1. Budaya
  2. Tari Daerah

Tari Jaipong: Asal, Sejarah, Properti, Gerakan & Pola Lantai

Tari Jaipong merupakan salah satu tari yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia bahkan internasional. Tarian tradisional yang berasal dari Bandung Jawa Barat ini, diciptakan oleh seniman berbakat berdarah Sunda yaitu Gumgum Gumbira dan Haji Suanda. Biasa disebut juga dengan tari Daun Pulus Keser Bonjong atau Rendeng Bojong.

Tari ini adalah tarian yang terdiri dari gabungan beberapa kesenian tradisional  Indonesia seperti pencak silat, wayang golek dan ketuk tilu. Gerakan tarian ini begitu lincah, energik, ceria, dan humoris tentunya sangat menarik untuk dinikmati.

Gerakan Tari Jaipong

Tari Jaipon, Tarian khas suku sunda
Tari Jaipong suku Sunda, foto oleh indepedhia

Gerakan pada tari ini memiliki 4 ragam diantaranya adalah:

Bukaan

Gerakan tari ini dilakukan ketika dimulainya pementasan sebagai pembukaan. Para penari melakukan gerakan lemah gemulai berjalan memutar sembari memainkan selendang di bahunya dengan lemah gemulai.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Pencungan

Pada gerakan tari ini, para penari harus melakukan tarian dengan tempo yang cepat diiringi dengan alunan musik khas Sunda yang cepat pula.

Ngala

Para penari Jaipong, melakukan gerakan patah-patah disertai gerakan perpindahan dari titik satu ke titik lainnya dilakukan dengan tempo yang cepat.

Mincit

Gerakan tari dimana para penari melakukan pergantian satu ragam gerak tarian ke ragam gerak tarian lainnya. Gerakan tari ini dilakukan sesudah gerak ngala.

Pelajari Juga Tarian Daerah Lainnya

Pola Lantai Tari Jaipong

Terdapat macam pola lantai yang digunakan dalam tari tradisional yaitu pola lantai horizontal, pola lantai vertikal, pola lantai diagonal, pola lantai garis melengkung, dan pola lantai zig-zag. Sedangkan, pola lantai yang digunakan pada tari Jaipong ialah pola lantai vertikal atau lurus dan pola lantai zig-zag. Maksud dari pola vertikal ini ialah para penari Jaipong membentuk garis vertikal, berupa formasi lurus mulai dari depan ke belakang ataupun formasi lurus dari belakang ke depan. Kemudian pola lantai zig-zag, pada pola lantai ini penari Jaipong diharuskan membentuk formasi menyerupai bentuk huruf z.  

Makna Tari Jaipong

Makna Tari Jaipong

Dibalik gerakan tarian yang begitu cantik tersimpan makna disetiap gerakannya. Makna tari Jaipong menggambarkan bagaimana wanita suku Sunda memiliki sifat yang sangat gigih dan tidak pantang menyerah, energik, ramah, tidak gendung, lincah, dan bertanggung jawab. Mereka digambarkan sebagai seseorang yang memiliki sopan santun yang tinggi.

Kostum dan Properti Tari Jaipong

Busana yang dikenakan para penari sangat beragam, para penari menggunakan kebaya warna merah batik khas Jawa Barat menggunakan sanggul dan aksesoris yang catik. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, para penari biasanya menggunakan baju yang beragam seperti kemben, baju dengan corak cantik dan mencolok, namun tetap terasa nuansa tradisionalnya

Adapun 3 macam busana yang digunakan pada tari ini adalah:

  1. Sinjang, merupakan kostum berupa kain menyerupai celana panjang berwarna hitam.
  2. Sampur, properti ini bentuknya seperti selendang, sampur dikenakan pada leher penari Jaipong.
  3. Apok, merupakan kostum berupa baju atasan yang memiliki kancing seperti pada pakaian umumnya dihiasi bordiran bunga-bunga cantik dan warna-warni pada bagian sudutnya.

Musik Pengiring

Tari Jaipong diiringi dengan musik khas Sunda yaitu musik degung dengan tempo yang cepat didominasi oleh suara gendang. Berikut beberapa alat musik yang digunakan untuk mengiringi tari Jaipong:

  1. Gendang, alat musik dari Jawa Barat ini dimainkan dengan cara ditabuh, dalam mengiringi tari Jaipong gendang ditabuh dengan tempo yang cepat.  
  2. Rebab, alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini digunakan sebagai pelengkap iringan tari
  3. Gong, alat ini dimainkan dengan cara dipukul, gong dipukul pada waktu tertentu sesuai dengan iringan tarian
  4. Kecrek, alat perkusi ini sering dipakai untuk mengiringi pentas seni tradisional. Berfungsi sebagai pemberi aba-aba pada pada iringan tari Jaipong maupun tari lainnya.
  5. Kecapi, merupakan alat musik yang berasal dari Sunda, sama dengan rebab, alat ini dimainkan dengan cara dipetik untuk mengiringi tari.

Pelajari Juga Tarian Daerah Lainnya

Keunikan Tari Jaipong

Tari jaipong dengan keunikan gerakannya yang lemah gemulai
Kesenian tari jaipong dari Jawa Barat, foto oleh blog,unnes,ac,id

Banyak sekali keunikan dari tarian khas dari Jawa Barat ini, bahkan banyak pula masyarakat yang tertarik untuk ikut menari ketika pementasan sedang berlangsung. Hal yang paling menarik dan unik adalah gerakan tari yang lemah gemulai dan energik. Gerakan tarinya merupakan gabungan antara kesenian tradisional pencak silat, wayang golek dan ketuk tilu, selain itu iringan musik yang didominasi gendang dengan tempo cepat menambah semangat para penonton untuk ikut serta menarikan tari Jaipong pada saat pementasan. Busana yang begitu apik dan beraga juga menjadi keunikan tersendiri. Karena keunikan ini, masih banyak masyarakat yang ingin melestarikannya dan banyak pula kaum muda yang ingin mempelajarinya.

Baca Juga : Tari Bungong Jeumpa: Sejarah, Arti, & Pola Gerakannya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tari Jaipong: Asal, Sejarah, Properti, Gerakan & Pola Lantai

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]