1. Budaya
  2. Perayaan dan Pertunjukkan

14 Tradisi Unik Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Berbagai Daerah

Peringatan kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus rupanya tidak hanya diperingati dengan upacara bendera saja, namun juga berbagai kegiatan seru seperti perlombaan dan tradisi daerah. Beberapa perlombaan khas 17 Agustus antara lain adalah lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba balap karung, dan lomba berjalan diatas bakiak.

Selain lomba-lomba yang umum, di berbagai daerah juga memiliki lomba-lomba yang unik maupun tradisi yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Berikut beberapa lomba dan tradisi daerah dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang akan Munus bahas kali ini.

1. Telok Abang (Palembang)

Telok abang merupakan salah satu makanan khas asal kota Palembang. Para penjual telok abang biasanya banyak dijumpai di sepanjang jalan pusat Kota Palembang ketika memasuki Agustus.

Telok abang atau telok merah adalah telur ayam yang diberi pewarna merah, yang diletakkan di mainan yang terbuat dari kayu gabus berupa kapal-kapalan, pesawat, dan beberapa jenis mainan lainnya.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

2. Lomba Dayung (Banjarmasin)

Kota Banjarmasin merupakan kota yang terkenal dengan sungai dan sampan yang menjadi transportasi masyarakatnya. Tak heran jika dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya masyarakat mengadakan lomba yang berhubungan dengan hal itu yakni lomba dayung. 

Lomba ini diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah yang ada di Kalimantan Selatan. Para peserta akan mendayung sejauh 100-500 meter menggunakan sampan atau yang biasa disebut jakung. Dalam lomba para peserta akan menggunakan sampan berwarna-warni dengan setiap ujung dan buritan sampan didesain dengan konsep kepala dan ekor naga.  

3. Lomba Lari Estafet Obor (Semarang)

Kota Semarang yang terkenal dengan oleh-oleh lumpia khas Semarang ini memiliki tradisi yang cukup unik dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Masyarakat Semarang biasanya akan mengadakan lomba lari estafet obor. 

Lomba ini akan diadakan saat malam hari dan bisa diikuti oleh siapa saja, baik laki-laki, perempuan, anak-anak maupun orang dewasa. Tradisi ini memiliki filosofi yaitu obor yang dipercaya sebagai simbol semangat yang berapi-api para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

4. Barikan (Malang)

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, setiap tahunnya warga Kota Malang biasanya akan mengadakan barikan. Barikan merupakan acara tasyakuran atau selamatan yang digelar di kampung-kampung atau lingkungan warga pada malam 17-an atau tanggal 16 Agustus malam. 

Barikan biasanya dilakukan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Namun secara garis besar, acara wajib yang ada adalah renungan kemerdekaan dan doa bersama. Dilanjutkan dengan makan bersama atau saling menukar berkat atau nasi kotak.

5. Pawai Jampana (Bandung)

Pawai Jampana merupakan tradisi yang diselenggarakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Kota Bandung. Sesuai namanya, para peserta pawai jampana akan membawa tandu-tandu besar. Tandu-tandu yang ada di pawai ini terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti rumah, masjid, kendaraan, hingga miniatur hasil produksi warga.

Tandu berisikan hasil bumi, hidangan makan, hingga hasil kerajinan masyarakat itu, akan dipikul oleh minimal empat orang pemuda. Tandu-tandu ini akan diarak secara bersama-sama menuju satu tempat yang sudah ditentukan. 

Setelah sampai di lokasi, hasil bumi yang dibawa akan diperebutkan oleh masyarakat. Sementara hidangan makan akan dimakan oleh para peserta secara bersama-sama.

6. Sampan Layar (Batam)

Sampan layar merupakan tradisi warga kepulauan Riau yang menjadi ajang lomba untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia di Kota Batam. Lomba ini biasanya diadakan di sekitar perairan Selat Philip. Para peserta yang mayoritas nelayan akan menghias sampan berkapasitas sembilan orang itu dengan dengan layar berwarna-warni. Peserta diharuskan menyusuri rute perlombaan sejauh 5 kilometer di perairan itu.

7. Peresean (Lombok)

Untuk memperingati hari kemerdekaan RI masyarakat Lombok mengadakan festival Peresean. Peresean merupakan festival adu kekuatan dan ketangkasan antara pemuda di kalangan suku Sasak Lombok.

Peresean adalah pertarungan antara dua orang lelaki yang bersenjatakan penjalin dan dilengkapi dengan perisai yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang disebut ende. Penjalin adalah pecut yang terbuat dari rotan sepanjang 1,5 meter yang masing-masing ujungnya diikat dengan benang dan dilumuri aspal atau pecahan beling yang sudah dihaluskan.

Baca Juga : Ide Lomba Agustusan Saat Pandemi

8. Sepak Bola Durian (Cirebon)

Masyarakat Cirebon memiliki cara unik untuk memperingati HUT kemerdekaan RI dengan mengadakan sepak bola durian. Berbeda dengan sepak bola biasanya yang menggunakan bola karet atau plastik, sepak bola ini sangat ekstrim karena menggunakan buah durian sebagai pengganti bola biasa. 

