dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sementara, sampai saat ini gap antara kebutuhan dan penyediaan tenaga kerja di Indonesia masih cukup lebar, dan akan semakin lebar jika perekonomian dikuasai asing dan barang impor yang semakin membanjiri pasar.

4. Prospek Pertumbuhan Ekonomi Memburuk

Inflasi yang meningkat diiringi disrupsi terkait pandemi yang masih terus berlanjut dan hambatan-hambatan baru pada rantai pasokan global, dapat menghambat aktivitas ekonomi. Membuat IMF memproyeksikan akan terjadi penurunan lebih lanjut bagi pertumbuhan global tahun 2022 dan 2023 mendatang. Ditambah risiko resesi pada 2023 berdampak memperburuk situasi ekonomi kedepannya.

5. Terjadinya Inflasi

Mengutip laman resmi Bank Indonesia, Inflasi diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi akan berdampak pada kenaikan harga pada barang lainnya. Inflasi yang tinggi menyebabkan menurunnya pendapatan riil masyarakat sehingga standar hidup dari masyarakat juga ikut menurun.

6. Ketergantungan terhadap Barang Impor

Mendatangkan barang impor akan sangat diperlukan jika barang atau jasa tersebut stoknya kurang di dalam negeri atau karena negara belum mampu menghasilkan barang atau jasa tersebut sebab tidak memiliki bahan baku, keterampilan, atau faktor lainnya. Namun, barang impor yang beredar lebih banyak dalam negeri menyebabkan terdesaknya produk lokal dan ketergantungan masyarakat pada barang impor.

7. Utang dengan Negara Lain

Akibat pandemi utang pemerintah Indonesia mengalami kenaikan. Utang negara yang besar bukan hanya dapat berdampak pada krisis ekonomi, namun juga terhambatnya proses pembangunan.

Ancaman-ancaman ini harus segera diatasi jika tidak ingin berdampak luas pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia, berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi ancaman di bidang ekonomi, diantaranya:

Cara Mengatasi Ancaman di Bidang Ekonomi

Anak Nusantara harus mengetahui, ada beberapa cara mengatasi ancaman di bidang ekonomi yakni sebagai berikut:

1. Memaksimalkan Sistem Ekonomi Berbasis Pertanian

Sebagai negara agraris, Indonesia punya kondisi wilayah subur yang luas. Sehingga pembangunan di sektor pertanian perlu diupayakan, karena sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat, pengentasan kemiskinan, dan penyedia lapangan kerja.

2. Mengutamakan Produk Lokal

Agar produk lokal semakin berkembang, pemerintah terus mendorong dan mengoptimalkan peningkatan penggunaan produk dalam negeri atau P3DN, khususnya untuk kebutuhan belanja pemerintah dan BUMN, terutama yang berasal dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

3. Berorientasi pada Kesejahteraan Rakyat

Pemerintah harus mengupayakan jalannya perekonomian berorientasi pada kesejahteraan rakyat. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat harus bersifat terjangkau dan murah. Memprioritaskan kebutuhan masyarakat, bukan mengutamakan keuntungan segelintir golongan tertentu saja.

4. Meningkatkan Kualitas SDM Melalui Pendidikan

Pendidikan yang berkualitas mampu menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan sesuai dengan tuntunan pembangunan dan perkembangan zaman yang ada.

5. Meningkatkan Pelatihan di Setiap Daerah

Melalui program pelatihan di setiap daerah dapat menjadikan SDM memiliki skill atau keahlian yang mumpuni untuk bidangnya, yang kemudian akan berpengaruh pada tingkat produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: 6 Ancaman di Bidang Sosial Budaya, Contoh, & Cara Menyikapinya

Nah itu tadi penjelasan lengkap ancaman di bidang ekonomi. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan Anak Nusantara ya terkait pengaruh atas ancaman ini di bidang ekonomi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Ancaman di Bidang Ekonomi & Cara Mengatasinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]