1. Peninggalan Sejarah

Masjid Agung Cirebon: Sejarah, Arsitektur, dan Keunikannya

Masjid Agung Cirebon atau Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Cirebon. Bangunan ini dibangun pada masa pemerintahan Sunan Gunung Jati pada tahun 1498 Masehi. Masjid ini dikenal sebagai masjid tertua di Cirebon. Seperti apa kisah selengkapnya? Simak informasi tentang sejarah, arsitektur dan keunikan dari masjid ini! 

Sejarah Masjid Agung Cirebon

Masjid Agung Cirebon dibangun oleh Sunan Gunung Jati dengan bantuan Wali Songo lainnya. Pembangunan masjid ini dibantu oleh salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Kalijaga. Beliau membawa arsitek terbaik dari Kerajaan Majapahit bernama Raden Sepat untuk membangun masjid ini. Tidak hanya itu, Raden Patah dari Demak juga membantu pembangunan dengan mengirimkan beberapa tenaga ahli.

Pembangunan masjid ini dikatakan hanya memakan waktu satu malam saja, mulai dibangun dini hari dan kemudian digunakan keesokan harinya untuk shalat subuh. Nama Sang Cipta Rasa berasal dari kata rasa dan kepercayaan. Sebenarnya, masyarakat Cirebon menamai masjid ini dengan nama Masjid Pakungwati karena letaknya yang berada di dalam komplek Keraton Pakungwati.

Arsitektur Masjid Agung Cirebon

Arsitektur Masjid Agung Cirebon (sumber: @ibobphotography on Instagram)
Arsitektur Masjid Agung Cirebon (sumber: @ibobphotography on Instagram)

Masjid Agung Cirebon memadukan berbagai unsur budaya dalam arsitektur bangunannya. Bentuk dan struktur yang dimiliki masjid bertujuan untuk mempertahankan nilai-nilai sejarah. Di bagian luar, masjid dikelilingi oleh pagar tembok yang berhiaskan tonjolan berbentuk segi enam yang bergerigi.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Maret 12, 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Bagian atas tembok memiliki tepian rata yang disusun dari bata yang bagian atas dan bawahnya mengecil, sedangkan pada bagian tengahnya melebar. Dengan ketinggian 70 cm dan terdiri 20 buah bata, tembok mengelilingi masjid ini. 

Terdapat 6 buah pintu yang terdiri dari 3 pintu di sisi timur, 2 pintu di sisi timur, dan 1 pintu di sisi utara. Bentuk pintu atau gerbang masjid memiliki bentuk yang menyerupai Gapura Paduraksa. Gerbang pintu utama yang berada di sisi timur memiliki hiasan sayap bersusun tiga pada puncaknya dan bagian tengahnya memiliki hiasan candi laras.

Kalian dapat melihat tulisan Arab di atas gapura tersebut yang sisi kanan dan kirinya sudah dihiasi candi laras. Gerbang lainnya memiliki bentuk persegi panjang dengan lengkungan di bagian tengahnya. Gerbang tersebut terdiri dari dua buah daun pintu yang bermotif candi laras lengkap dengan bingkai cermin dan belah ketupat.

Bangunan utama masjid memiliki ukuran 17,80 meter x 133,30 meter. Ruang masjid sendiri sudah menghadap kiblat. Lantai masjid terbuat dari ubin terakota dengan ukuran 28 x 28 cm yang berjajar berwarna merah pudar. 

Dinding bangunan utama memiliki tinggi sekitar 3 meter dengan tebal 56 dan terpisah dari atapnya. Dinding yang terbuat dari batu kapur setebal 5-7 ini memiliki fungsi untuk memisahkan ruang dalam dengan serambi. Seluruh dinding memiliki warna jingga agak kemerahan kecuali pada bagian ukir seperti mihrab dan dinding bagian luar.

Tiang Masjid Agung Cirebon terbuat dari kayu jati yang berderet dari timur ke barat dan terdiri dari 12 buah tiang utama ditambah 18 tiang pendukung yang berada dekat tembok. 12 tiang utama tersebut sudah tidak lagi memiliki fungsi sebagai penyangga atap karena sudah rapuh dan perlu diperkuat dengan 4 tiang besi tambahan. Tiang utama saat ini sudah digantikan dengan keberadaan tiang-tiang besi yang dibangun saat pemugaran masjid.

Keunikan Masjid Agung Cirebon

Keunikan Masjid Agung Cirebon (sumber: @hotelsantikacirebon on Instagram) C
Keunikan Masjid Agung Cirebon (sumber: @hotelsantikacirebon on Instagram)

Selain arsitektur bangunanny yang merupakan hasil akulturasi, Masjid Agung Sang Cipta Rasa terkenal dengan keunikannya karena setiap komponen masjid memiliki nama, antara lain: 

1. Sang Rengga 

Sang Rengga adalah nama dari mimbar masjid ini. Mimbar tersebut terbuat dari kayu dan letaknya menempel pada dinding bagian barat masjid. Mimbar memiliki panjang 1,22 m, lebar 60 cm, dan tinggi sekitar 2,30 m. Bentuk mimbar menyerupai sebuah kursi yang dilengkapi dengan tiga anak tangga yang menyatu dengan lantai. Sang Rengga memiliki banyak sekali hiasan berupa motif sulur, bunga dan bahkan dedaunan.

2. Prabayaksa

Prabayaksa adalah nama dari serambi masjid agung ini. Prabayaksa terletak di sisi selatan bangunan ini. Serambi memiliki ukuran sekitar 29 x 6,40 meter. Lantai serambi terbuat dari ubin berwarna merah, memiliki 13 tiang persegi dan 14 kayu bulat yang terdiri dari dua lajur.

3. Pamandangan

Pamandangan adalah nama serambi bagian timur dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Serambi ini berada di depan pintu utama sisi timur. Ukuran serambi sekitar 33 x 6,50 meter. Pamandangan atau serambi bagian timur ini memiliki 30 batang kayu, 4 tiang besi dan saka tatal. Saka tatal dililit dengan lempengan besi. 4 tiang besi tersebut berfungsi untuk menjadi penopang atap saat ini.

4. Sang Guru Mangir 

Bedug masjid juga memiliki nama di sini. Sang Guru Mangir adalah nama dari bedug Masjid  Agung Cirebon. Bedug tersebut dibuat secara langsung oleh Sunan Kalijaga dan tergantung di batang balok yang melintang di dalam masjid.

5. Narpati 

Narpati adalah nama pintu masuk utama Masjid Agung Cirebon. Pintu Narpati berukuran paling besar sekitar 2,40 m dengan lebar 1,24 m. Narpati terdiri dari 2 buah daun pintu yang berhiaskan ukiran sulur, bunga bakung serta bingkai cermin.

Demikian pembahasan Museum Nusantara tentang sejarah, arsitektur, dan keunikan dari Masjid Agung Cirebon. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Masjid Agung Cirebon: Sejarah, Arsitektur, dan Keunikannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]