1. Candi
  2. Kerajaan

Candi Plaosan: Saksi Kisah Cinta Dua Agama Berbeda

Candi Plaosan adalah sebuah candi bercorak Hindu-Buddha yang berdiri sejak pertengahan abad ke-9. Candi ini merupakan bukti cinta dari seorang raja bernama Rakai Pikatan kepada isterinya.

Banyak hal menarik dari destinasi ini. Apabila anak nusantara ingin berlibur sekaligus belajar mengenai sejarah, destinasi ini menjadi pilihan yang tepat. Dalam artikel ini, munus telah merangkum informasi lengkap mengenai sejarah, kompleks, akses dan letak hingga harga tiket masuk Candi Plaosan.

Sejarah Candi Plaosan

Sejarah candi ini diawali dari kisah Raja Rakai Pikatan. Raja yang memimpin pada masa pendirian candi. Dikisahkan pada masa itu, Raja Rakai Pikatan memutuskan untuk menikahi Pramordhawardani. Namun, pernikahan  mereka mendapatkan banyak penolakan karena mereka berasal dari dua agama yang berbeda. Raja Rakai Pikatan berasal dari Dinasti Sanjaya yang beragama Hindu dan Pramordhawardani berasal dari Dinasti Syailendra dengan Agama Buddha.

Meskipun begitu, mereka tetap memutuskan untuk menikah didasari rasa cinta dengan mengenyampingkan kepercayaan yang mereka anut. Sebagai lambang cinta Raja Rakai Pikatan kepada Pramordhawardani, sang raja membangun Candi Plaosan dengan megah. Bukti cintanya kepada sang istri juga diwujudkan dengan membebaskan sang istri, Pramordhawardani memilih kepercayaan apapun yang ingin dianutnya. Candi ini telah menjadi bukti nyata  bahwa cinta dapat menyatukan dua keyakinan yang berbeda serta menjadi simbol toleransi umat beragama.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Maret 12, 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Wujud cinta  Raja Rakai Pikatan kepada sang istri juga bisa kita lihat pada relief-relief candi. Relief yang menggambarkan laki-laki merupakan bentuk kekaguman sang istri kepada raja dan relief berbentuk wanita merupakan wujud kekaguman Raja Rakai kepada sang istri, Pramordhawardani.

Kisah asmara Raja Rakai dan sang istri kini menjadi mitos tersendiri bagi pasangan yang mengunjungi Candi Plaosan. Mitosnya adalah, apabila ada pasangan yang berkunjung ke candi ini, maka hubunganya akan awet. Berbanding terbalik dengan mitos yang beredar di Candi Prambanan, yang mengatakan bahwa pasangan yang berkunjung ke sana hubungannya akan mudah retak.

Kompleks

Candi Plaosan, Saksi Kisah Cinta Dua Agama Berbeda
Candi Plaosan candi bercorak Hiindu-Budha, foto oleh alberna

Candi Plaosan terbagi menjadi dua kompleks yaitu kompleks Lor dan kompleks Kidul. Keduanya memiliki teras berbentuk persegi panjang dan dikelilingi dinding sebagai semedi yang memiliki bentuk  pos di sebelah barat dan stupa di sisi lainnya. Karena memiliki bentuk yang hampir sama, Candi Plaosan juga memiliki julukan candi kembar.

Candi Plaosan Lor 

Candi Plaosan Lor merupakan kompleks yang sangat luas. Pada bagian depan (barat), terdapat dua pasang arca  Drawapala yang saling berhadapan.  Di pusat kompleks candi ada dua bangunan bertingkat dua yang merupakan candi utama. Kedua bangunan ini menghadap ke barat dan masing-masing dikelilingi pagar batu.

Candi Plaosan Kidul

Kompleks Candi Plaosan Kidul terletak di sebelah selatan Candi Plaosan Lor. Kompleks ini memiliki paviluan tengah. Bangunannya dikelilingi 8 candi kecil yang terbagi menjadi dua tingkat, masing-masing berjumlah 4. Jika pada kompleks Lor terdapat candi utama yang masih berdiri, pada kompleks Kidul candi utamanya sudah tinggal puing-puing saja.

Akses dan Letak

Letak candi ini berada di sebuah perbatasan antara Daerah Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya, di Dusun Plaosan, Prambanan, Desa Bugisan, Jawa Tengah. Namun karena lokasinya berada di dekat Candi Prambanan, Candi Plaosan sering dianggap oleh masyarakat termasuk dalam wilayah Yogyakarta.

Apabila anak nusantara ingin berkunjung ke Candi ini, terdapat dua cara yang dapat menjadi pilihan yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau umum.  Tapi, munus menyarankan untuk menggunakan transportasi umum karena kawasan tersebut lumayan padat.

Bagi yang mengendarai transportasi umum, bisa menggunakan Trans Jogja menuju arah Candi Prambanan. Kemudian dari Candi Prambanan, bisa melanjutkan dengan naik ojek dengan harga kisaran 20 ribu rupiah. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, bisa memilih Jalan Solo menuju arah Prambanan kemudian belok kiri mengikuti jalan hingga sampai ke kompleks candi.

Harga Tiket Masuk

Mengunjungi dan menikmati destinasi dengan nilai sejarah tinggi ini bisa menjadi referensi liburan yang asyik. Harga tiket masuk destinasi ini juga terjangkau. Anak nusantara hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 10.000/orang (dewasa), Rp. 2.000/orang (anak-anak), serta Rp. 50.000/orang (wisatawan mancanegara). Biaya parkir 3000 Rupiah untuk kendaraan motor dan biaya parkir 5000 Rupiah untuk kendaraan mobil.

Cukup murah bukan? Anak nusantara dapat melihat secara langsung saksi bisu dan kemegahan bukti cinta Raja Rakai Pikatan kepada sang istri, Pramordhawardani. Selain itu, disana juga disuguhkan pemandangan indah candi dengan background sawah pertanian warga sekitar.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Candi Plaosan: Saksi Kisah Cinta Dua Agama Berbeda

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]