Mengenang Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta

Monumen Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta (Sumber : Wikipedia)
Daftar isi

Halo anak Nusantara! Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, negara belum aman dari ancaman para penjajah. Oleh karena itu, masa mempertahankan kemerdekaan terjadi di Indonesia untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia sebagai negara merdeka. Salah satu usaha untuk mempertahankan adalah serangan umum 1 maret. Pada kesempatan kali ini, Munus akan membahas tentang kronologi, kontroversi dan latar belakang serangan ini. Untuk tahu lebih lanjut, simak penjelasan Munus di artikel ini.

Latar Belakang & Penyebab

Latar belakang dari rencana serangan umum 1 Maret adalah untuk menunjukkan keberadaan dari Tentara Nasional Indonesia sehingga keberadaan Republik Indonesia juga dapat dilihat oleh negara-negara lain. Hal ini disebabkan karena Belanda mengatakan bahwa Tentara Negara Indonesia sudah tidak ada.

Rencana yang diajukan oleh Hutagalung ini menyasar salah satu kota besar untuk diserang. Kolonel Bambang Sugeng dari Panglima Divisi III/GM III mengatakan bahwa kota yang harus diserang untuk rencana ini adalah Yogyakarta.

Terdapat 3 alasan utama mengapa Yogyakarta menjadi target utama dalam menjalankan rencana ini, yaitu :

  • Banyak wartawan, pengamat militer PBB dan anggota delegasi UNCI (United Nations Commission for Indonesia) di Yogyakarta
  • Yogyakarta adalah ibukota Republik Indonesia saat itu, dan jika dapat direbut dengan waktu yang cepat, usaha Indonesia untuk berdaulat kembali menjadi besar
  • Wilayah Yogyakarta berada langsung di bawah wilayah Divisi III/GM III, wilayah dari Kolonel Bambang Sugeng, dan pasukannya sudah paham serta dapat menguasai situasi di daerah operasi.

Kronologi Serangan Umum 1 Maret 1949

Serangan umum 1 Maret 1949 terjadi di kota Yogyakarta karena pasukan Indonesia menargetkan serangan besar-besaran di pada pukul 6 pagi ke ibu kota Indonesia. Selain Yogyakarta yang menjadi target utama penyerangan, pasukan Indonesia juga menyerang kota lain seperti Magelang dan Solo untuk menghambat pasukan bantuan dari Belanda. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Serangan umum 1 Maret 1949 dipimpin oleh Letkol Soeharto dan dibagi ke dalam lima sektor. Penyerangan ke kota dipimpin oleh Letnan Marsudi. Daerah barat dipimpin oleh Letkol Ventje Sumual. Bagian selatan dan timur dipimpin oleh Mayor Sarjono. Wilayah utara dipimpin oleh Mayor Kusno.

Panglima Divisi III/Gubernur Militer III mengeluarkan perintah pada tanggal 1 Januari 1949 yang mengatakan untuk selalu melakukan serangan kepada tentara Belanda. Pasukan dari Divisi III/Gubernur Militer sudah terlatih untuk menyerang pertahanan Belanda.

Di sisi lain, pemimpin pemerintah sipil seperti Gubernur Wongsonegoro serta para bupati dan residen ikut serta dalam rapat pengambilan keputusan penting. Oleh karena itu, bantuan logistik tidak mengalami kendala karena dibantu oleh masyarakat sekitar.

Beberapa orang yang sudah disediakan oleh TNI harus bersiap ketika penyerangan terjadi. Mereka bertugas untuk masuk ke Hotel Merdeka dan menunjukkan diri kepada anggota UNCI dan wartawan asing yang ada di sana. Orang yang dikirimkan memiliki kriteria khusus seperti berbadan tegap dan fasih berbahasa Inggris dan Belanda.

