1. Biografi
  2. Tokoh

Silsilah Jaka Tingkir, Masa Kepemimpinan, & Sejarah Makam

Jaka Tingkir adalah seorang ulama yang disegani di Jaka dan dikenal juga sebagai raja di Kerajaan Demak. Berikut informasi lengkap mengenai silsilah Jaka Tingkir secara lengkap. 

Mengenal Jaka Tingkir

Jaka Tingkir atau yang disebut sebagai Joko Tingkir adalah raja pertama dari kesultanan kerajaan Pajang yang memerintah dengan nama Sultan Adiwijaya pada tahun 1568. Beliau memiliki nama asli Mas Karebet, asal muasal nama ini lahir ketika ayah Jaka Tingkir bernama Ki Kebo Kenanga dari Pengging Ki Ageng yang pada saat ini sedang menggelar pertunjukan wayang beber dan dalamnya Ki Ageng Tingkir.

Ketika wayang dimainkan terdapat suara gembret seperti tertiup angin sehingga Jaka Tingkir diberi nama Mas Karebet. Mereka berdua ini merupakan murid Syekh Siti Jenar. Pada saat selesai mendalang, Ki Ageng jatuh sakit dan dikabarkan meninggal. 

Ki Ageng Pengging dihukum mati 10 tahun kemudian karena dituduh memberontak terhadap kerajaan demak. Setelah kematian suaminya, Nyai Ageng Pengging jatuh sakit sehingga Mas Karebet diangkat sebagai anak oleh beliau dan mengubah namanya menjadi Jaka Tingkir. Orang tua angkat Jaka Tingkir ini nantinya akan masuk ke silsilah Jaka Tingkir.

Artikel Terkait

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on Mei 8, 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Jaka Tingkir tumbuh sebagai pemuda yang memiliki hobi bertapa dan bela diri, ia memiliki tubuh tegap dan tanggung. Guru pertama Jaka Tingkir adalah Kebo Kenongo yang merupakan ayahnya kandunganya dan Muhammad Kebungsuan kakek Adiwijaya.

Berdasarkan Babad Tanah Jawi, Jaka Tingkir kemudian mengabdi ke Ibu Kota Demak.  Perjalanan Jaka Tingkir ke kerajaan Demak pada zaman dahulu menggunakan rakit bambu dengan mengarungi sungai.  

Silsilah Jaka Tingkir

Jaka Tingkir adalah putra kandung dari Kebo Kenangan dan Nyi Ageng Pengging. Beliau merupakan cucu dari Ageng Wuking I dan Ratu Pembayunan yang dikenal sebagai Putri Raja Brawijaya yang merupakan silsilah Joko Tingkir paling awal. Agar kamu tidak bingung, berikut adalah bagan silsilah Joko Tingkir.

Silsilah Jaka Tingkir
Silsilah Jaka Tingkir (sumber: Wikipedia)

Silsilah Jaka Tingkir (sumber: Wikipedia)

Masa Kepemimpinan Joko Tingkir di Kerajaan Demak

Jaka Tingkir sudah merantau ke Ibu Kota demak sejak muda bersama dengan rekan-rekan satu perguruannya. Beliau tinggal di rumah pamannya yang bernama Gandamustaka yang merupakan seorang lurah ganjur dan perawat masjid Demak. Beliau mengabdi dengan tulus dan diangkat sebagai raja bernama Adipati Pajang dengan gelar Adipati Adiwijaya. Jaka Tingkir kemudian menikah dengan Ratu Mas Cempaka yang merupakan putri Sultan Trenggono. 

Jaka Tingkir kemudian diangkat sebagai kepala prajurit kerajaan Demak oleh Sultan Trenggono. Tidak berapa lama kemudian, Tenggana juga mengangkat Jaka Tingkir sebagai lurah wiratamtama atas jasanya.

Selama masa hidupnya Jaka Tingkir dikenal sebagai seorang ulama yang dihormati di Jawa. Kerajaan Pajang yang merupakan kerajaan yang didirikan oleh Jaka Tingkir adalah kerajaan yang dibangun setelah keruntuhan kesultanan Demak karena konflik perebutan kekuasaan.

Makam Jaka Tingkir

Jaka Tingkir memimpin Kerajaan Pajang dalam waktu yang cukup lama yakni 40 tahun. Ada beberapa versi mengenai kematian Jaka Tingkir yakni dibunuh oleh Pangeran Benowo ada juga beberapa sumber menyebutkan bahwa Jaka Tingkir menyepi di Dukuh Butuh untuk mengikuti jejak orang tuanya. Beberapa catatan menyebutkan hari-hari masa tuanya digunakan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Jaka Tingkir dimakamkan bersama dengan orang tua dan istrinya di Makan Butuh. Tempat ini beberapa kali mengalami renovasi pada masa Pakubuwono X. Makam Jaka Tingkir saat ini masih sering digunakan oleh petinggi Keraton Solo dan terkadang masyarakat juga ikut berziarah di makam ini. 

Baca juga: Sunan Bonang, Sosok Wali yang Mencintai Budaya Nusantara

Nah itu tadi silsilah Jaka Tingkir yang merupakan raja kerajaan Demak dan pendiri kerajaan Pajang. Semoga informasi mengenai silsilah Jaka Tingkir ini dapat membantu wawasan sejarah kamu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Silsilah Jaka Tingkir, Masa Kepemimpinan, & Sejarah Makam

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]