1. Blog

Masa Paleozoikum: Pengertian, Karakteristik, & Periode

Masa Paleozoikum merupakan masa awal kehidupan muncul di Bumi. Pembabakan masa prasejarah ini juga sering disebut sebagai zaman primer atau zaman kehidupan tua. Kehidupan pada saat itu sangat berbeda dengan keadaan saat ini. Seperti apa lebih lengkapnya? Yuk, ikuti Museum Nusantara membahas pengertian, karakteristik, periode sampai kehidupan Paleozoikum di Indonesia!

Pengertian Masa Paleozoikum

Masa Paleozoikum berasal dari dua kata dalam Bahasa Yunani, yaitu Palaios dan Zoe. Palaios berarti tua dan Zoe berarti hidup. Jika digabungkan, Paleozoikum memiliki arti kehidupan purba. Zaman ini merupakan masa paling awal dari tiga zaman yang menggunakan perhitungan geologi pada era Fanerozoikum. Diyakini bahwa Masa Paleozoikum berlangsung sekitar 541 sampai 252 juta tahun yang lalu.

Paleozoikum adalah zaman terlama dalam era Fanerozoikum dan terbagi lagi ke dalam enam periode geologi meliputi zaman Kambrium, Ordovisium, Silur, Devon, Karbon, serta Permia. Urutan terjadinya zaman ini terjadi setelah zaman Neoproterozoikum, dimana Bumi sangat tidak stabil dan mengalami glasiasi yang sangat parah.

Bumi pada zaman Paleozoikum mengalami banyak sekali perubahan iklim, geologi, dan evolusi makhluk hidup. Zaman Kambrium menjadi titik kehidupan berkembang pesat dan memenuhi Bumi. Oleh karena itu, peristiwa ini juga dikenal sebagai ledakan Kambrium. Filum yang pertama muncul antara lain Synapsida, Ikan, Arthropoda, Reptil dan Amfibi.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Kehidupan bermula di laut, kemudian berpindah ke daratan pada saat akhir Masa Paleozoikum. Bumi menjadi habitat baru bagi berbagai organisme yang datang dari laut. Hutan-hutan dipenuhi dengan tanaman primitif yang berukuran raksasa serta menutupi benua. Hutan tersebut kemudian membentuk lapisan batu bara yang membentang mulai dari Eropa sampai bagian timur benua Amerika. 

Pada akhir Paleozoikum, Reptil-reptil besar mendominasi dunia fauna dan tanaman modern pertama / konifer muncul. Masa ini berakhir dengan kepunahan massal yang disebut peristiwa Kepunahan Perm-Trias. Kehidupan di darat memerlukan waktu 30 juta tahun sampai benar-benar pulih dari kepunahan. 

Karakteristik Kehidupan Masa Paleozoikum

Terdapat karakteristik dalam Masa Paleozoikum, berikut adalah beberapa karakteristiknya:

  • Munculnya kehidupan yang bermula dari mikroorganisme
  • Bumi masih berada dalam keadaan yang belum stabil
  • Tingginya curah hujan
  • Iklim yang sering berubah-ubah dengan tidak menentu
  • Munculnya fauna & flora berukuran makroskopis
  • Fauna mulai menempati daratan
Ikan Tanpa Rahang (Sumber : Wikipedia)

Periode Zaman Paleozoikum

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Masa Paleozoikum terbagi ke dalam 6 periode, berikut adalah penjelasannya:

Kambrium

Zaman Kambrium berasal dari kata Cambria yang berasal dari bahasa Latin. Cambria berarti Wales. Hal ini dikarenakan tempat penggalian awal lapisan batuan Kambrium dilakukan di Wales. Periode Kambrium bermula pada 541 juta sampai 485 juta tahun yang lalu. 

Kehidupan makhluk hidup hanya terbatas pada perairan, terutama lautan. Beberapa contohnya adalah trilobita, mollusca, brachiopoda, dan  archaeocyatha. Fosil yang sering ditemukan pada zaman ini terdiri dari batuan metamorf.

Ordovisium

Masa Ordovisium terjadi sekitar 485 juta sampai 443,8 juta tahun yang lalu. Charles Lapworth, seorang ahli geologi dari Inggris, adalah sosok yang mengusulkan penggunaan nama Ordovisium pada tahun 1879. Pada masa ini, mulai muncul vertebrata pertama dan tertua dengan wujud ikan tanpa rahang.

Silur

Zaman Silur merupakan masa pemulihan bumi dari yang sebelumnya berwujud seperti bola salju. Benua-benua terus bergerak sehingga membentuk pegunungan baru di beberapa wilayah. Zaman ini terjadi sekitar 443 juta sampai 419 juta tahun yang lalu. Tanaman juga berevolusi supaya dapat hidup di daerah daratan.

Devon

Devon terkenal juga sebagai Zaman Ikan karena banyak sekali spesies ikan yang berkembang, seperti Dunkleosteus yang terkenal sebagai ikan lapis baja serta ikan lobus bersirip yang kemudian akan berkembang menjadi hewan berkaki empat (Tetrapoda) pertama. Kelompok tanaman juga berevolusi menjadi pohon dan biji pertama. 

Penyebabnya adalah Ledakan Devonian yang juga membuat kehidupan arthropoda terdiversifikasi. Amfibi pertama berkembang dan ikan menjadi puncak dari rantai makanan. Sebelum akhir zaman Devonian, 70% spesies yang ada di bumi mengalami kepunahan. Kepunahan ini merupakan kepunahan massal yang terjadi di Paleozoikum. Masa Devon terjadi sekitar 419 juta tahun sampai 359 juta tahun yang lalu.

Karbon 

Periode Karbon terjadi sekitar 359 juta sampai 299 juta tahun yang lalu. Bumi pada masa Karbon memiliki suhu yang sangat tinggi. Awalnya suhu rata-rata mencapai 20° Celsius dan kemudian mendingin sampai 10° pada pertengahan masa Karbon. Rawa tropis mendominasi Bumi pada saat itu. 

Masa ini disebut sebagai masa Karbon karena sejumlah besar pohon yang ada pada masa ini menciptakan karbon untuk batu bara yang saat ini kita gunakan. Amfibi semakin berkembang dan hewan bertulang belakang tetap mendominasi kehidupan di Bumi. Reptil pertama dan Synapsids bermunculan dan berkembang di rawa.

Permian

Masa Permian atau Perm terjadi sekitar 299 juta sampai 252 juta tahun yang lalu dan menjadi periode terakhir pada Masa Paleozoikum. Semua benua yang kita kenal saat ini membentuk sebuah benua raksasa yang bernama Pangaea dengan samudera besar bernama Panthalassa. 

Keadaan Bumi masih sangat kering, iklim darat benar-benar keras untuk makhluk hidup dan tidak terdapat perairan seperti danau atau sungai. Synapsida dan Reptil berkembang pada iklim yang kering tersebut. Makhluk seperti Edaphosaurus dan Dimetrodon menguasai benua ini. 

Tumbuhan runjung atau konifer berevolusi dan mendominasi daratan. Pangaea semakin menjadi gurun raksasa. Ketika masa Permian berakhir, 95% kehidupan di Bumi musnah dalam bencana yang disebut The Great Dying. Kepunahan ini adalah kepunahan massal ketiga yang terjadi dalam sejarah dunia.

Dimetrodon (Sumber : Wikipedia)

Masa Paleozoikum di Indonesia

Terjadi pergerakan tektonis yang membuat lempeng Indo-Australia, lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia pada masa Paleozoikum. Pada peristiwa ini, Benua Eurasia terpecah menjadi beberapa pulau kecil. Sebagian tanah yang bergerak ke arah selatan menjadi pulau Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Benua Australia kemudian pecah dan pecahannya menjadi pulau pulau seperti Nusa Tenggara dan Maluku.

Baca Juga : Pembagian Zaman Praaksara – Kebudayaan, dan Peninggalannya

Demikian adalah penjelasan Museum Nusantara mengenai pengertian, karakteristik, periode serta keadaan Indonesia pada masa Paleozoikum. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk kalian!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Masa Paleozoikum: Pengertian, Karakteristik, & Periode

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]