Untuk memainkannya diperlukan teknik-teknik khusus sehingga tidak sembarangan orang bisa ikut bermain. Lomba ini biasanya diikuti oleh orang-orang dewasa dan tentunya ada pembukaan berupa pembacaan doa-doa oleh pemuka agama sebelum memulai kegiatan ini.

9. Karapan Kambing (Madura)

Karapan Kambing - peringatan kemerdekaan Indonesia
Salah satu tradisi peringatan kemerdekaan Indonesia: Karapan Kambing, foto oleh beritainspiratif

Selain terkenal dengan karapan sapi, Madura juga memiliki karapan yang unik yaitu karapan kambing. Tak ubahnya karapan sapi, karapan kambing ini pun memacu kecepatan di jalur atau race yang sama. Jenis tingkat lombanya pun sama, mulai dari tingkat kawedanan hingga piala presiden. Kambing balap ini memiliki paddock layaknya balapan mobil yang berfungsi untuk mengecek kesehatan dan kesiapan kambing sebelum giliran adu cepat di lintasan.

10. Tumpeng Sewu (Banyuwangi)

Tumpeng sewu atau dapat diartikan tumpeng yang berjumlah seribu merupakan salah satu tradisi suku Osing di Banyuwangi. Tumpeng sewu adalah upacara adat yang digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahan yang mereka terima. Disebut tumpeng sewu karena dikaitkan dengan jumlah warga Desa Keiren yang berjawar 5 kilometer dari Kota Banyuwangi ini dihuni sekitar seribu kepala keluarga.

Dalam tumpeng sewu setiap rumah membuat nasi berbentuk kerucut (nasi pincuk) dengan lauk pauk khas Osing yakni Pecel Pithik. Biasanya terdiri dari ayam kampung bakar, kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang sebelumnya sudah dibumbui. Ritual Tumpeng sewu ini dipercayai sebagai selamatan tolak balak.

11. Pacu Kuda (Aceh)

Pacu kuda atau pacu kude dalam bahasa Gayo merupakan pesta masyarakat Gayo Aceh Selatan yang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Kegiatan ini akan digelar dua kali setiap tahunnya, yaitu untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI dan memperingati HUT Kota Takengon. 

Pacu kuda ini mengharuskan para joki untuk mengadu ketangkasan kudanya tanpa menggunakan pelana. Lomba ini diperuntukan untuk para joki yang masih berusia 12 sampai 20 tahun. Kuda yang digunakan dalam pacu kuda ini biasanya adalah kuda hasil persilangan antara kuda Australia dan kuda Gayo yang kecil-kecil. Kuda yang mendapat juara pada perlombaan ini umumnya akan memiliki harga jual yang tinggi.

12. Petugas Upacara Berkostum Prajurit Keraton (Yogyakarta)

Upacara Hari Kemerdekaan RI di Yogyakarta berbeda dengan daerah lainnya. Upacara di Yogyakarta digelar dengan tema bergaya prajurit keraton. Hal ini ditujukan untuk memberikan sentuhan lain dalam peringatan Kemerdekaan Indonesia serta melestarikan budaya Jawa.

Ratusan orang tampak berkumpul di jalan dengan bergaya ala prajurit Keraton Yogyakarta. Tak hanya kalangan pria, tapi ibu-ibu juga ikut berpartisipasi dengan menggunakan busana prajurit wanita Keraton yogyakarta. 

13. Sepak Bola Sarung (Makassar)

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Salah satunya adalah sepak bola sarung yang diselenggarakan oleh warga Makassar. Permainan ini diikuti oleh beberapa tim yang terdiri dari 5 orang mulai dari remaja hingga orang tua.

Setiap pemain wajib menggunakan sarung dan bermain tanpa alas kaki. Pertandingan sepak bola ini mengundang perhatian warga karena menimbulkan gelak tawa akibat beberapa pemain yang menggunakan sarung sering terjatuh saat akan menggiring atau menendang bola.

14. Gebuk Bantal (Jakarta Timur)

Gebuk Bantal merupakan permainan yang menarik dan diminati oleh warga Jakarta Timur. Gebuk bantal merupakan tradisi yang sudah ada sejak tahun 1990-an.

Permainan ini dimulai dengan dua orang bersiap di arena gebuk bantal yang berupa sebatang bambu yang diletakkan di tengah kali. Pemain akan saling pukul menggunakan bantal yang sudah mereka genggam.

Keseruan akan mulai terjadi ketika salah satu pemain kehilangan keseimbangan dan hampir terjatuh, namun dengan sekuat tenaga bertahan. Teriakan dari masyarakat juga menambah keseruan yang ada di arena. Puncaknya, ketika salah satu pemain jatuh dan tercebur ke kali disertai teriakan penonton yang meneriaki peserta yang kalah.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 14 Tradisi Unik Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Berbagai Daerah

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]