Dieng Plateau Wonosobo, Tempat Wisata Untuk Kamu Pecinta Alam

bukit sikunir di dataran tinggi dieng plateau
Hai para pecinta wisata alam! Yuk cari tahu dulu sejarah dan objek wisata apa saja sebelum datang ke area Wisata Dieng Plateau.
Daftar isi

Dieng Plateau yang sangat dikenal dengan sebutan Dataran Tinggi Dieng, dilihat dari sisi administratif/geografis, letak daerah ini bisa dibilang unik. Daerah seperti ini sangat jarang dijumpai di Indonesia, yang mana suatu wilayah terbagi menjadi dua wilayah administratif seperti Dieng Plateau. Bagian tersebut terbagi menjadi wilayah barat dan timur. Untuk wilayah barat (Dieng Kulon), masuk di wilayah administratif Kabupaten Wonosobo. Sedangkan di wilayah timur masuk bagian administratif Kabupaten Banjarnegara.

Keadaan alam disekitar Pegunungan Dieng Plateu dapat dikategorikan subur, maka dari itu mata pencaharian utama masyarakat sekitar sebagai petani. Berbagai jenis tanaman seperti kentang, kubis, dan wortel tumbuh subur yang ditanam di lahan milik penduduk yang tersebar di lanskap dan perbukitan Dieng Plateau.

Sejarah Dataran Tinggi Dieng Plateau

Pada awal abad masehi, terjadilah sebuah proses migrasi besar-besaran penduduk Kalinga menuju ke berbagai penjuru asia, salah satunya ke pulau Jawa.

Menurut beberapa sumber, penyebab terjadinya migrasi tersebut karena adanya serangan dari Kerajaan Ashoka yang terletak di bagian utara dari Kerajaan Kalingga. Menurut seorang peneliti dari Perancis, migrasi tersebut hanyalah migrasi biasa dalam rangka memperluas lingkup perdagangan. Kemudian, bangsa Kalingga sekaligus menjadikan proses tersebut sebagai sarana penyebaran budaya.

Proses Migrasi tersebut membawa banyak pengaruh yang besar, seperti di bidang keyakinan, teknologi, hingga sastra. Bahkan, banyak dugaan jika cara bercocok tanam padi merupakan salah satu pengaruh teknologi yang dibawa bangsa Kalingga ke Tanah Jawa. Tercatat dalam kurun waktu tertentu, telah terjadi proses civilisasi yang tiada henti, hingga mengakibatkan wisata Dieng Plateau menjadi sebuah sistem peradaban yang besar. Proses civilisasi inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Wangsa Mataram Kuno, tepatnya di masa Sanjaya dan Syailendra, dan puncaknya terjadi pada abad 8 -9 Masehi.. Hal ini dibuktikan dengan bukti-bukti peninggalannya berupa candicandi yang sampai sekarang masih dapat kita lihat sisa-sisa peninggalannya.

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

area dieng plateau
Masuk Area Dieng Plateau, oleh WordPress/Zaf

Migrasi tersebut bukanlah proses perpindahan spontan melainkan tersusun dengan rencana yang matang. Sebelum melakukan proses migrasi, mereka sudah melakukan pencarian di beberapa tempat-tempat yang mereka anggap sesuai untuk memindahkan simbolis “surga” yang ada di Himalaya. Mereka melakukan penelusuran ke tanah Jawa dan menemukan tempat yang dianggap sesuai untuk hal tersebut adalah Dieng Plateau. Oleh sebab itu, kemudian dataran tinggi Dieng menjadi pingkalingganing Bhawana atau yang biasa disebut Poros Dunia.

Nama Dieng sendiri dilatarbelakangi dari peristiwa pemindahan simbol surga yang dilakukan Sang Hyang Djagadnata (Bathara Guru). Peristiwa ini didasari dalam Serat Paramayoga karya R Ng Ranggawarsita tersebut. Kata Dieng merupakan bahasa ayng diambil dari Kitab Sansekerta yang memiliki arti tempat yang tinggi atau gunung dan Hyang artinya leluhur atau dewa-dewa.

Baca Juga : Candi Dieng yang Penuh Misteri

Wisata Alam Dieng Plateau

Wisata Dieng Plateau menghadirkan berbagai keunikannya, mulai dari keindahan alamnya, kisah sejarahnya, hingga budaya yang ada. Area wisata ini ditetapkan sebagai sebuah daerah destinasi wisata alam terbaik di Jawa Tengah. Objek wisata alam Dieng Plateau ini paling digemari oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Indonesia tepatnya Wonosobo.

bukit sikunir dieng plateau
Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng Plateau, oleh Flickr/Bagus Wijanarko

Cobalah isi liburan anda ke negeri diatas awan (Dataran Tinggi Dieng) yang masuk kedalam daerah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Sebuah tempat yang disebut surga tersembunyi, hadir memberikan pengalaman baru dan merasakan kesegaran hawa dingin udara pegunungan dataran tinggi Dieng. Lalu, menikmati sajian kuliner khas Dieng sambil menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan, mengejar mentari di pesinggahan para dewata (Bukit Sikunir). Dilengkapi dengan peninggalan sejarah dari reruntuhan peradaban Dieng Plateau di masa lampau, berupa candicandi kuno beraliran Siwa. Dataran Tinggi Dieng merupakan tujuan wisata alam yang paling menantang dan bergengsi untuk Anak Nusantara kunjungi. Daerah wisata yang biasa disebut dengan kepingan surga ini, memendam misteri dalam keindahan kabutnya. Tidak hanya itu, hembusan angin yang bertiup di sela-sela ranting pohon dan burung-burung yang bernyanyi merdu, melengkapi wisata alam ini. Keindahan tersebut, telah menjadikan wisata alam Dieng Plateau ini sebagai tempat yang paling sempurna untuk tujuan wisata alam.

Ayo Anak Nusantara, saksikan salah satu keindahan wisata alam di Dataran Tinggi Dieng ini. Sebuah area yang menyajikan kelengkapan wisata alam, budaya serta tradisi leluhur yang melekat di tengah-tengah kehidupan masyarakat dataran tinggi Dieng Plateau.

Lokasi Wisata

Dataran Tinggi Dieng berlokasi di Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara. Pada tepatnya lokasi wisata alam Dieng Plateau berada di kawasan vulkanik aktif daerah Jawa Tengah. Kawasan tersebut masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Harga Tiket Masuk Dieng Plateau

Tempat wisata Dieng Plateau buka setiap hari mulai jam 07.00 s.d 17.00 WIB. Namun, terkecuali untuk destinasi Sunrise Sikunir buka waktu pagi jam 03.00 WIB.

Berikut daftar harga tiket masuk wisata Dieng Plateau 2020 yang berhasil Munus dapatkan dari hasil pencarian. Hal ini untuk memudahkan informasi bagi Anak Nusantara yang ingin mencari objek wisata alam di Ketinggian Dieng.

DestinasiDomestikAsing
Telaga Warna / Pengilon / Goa15.000150.000
TPR Garung10.00010.000
Candi Arjuna / Kawah Sikidang15.00030.000
Sunirse Sikunir / Telaga Cebong10.00010.000
Gunung Prau15.00015.000
Dieng Plateau Theater10.00010.000
Padang Savana10.00010.000
Sumur Jalatunda5.0005.000
Batu Ratapan Angin10.00020.000
Telaga Menjer5.0005.000
Air Terjun Sikarim5.0005.000
Candi Bima5.0005.000
Telaga Sewiwi5.0005.000
D-Qiano Water Park25.00035.000
Festival Dieng350.000350.000
Telaga Merdada5.0005.000
Bukit Sidengkeng3.00020.000
Scotter Dieng5.0005.000
Kailasa Museum5.0005.000
G. Pakuwojo10.00010.000
Kalianget Wonosobo6.0006.000
Lembah Seroja5.0006.000
Telaga Dringo5.0005.000
Candradimuka, Kawah5.0005.000
Bukit Cinta5.0005.000
Wonoland10.00010.000

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *