1. Budaya
  2. Tari Daerah

Tari Lenggang Nyai, Sejarah Bentuk Perjuangan Wanita Betawi

Tari Lenggang Nyai merupakan tarian kreasi baru yang diambil dari cerita rakyat Betawi. Nama Lenggang Nyai berasal dari kata “lenggang” yang mempunyai arti “melenggak – lenggok” dan kata “nyai” yang di ambil dari kisah hidup Nyai Dasimah.

Tarian Lenggang Nyai juga biasa disebut dengan Tari Betawi yang diciptakan tahun 1998 adalah ciptaan dari seorang seniman asal Yogyakarta bernama Wiwik Widiastuti. Tarian Lenggang Nyai tercipta dari proses perpaduan kebudayaan, seperti Cina, dan sebagainya. Ciri khas penggunaan suara musik pengiringnya riang, serta gerakan tari yang lemah gemulai.

Menurut cerita, tarian ini terinspirasi dari kisah hidup Nyai Dasimah. Nyai Dasimah adalah seorang gadis Betawi yang berparas ayu. Saat itu Nyai Dasimah mengalami kebingungan untuk memilih pasangan hidup. Ia dihadapkan pada dua pilihan dengan dua kebangsaan berbeda, yaitu pria berkebangsaan Belanda dan berkebangsaan Indonesia. Setelah berpikir lama, akhirnya ia memilih pria berkebangsaan Belanda bernama Edward William.

Selama pernikahan berlangsung, Edward banyak memberi aturan aturan yang mengekang Nyai Dasimah. Nyai merasa hak kebebasannya dirampas. Akhirnya ia memutuskan untuk berontak dan memperjuangkan hak kebebasannya sebagai wanita. Kisah itulah yang membuat Wiwik Widiastuti terinspirasi membuat tarian Lenggang Nyai untuk mengenang perjuangan Nyai Dasimah.

Pola Lantai Tarian 

Daftar Isi

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Tarian yang dibawakan oleh 4-6 perempuan ini merupakan tari kreasi baru namun terlihat seperti tari tradisional karena latar belakang terciptanya tarian tersebut. Untuk tari tradisional sendiri, biasanya pola lantai sudah diatur dan digunakan sesuai aturan. Berbeda dengan tari kreasi, pola lantai lebih bebas sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan karena yang penting adalah keindahan dan keselarasan gerakan tari.

Pelajari Juga Tarian Daerah Lainnya

Gerakan pada Tari Lenggang Nyai

Gerakan dalam tarian ini mencerminkan semangat dan kelincahan perempuan. Tarian ini memiliki gerakan yang unik seperti gerakan blonter, gerakan cindek nyai, dan gerakan palang tiga. Dalam pertunjukannya, gerakan tari yang lincah menggambarkan keceriaan dan keluwesan gadis Betawi. Kelincahan tersebut dapat dilihat dari gerak tubuh, kaki dan tangan penari yang bergerak dengan cepat tetapi tetap serasi dengan musik yang dimainkan. Beberapa gerakan juga menggambarkan kebingungan Nyai Dasimah saat menentukan pilihan untuk menentukan pendamping hidupnya.

Makna Tarian

Tari Lenggang Nyai yang berasal dari Betawi ini memiliki dua nilai yaitu nilai estetika dan nilai moral. Setiap kesenian tentu memiliki nilai keindahan, untuk nilai estetika terletak pada perpaduan sentuhan Cina dan Indonesia yang memiliki kesan berbeda. Selain nilai estetika, nilai moral juga disampaikan melalui gerakan-gerakannya. Tarian Lenggang Nyai memiliki beberapa nilai moral, yaitu Kebingungan, Kesedihan, Rasa malu, Keyakinan, Bahagia, Percaya diri, Keberanian, Cinta sejati

Nilai moral pada Tarian ini merupakan pesan untuk perempuan yang sedang menetapkan pilihan hidup. Tarian Lenggang Nyai menyampaikan pesan bagi para perempuan untuk bisa menjadi seorang perempuan yang memiliki prinsip yang kuat. Dengan prinsip yang kuat, seorang perempuan berani mengambil keputusan dan menghadapi risiko dari keputusannya tersebut.

Keunikan Tari Lenggang Nyai

Tari Lenggang Nyai - Kesenian Betawi
Tari lenggang nyai kesenian Betawi, foto oleh thegorbalsia

Keunikan tariannya bisa kita lihat dari gerakan tariannya yang luwes. Hal unik lainnya dari adalah perpaduan unsur budaya Cina dan Betawi pada busana yang dikenakan. Busana dan properti yang dikenakan juga menarik seperti mengenakan mahkota,  konde cepol, ampreng, pending (sejenis ikat pinggang), toka-toka, dan pakaian yang besar.

Pelajari Juga Tarian Daerah Lainnya

Biasanya busana penari Lenggang Nyai memakai warna yang terang, seperti warna merah terang dan hijau terang. Pada bagian kepala dihiasi dengan mahkota yang identik dengan budaya Tiongkok. Saat pertunjukan, tarian ini juga dimainkan berbarengan dengan musik tradisional dari Betawi, yaitu Gambang kromong.

Sampai saat ini, Tarian Lenggang Nyai merupakan tarian tradisional khas Betawi yang masih sering digunakan pada acara penyambutan tamu penting, acara adat, maupun saat ada festival di ibukota

Artikel menarik lainnya tentang Tari Daerah :

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tari Lenggang Nyai, Sejarah Bentuk Perjuangan Wanita Betawi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]