Pihak Indonesia juga mempersiapkan skenario untuk membuat negara lain mengetahui adanya serangan TNI kepada Belanda yang terjadi di Yogyakarta. Penyebarluasan berita dibantu oleh Kol.T.B. Simatupang. Kol. Simatupang menghubungi pemancar radio angkatan udara RI supaya berita penyerangan tersebut dapat disiarkan segera setelah serangan terjadi.

Pasukan bantuan dari Solo juga tidak dapat datang ke Yogyakarta karena juga sedang terjadi penyerangan  di Solo. Serangan ini dipimpin oleh Kolonel Gatot Subroto. Hanya pasukan bantuan dari Magelang yang dapat datang Yogyakarta pada pukul 11.00.

Tujuan Serangan Umum 1 Maret 1949

Serangan umum 1 Maret memiliki tujuan sebagai berikut

1. Tujuan ke Dalam

Tujuan untuk dalam negeri dari serangan ini adalah untuk meningkatkan semangat TNI dan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan. Serangan ini secara tidak langsung juga sudah mempengaruhi para pemimpin negara federal yang dibentuk oleh Belanda, seperti negara Sumatera Timur, negara Indonesia Timur dan negara Pasundan, untuk lebih memihak pemerintahan Indonesia. Selain itu, serangan ini juga mendukung perjuangan diplomasi antara Indonesia dan Belanda.

2. Tujuan ke Luar

Tujuan untuk ke eksternal dari serangan ini adalah menunjukkan keberadaan bahwa Tentara Nasional masih ada sampai saat ini dan mampu melakukan serangan terhadap Belanda. Di sisi lain, Indonesia juga bertujuan untuk mematahkan moral pasukan Belanda karena sudah mengatakan bahwa TNI tidak lagi ada.

Kontroversi Serangan Umum 1 Maret 1949

Serangan Umum 1 Maret 1949 juga tidak jauh dari kontroversi tentang siapa penggagasnya, berikut adalah beberapa kontroversi tersebut :

1. Era Orde Baru

Dalam buku dan film yang dikeluarkan pada era Orde Baru, dikatakan bahwa Letkol Soeharto adalah penggagas serta pelaku dari serangan umum 1 Maret. Hal ini diperjelas dari kutipan buku ‘Cuplikan Sejarah Perjuangan TNI AD’ yang diterbitkan tahun 1972 oleh Dinas Sejarah Militer TNI Angkatan Darat. Buku tersebut mengatakan bahwa Soeharto adalah sosok penggagas dari Serangan Umum 1 Maret 1949

May. Jend . Soeharto Panglima Kostrad pada tahun 1963 (Sumber : Okezone Nasional)

2. Era Reformasi

Selain itu, juga ada kontroversi yang bertebaran di era Reformasi. Mengutip dari buku berjudul ‘Buku Takhta untuk Rakyat’ , dikatakan bahwa Sultan Hamengkubuwono IX adalah penggagas dari serangan umum ini. Sultan resah dengan semangat perjuangan rakyat dan TNI yang semakin lama semakin menurun. Karena Sultan mengetahui bahwa Indonesia dan Belanda akan dibicarakan dalam forum PBB, Sultan merencanakan untuk melakukan serangan ke Yogyakarta. Meskipun pasukan Indonesia tidak berhasil mengusir Belanda, Indonesia sudah berhasil untuk menunjukkan keberadaan dari TNI.

Sosok Hamengkubuwono IX (Sumber : Kompas)

Kerugian Serangan Umum 1 Maret 1949

Setelah serangan umum terjadi terdapat kerugian yang dialami dari pihak Belanda dan Indonesia. Tercatat sebanyak 300 prajurit, 53 anggota polisi, dan ratusan rakyat yg tewas dari pihak Indonesia. Sedangkan dari pihak Belanda, tercatat sebanyak 200 orang tewas dan luka-luka akibat serangan ini. Setelah serangan selesai, kota beraktivitas sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Perang Puputan Margarana: Latar Belakang, Tokoh, & Kronologi

Demikian pembahasan tentang kronologi, kontroversi, serta kerugian dalam serangan umum 1 Maret 1949. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang usaha memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *