1. Monumen

Mengenang Perjuangan dalam Monumen Bandung Lautan Api

Berbagai peristiwa pernah terjadi di Indonesia. Untuk mengenang peristiwa tersebut, biasanya didirikan sebuah monumen sebagai bentuk penghormatan atau kenangan terhadap suatu peristiwa. Salah satunya adalah Monumen Bandung Lautan Api.

Melalui artikel kali ini, Museum Nusantara akan membahas tentang sejarah sampai kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan di monumen bersejarah ini. Yuk informasi selengkapnya dalam artikel Museum Nusantara kali ini!

Sejarah Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api adalah monumen yang dibangun untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa ini merupakan salah satu usaha perjuangan masyarakat Bandung dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi di Kota Bandung satu tahun setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, yaitu pada tanggal 23 Maret 1946. Peristiwa ini merupakan puncak dari rangkaian peristiwa dalam Agresi Militer Belanda 2. Peran rakyat sipil dan para pejuang Bandung sangat besar dalam peristiwa heroik ini. Banyak korban nyawa dan harta yang harus direlakan demi mempertahankan kedaulatan.

Artikel Terkait

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on April 4, 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

Sekitar 200 ribu rakyat Bandung membakar rumah mereka lalu meninggalkan kota menuju ke daerah pegunungan di daerah Bandung selatan. Masyarakat Bandung membakar rumah mereka supaya tentara Sekutu dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) tidak dapat memanfaatkan rumah penduduk sebagai markas militer dalam perang melawan Indonesia.

Pasukan Sekutu atau Inggris yang merupakan bagian dari Brigade MacDonald tiba di Bandung pada 12 Oktober 1945. Sekutu menuntut supaya semua senjata yang dibawa oleh penduduk segera diserahkan, kecuali senjata yang dibawa Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Lalu beberapa orang Belanda dibebaskan dari kamp tawanan dan melakukan tindakan yang mengganggu keamanan.

Akibatnya, terjadi bentrokan antara Sekutu dan TKR. TKR dan para pejuang lainnya kemudian melancarkan serangan ke tempat-tempat yang diduduki Inggris di bagian utara seperti Hotel Preanger dan Hotel Homann pada tanggal 21 November 1945 malam. Tiga hari setelah itu, MacDonald memberi ultimatum kepada Gubernur Jawa Barat supaya Bandung Utara dikosongkan dari penduduk Indonesia.

Pasukan TKR yang Berpose di depan mobil sebelum Bandung Lautan Api (Sumber : Arsip Nasional RI)

Sekutu mengeluarkan ultimatum supaya penduduk dan tentara Indonesia meninggalkan Bandung. Hal ini kemudian memicu Tentara Republik Indonesia untuk melakukan operasi bumi hangus. Penduduk Bandung tidak rela jika tempat tinggal mereka menjadi markas dari pihak Sekutu dan NICA. 

Keputusan ini merupakan hasil musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan pada tanggal 23 Maret 1946. Kolonel Abdul Haris Nasution kemudian memerintahkan untuk melakukan evakuasi dan mengumumkan hasil musyawarah. Pada hari itu juga, penduduk Bandung meninggalkan Bandung dan kota Bandung dibakar sehingga menjadi seperti lautan api.

Bahkan, rekam jejak peristiwa Bandung Lautan Api juga terabadikan dalam museum serta 10 stilasi yang menunjukkan tempat-tempat perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Letaknya sendiri juga tidak jauh dari monumen ini.

Monumen Bandung Lautan Api memiliki tinggi 45 meter dengan 9 bidang sisi dan dibangun pada tahun 1981. Monumen ini memiliki desain patung yang berbentuk kobaran api di bagian paling atasnya. Desain ini berkaitan dengan Bandung yang dibumihanguskan pada tanggal 23 Maret 1946.

Seniman yang membuat Monumen Bandung Lautan Api bernama Sunaryo. Beliau adalah seorang seniman kontemporer dan mantan dosen seni rupa di Institut Teknologi Bandung. Warna monumen ini adalah kuning keemasan layaknya api yang membara sebagai pengingat bahwa Bandung pernah dibakar untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pada bagian sekeliling monumen, terdapat juga tiang penyangga dan kolam di bawahnya sehingga menciptakan kesan megah dan indah pada monumen. Monumen dikelilingi oleh pagar besi yang berfungsi untuk melindungi monumen dari pengrusakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Tujuan pembangunan Monumen Bandung Lautan Api adalah untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api, maka pihak pengelola menghindari kerusakan terjadinya pada monumen ini.

Harga Tiket Masuk Monumen Bandung Lautan Api

Jika kalian tertarik untuk mengunjungi monumen ini, kalian tidak perlu membayar sepeserpun untuk mengunjunginya, atau gratis tanpa biaya. Hal ini tentu saja sangat cocok bagi kalian yang sedang kuliah, sekolah atau hanya ingin pergi berlibur saja.

Lokasi monumen ini terletak di Lapangan Tegallega, Jalan BKR, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, sekitar 2 km dari alun-alun Bandung. Lokasinya sendiri juga berdekatan dengan tempat-tempat wisata lain seperti Ade Irma Suryani Nasution Traffic Park, Gedung Sate, dan Bandung City Hall Park.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Monumen Bandung Lautan Api

Kalian dapat mengunjungi monumen ini dan dapat melakukan berbagai aktivitas rekreasi. Tentu saja, kalian dapat melakukan napak tilas perjuangan masyarakat Bandung kala itu sembari menyaksikan lukisan mural para pejuang Bandung yang ada di tembok monumen.

Kalian juga dapat mengabadikan kunjungan ke monumen ini dengan berfoto atau mungkin berswafoto di area monumen. Kegiatan lain yang kalian dapat lakukan adalah berpiknik bersama teman atau keluarga, olahraga jogging pada sore atau pagi hari, bahkan menikmati jajanan lokal yang ada di sekitar area monumen.

Baca Juga : Latar Belakang, Tujuan & Dampak Agresi Militer Belanda 1

Pengorbanan adalah salah satu elemen penting dalam perjuangan. Masyarakat Bandung kala itu menunjukkan betapa pengorbanan sangat diperlukan untuk mencapai kemerdekaan. Sebagai generasi penerus, kita perlu meneruskan semangat ini. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk kalian!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenang Perjuangan dalam Monumen Bandung Lautan Api

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]

    Trending

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas […]
    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada […]
    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]